motor ngebul saat panas

Motor Ngebul Saat Mesin Panas : 4 Penyebab Dan Ulasan

Motor Ngebul Saat Mesin Panas – Motor ngebul saat mesin panas merupakan tanda permasalahan pada motor. Pemilik motor tentu pernah merasakan knalpot ngebul waktu mesin panas. Lalu apa saja penyebab motor ngebul pada saat mesin panas?

Pada saat keadaan mesin panas sering kali keluar asap lewat knalpot ngebul warna putih atau hitam. Hal ini biasanya juga berlangsung saat baru dipanasi. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama tentu akan menyebabkan berbagai permasalahan yang lain.

Untuk proses perbaikan pada motor yang berasap saat mesin panas perlu mengenali terlebih dahulu pemicunya. Terdapat beberapa hal yang dapat berpengaruh motor ngebul. Diantaranya dari sisi perawatan atau keadaan motor yang telah tua.

Umumnya motor ngebul berasal dari oli mesin yang masuk di di bagian ruangan bakar mesin, hingga waktu mesin panas muncul asap pekat. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas mengenai beberapa penyebab terkait motor ngebul saat mesin panas.

motor ngebul saat panas

Motor Ngebul Saat Mesin Panas

1. Volume Oli Berlebihan

Setiap kendaraan mempunyai takaran atau ukuran olinya masing-masing. Apabila volume oli berlebih maka dapat mengakibatkan terjadinya asap knalpot pada saat mesin panas.

Pada saat mesin panas maka oli akan berubah menjadi encer dan bertekanan agar dapat mengalir ke seluruh bagian mesin. Apabila volume oli berlebih, maka tekanan yang ditimbulkan juga berlebih sehingga perpak atau seal akan mengalami kebocoran. Akibatnya timbul celah yang dapat menjadi jalan masuk oli keruang bakar.

Baca Juga  Penyebab Motor Ngebul : 8 Penyebab Dan Ulasan

Apabila oli melewati celah dan masuk pada ruangan bakar akan membuat asap mengebul dari knalpot. Hal ini diakibatkan oleh oli yang ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi.

2. Klep Motor Rusak

Klep pada motor memiliki fungsi untuk mengatur gas buang dan masuk di ruangan bakar. Apabila pada gas buang masih terdapat kandungan BBM atau carbon dalam jumlah yang banyak akan dialirkan kembali ke intake manifold agar kembali dibakar.

Apabila klep pada motor rusak maka oli akan merembes pada ruang bakar. Oli inilah yang menyebabkan berlangsungnya asap mengebul dari knalpot. Apabila hal ini yang menjadi pemicu motor ngebul waktu mesin panas maka perlu dilakukan penggantian unit klep.

3. Ring Piston Aus

Pada motor terdapat dua jenis ring piston, yakni ring piston kompresi dan ring oli. Ring kompresi mempunyai manfaat parapat kompresi di dalam silinder. Sementara itu ring oli berfungsi untuk meratakan oli pada dinding silinder.

Apabila terjadi keausan pada dua komponen ini maka akan berpengaruh pada perfoma mesin. Hal ini dikarenakan kompresi mesin akan turun. Selain itu akan timbul celah antara piston dengan silinder. Celah ini yang menjadi jalan masuk oli keruang bakar sehingga menyebabkan motor ngebul atau berasap saat mesin panas.

4. Silinder Baret atau Aus

Linner atau silinder ialah komponen utama mesin. Fungsi dari linner adalah membuat perlindungan pada bagian sisi dalam silinder blok dari gesekan piston. Waktu mesin nyala, kepala piston akan bergerak turun naik dan mundur-maju. Hal ini memungkinkan munculnya goresan atau baret pada liner silinder.

Baca Juga  Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk : 4 Cara Dan Ulasan

Goresan ini yang digunakan sebagai jalan masuknya oli pada ruang bakar. Apabila hal ini terjadi tentunya akan menyebabkan motor mengeluarkan asap saat mesin panas.

Diatas merupakan ulasan terkait motor ngebul saat mesin panas. Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab knalpot motor berasap saat mesin panas sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Join the discussion