Bunyi Siul Pada Mobil: 4 Penyebab Dan Ulasan

Bunyi Siul Pada Mobil – Bunyi bunyian pada mesin dapat mengisyaratkan ada kerusakan pada salah satunya elemen mesin, seperti bunyi siul atau nging pada mobil. Bunyi semacam ini dapat memberikan indikasi ada kerusakan pada laher pulley atau di bagian alternator. Lalu apa penyebab bunyi siul pada mobil?

Pernah rasakan mesin mobil bunyi nging? Sebetulnya, mesin keluarkan bunyi adalah satu hal yang lumrah. Ini karena mobil tersusun dari banyak elemen. Saat mobil dioperasionalkan, ada peluang beberapa komponen itu sama-sama bergesekan dan keluarkan bunyi. Tetapi, bunyi dapat menjadi tanda ada permasalahan pada mobil.

Saat bunyi itu ada, bisa saja sedang ada masalah pada elemen penyusun mobil. Bila Anda merasakannya, cepatlah check beberapa bagian ini.

Tetapi anda tidak perlu resah dahulu sebab bisa saja bunyi yang anda dengar ini bunyi yang normal. Untuk lebih jelasnya terkait bunyi siul pada mobil baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih banyak pada artikel berikut ini.

bunyi siul pada mobil

Bunyi Siul Pada Mobil

Terdapat beberapa penyebab timbulnya bunyi siul pada mobil diantaranya yaitu:

1. Kerusakan bearing/laher pulley

Penyebab pertama bunyi siul pada mobil adalah kerusakan bearing. Jika anda saksikan di bagian depan mobil, anda akan menyaksikan belitan belt yang menyambungkan banyak pulley-pulley.

Saat bearing salah satunya pulley alami keausan, maka memunculkan bunyi mulai dari bunyi gesekan, bunyi mendengung sampai bunyi nging sama sesuai material bearing.

Jadi hal pertama kali yang dapat mengakibatkan mesin mobil anda bunyi adalah karena bearing atau laher salah satunya pulley pada mesin alami keausan.

Tetapi yang susah itu mengetahui pulley yang mana alami keausan. Karena minimal ada 5 pulley pada mesin, dari pulley crankshaft, pulley alternator, pulley pompa power steering, pulley compressor, idler dan tensioner.

Jadi cara untuk mendeteksinya,

  • Pada keadaan mesin hidup membuka kap mesin dan dengar dari tempat mana bunyi itu berasal
  • Jika anda percaya bunyinya dari tempat belt anda harus pastikan pulley yang mana bunyi
  • Triknya dapat memakai obeng magnet, anda tingga tempelkan ujung obeng didekat pulley (di bagian block silinder) lalu lekatkan ujung yang lain ke telinga . Maka ini ibarat stetoskop tetapi yang diketahui adalah bunyi dari mesin
  • Check semua pulley pada mesin, kelak anda akan mendapati ada satu tempat yang mempunyai bunyi paling terang. Karena itu pulley itu yang paling kemungkinan alami kerusakan.
Baca Juga  Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin : 6 Penyebab & Ulasan

Pada umumnya permasalahan ini tidak beresiko karena tidak terkait langsung dengan performa mesin, sehingga anda sebetulnya cukup mengetahui sampai di kap mesin. Jika anda percaya bunyinya datang dari sisi belt dan intensif bunyi itu makin keras saat mesin dipacu, karenanya memang datang dari salah satunya pulley.

Untuk menanganinya harus ditukar atau jika keadaan bearingnya kering, cukup dibaluri grease.

2. Dinamo ampere

Selainnya itu, bunyi siul pada mobil juga dapat disebabkan oleh dinamo motor. Sebaiknya lakukan pengujian pada dinamo ampere berlainan dengan dinamo starter. dinamo ampere ada persisnya pada sisi rectifier diode. Elemen satu ini berperan mengganti arus AC jadi DC. Ya, dinamo ampere pada mobil hasilkan arus AC, walau sebenarnya mekanisme kelistrikan mobil memerlukan arus DC. Oleh karena itu, diperlukan rectifier diode.

Kerusakan pada rectifier diode umumnya akan teridentifikasi saat mobil pada keadaan idle. Bila rectifier diode hancur, mesin mobil akan bunyi nging saat idle. Untuk menentukannya, membuka kap mesin lalu terlepas socket karet alternator pengisian. Nyalakan mesin dan dengar suara mesin. Jika Anda masih dengar suara nging, dapat ditegaskan rectifier diode memang hancur.

Untuk mengatasi persoalan ini, seharusnya Anda mempercayakannya pada mekanik eksper. Ini karena rectifier diode tersambung dengan beberapa elemen lain pada mesin hingga membutuhkan kehati-hatian. Mekanik akan menolong Anda untuk menukar rectifier diode hancur sama yang baru.

3. Kipas pendingin yang berputar-putar dalam kecepatan tinggi

Bunyi siul pada mobil bisa juga datang dari kipas pendingin yang berpijar pada keadaan high speed. Misalnya saat anda sedang mekebut di jalan tol, karena itu kipas seringkali berputar-putar di kecepatan tinggi. Tetapi semestinya bunyi ini tidak begitu kedengar di kabin.

Baca Juga  Ciri Pulser Motor Mati : 2 Ciri & Cara Memperbaiki

Terkecuali jika anda ada dimuka mobil pada keadaan mesin hidup dan panas, karena itu anda akan dengarkan bunyi nguing dari kipas pendingin ini.

Bunyi ini normal sepanjang bunyi yang terdengar itu lembut, tetapi jika bunyinya melengking karenanya dapat mengisyaratkan ada kerusakan pada laher kipas pendingin.

Ciri-ciri bunyi nguing karena kerusakan laher kipas pendingin, bunyinya cuma kedengar terkadang saja karena bunyinya cuma ada saat kipas hidup. Sementara kipas pendinging mobil itu hidup cuma saat temperatur mesin panas.

Jadi untuk mendeteksinya, membuka kap mesin pada keadaan mesin hidup dan AC hidup. Lantas lihat performa kipas, saat kipas hidup dan bunyi nging kedengar karenanya memiliki arti laher kipas hancur. Jalan keluarnya, harus ditukar baik ditukar lahernya atau ditukar satu set kipas.

4. Permasalahan Setelan yang Kurang Cocok

Selainnya karena beberapa permasalahan di atas, penyebab bunyi siul pada mobil bisa juga karena setelan yang tidak cocok.

Ini bisa jadi terjadi saat mobil alami permasalahan dan perlu dibawa ke bengkel untuk pembaruan. Nach, dari bengkel berikut permasalahan bisa jadi terjadi pada mesin mobil.

Mengapa begitu? Saat mesin mobil diperbarui dan menuntaskan permasalahan pada elemen itu, bisa jadi terjadi persoalan yang lain berkenaan mesin di dekatnya.

Jika mesin itu bergesekan dengan elemen seperti pulley, dioda rectifier, atau kipas pendingin, karena itu dapat memunculkan permasalahan baru.

Ini umumnya terjadi saat bengkel yang tangani mobil itu tidak sanggup memberi service dengan optimal.

Sampai pada akhirnya penyebab mesin mobil bunyi nging malah datang karena permasalahan baru. Masalahnya menyetel mobil bukan satu hal yang mudah untuk faksi yang tidak begitu memahami permasalahan mesin.

Diatas adalah ulasan terkait bunyi siul pada mobil baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.