Sistem Audio Mobil : Pengertian, Komponen, Dan Rangkaiannya

rangkaian kelistrikan sistem audio mobil

Sistem Audio Mobil – Pada kendaraan tidak lepas dari adanya sistem audio mobil. Bagian ini merupakan bagian aksesoris mobil yang memiliki fungsi sangat penting. Lalu apa sebenarnya sistem audio mobil? Apa saja komponen sistem audio mobil? Bagaimana cara kerja dan rangkaian kelistrikan pada sistem audio mobil? Hal tersebut akan diulas lebih jelas pada artikel berikut ini.

Pengertian Sistem Audio Mobil

Pada kendaraan biasanya ada banyak sistem yang dipakai untuk mendukung saat kendaraan. Sistem itu ialah sistem audio video kendaraan. Fungsi istem audio dan video pada kendaraan adalah untuk selingan dan memberi nilai kenyamanan tertentu pada kendaraan.

Sistem audio video kendaraan zaman dahulu cuman ada sebuah radio saja. Ini berperan sebagai selingan dan pusat info. Tetapi tehnologi makin berkembang, yakni gabungan dengan radio dan player kaset tape. Tetapi hal itu makin ketinggal selanjutnya berkembang kembali jadi CD, VCD, MP3, dan MP4 ke head unit sistem audio kendaraan.

Disamping itu ada banyak kendaraan yang sudah ditambah monitor hingga memperlengkap sarana kendaraan hingga disebutkan sistem audio video kendaraan. Pada sistem audio video kendaraan ada dua istilah yang paling terkenal yakni sound pressure tingkat (SPL) dan sound quality (SQ). Pada SPL yang ditekankan ialah kemampuan dan kekencangan suara yang dibuat sedang SQ memperjelas kelembutan dan kualitas suara yang dibuat. Berikut akan diulas berkenaan komponen sistem audio dan video dan perannya, dan rangkaian kelistrikan sistem audio video pada kendaraan dan cara kerjanya.

sistem audi mobil

Komponen Sistem Audio Video Mobil

1. Head unit

Head unit sebagai komponen khusus yang berperan untuk keluarkan signal audio atau video. Yang seterusnya signal itu dikirim ke amplifier dan spiker, dan lain-lain hingga dapat hasilkan audio atau visual. Pada head unit telah berkembang dimulai dari radio, tape, CD, VCD, DVD, MP3, dan MP4. Selain itu fungsi lain dari head unit adalah sebagai sistem navigasi pada kendaraan atau net on car.

Baca Juga  Fungsi Rumah Kopling: Peran Dan Cara Kerja

2. Speaker

Speaker adalah salah satu komponen pada sistem audio dan video kendaraan yang berfungsi untuk hasilkan atau mengubah signal listrik jadi suara lewat membran hingga suara bisa didengar. Biasanya speaker dipisah jadi beberapa yakni midle yang berperan untuk keluarkan signal audio pada frekwensi menengah atau vocal, tweeter berperan untuk keluarkan signal audio pada frekwensi tinggi atau treeble, woofer yang befungsi untuk keluarkan signal audio pada frekwensi rendah atau bass, subwoofer berperan untuk menegaskan suara yang dibuat pada woofer, full kisaran berperan untuk hasilkan suara dari bermacam frekwensi dimulai dari rendah sampai tinggi.

3. Amplifier

Amplifier sebagai komponen pada sistem audio dan video kendaraan yang memiliki fungsi untuk memperkuat signal audio dari head unit yang ke arah speaker.

4. TV atau Monitor

TV atau monitor sebagai komponen pada sistem audio dan video kendaraan yang berperan untuk tampilkan siaran visual berbentuk siaran tayangan dari stasiun TV atau video dari head unit. Dalam penggunaannya terdapat beberapa macam monitor seperti Dash In (Dashboard), Roof (atap), Sun Visor (Sun roof), Back Chusion (Bangku Depan), dan Rear View (Kaca Spion tengah).

Rangkaian Kelistrikan Sistem Audio Video Mobil

Rangkaian audio kendaraan umumnya ada dua komponen khusus yakni head unit dan speaker. Head unit sebagai pengolah signal audio dan penguat signal audio. Rangkaian ini sebagai rangkaian simpel. Head unit disambungkan dengan sumber arus listrik dari baterei lewat kunci contact, sedang signal output audio langsung dihubungkan dengan speaker, dan antena radio langsung disambungkan pada connector antena pada head unit, agar tangkap tayangan radio, selain sebagai pemutar kaset dan CD.

Baca Juga  Prinsip Dari Alternator Adalah : Cara Kerja & Ulasannya

rangkaian kelistrikan sistem audio mobil

Rangkaian sistem audio dan video kendaraan di atas sebagai rangkaian yang paling simpel pada kendaraan.

Cara Kerja Sistem Audio Mobil

Disamping itu ada pula rangkaian kelistrikan sistem audio dengan amplifier. Ini karena pada head unit tidak ada penguat signal audio, hingga dibutuhkan tambahan penguat signal audio. Arus listrik untuk amplifier diperoleh dari baterei namun dikontrol oleh head unit hingga proses penyalaan on off amplifier lewat head unit.

Disamping itu sambungan head unit ke amplifier harus lewat kabel audio hingga suara yang dibuat lebih baik. Ada banyak rangkaian yang ditambah sistem audio dengan menambah monitor. Sambungan monitor sama dengan amplifier yakni pengaturan ON OFF masih lewat head unit. Tetapi untuk sumber TV kendaraan memperoleh sumber arus baterei sendiri hingga memungkinkannya penyalaan langsung untuk melihat tayangan tv.

Di atas sebagai ulasan berkenaan sistem audio dan video mobil baik pengertian, komponen, rangkaian kelistrikan, maupun cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.