Motor Tiba Tiba Mati Dan Tidak Bisa Di Engkol: 10 Faktor

motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol

Motor Tiba Tiba Mati Dan Tidak Bisa Di Engkol – Terdapat berbagai permasalahan pada motor, salah satunya motor tiba-tiba mati dan tidak bisa di engkol. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu apa saja penyebab motor tiba tiba dan tidak bisa di engkol?

Pasalnya semua persoalan  ini, punyai jalan keluar yang kemungkinan bisa kamu tangani sendiri. Umumnya penyebab motor mati dan tidak bisa di engkol disebabkan karena motor yang kekurangan bahan bakar. Disamping itu, penyebab yang lain, bisa muncul karena sirkulasi bak bensin mampet.

Argumen kuat motor kerap mati saat jalan bisa disebabkan karena main jet di ruangan bakar alami tersumbat, atau bisa jadi busi motor kamu alami permasalahan. Hal ini bisa ditenggarai oleh overheat mesin. Kemungkinan tanpamu ketahui mobil telah jalan jauh, dan memaksa performa mesin.

Berikut ulasan terkait beberapa penyebab motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol

Motor Tiba Tiba Mati Dan Tidak Bisa Di Engkol

Dari semua masalah sekitar kerusakan diatas terdapat berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut penyebab motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol.

1. Motor Kekurangan Bahan Bakar

Kekurangan bahan bakar sering jadi penyebab motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol. Masalahnya bila bahan bakar habir, motor tidak akan sanggup jalan

Saat mesin motor mati, kamu bisa check dahulu bahan bakar. Apa lagi bila tanda bahan bakar motor kamu mati. Siapa yang tahu kamu lupa isi bensin, kan? Buat kamu yang kerap menahan-nahan isi bensin sampai kosong benar baru diisi, berhati-hati, ada bahaya yang mengincar khususnya motor injeksi.

Motor dengan mekanisme pembakaran injeksi benar-benar tidak bisa kekurangan bensin. Jika umum terjadi, bisa menyebabkan kerusakan di pompa bahan bakar, kemudia merambat ke elemen lain di dalam mesin.

Sebaiknya, saat sebelum motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol selanjutnya hancur. Seharusnya isi penuh dahulu bahan bakar motor kamu saat sebelum jalan.

Baca Juga  Lampu Indikator Dashboard Mati: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

2. Sirkulasi Bak Bensin Mampet

Sirkulasi bak bensin yang mampet umumnya menyebabkan motor tiba-tiba mati. Tidak boleh salah, lubang kecil satu ini, mempunyai peranan besar dalam mengucur atau tidak bahan bakar motormu.

Motor yang mati walau sebenarnya bensin penuh. Kemungkinan kamu bisa check lubang kecil yang ada di tutup bak bensin. Sirkulasi ini berperan untuk menyamai penekanan.

Jika lubang kecil ini tertutup, bisa jadi perputaran udara tidak lancar dan bensin akan ketahan, tidak mengucur ke karburator. Pemicunya, bisa tertutup debu atau uap air yang masuk ke aliran sirkulasi itu.

3. Main Jet Tersumbat

Ketiga, yang dapat menjadi penyebab motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol yaitu main jet tersumbat. Main jet sebagai aliran kecil yang berperan cukup penting untuk sepeda motor. Pasalnya main jet bekerja keluarkan bensin dari ruangan pelampung ke intake manifold.

Jika aliran ini mampet, karena itu bensin tidak akan mengucur dan berbuntut motor berhenti atau menyebabkan motor kerap mati sendiri. Main jet yang memiliki masalah, tersering mengakibatkan kerusakan atau gejala ini.

4. Kabel Busi Memiliki masalah

Awas kabel busi memiliki masalah bisa berpengaruh fatal. Saat kabel busi memiliki masalah, efeknya tidak bisa hasilkan recikan listrik.

Efeknya arus listrik juga lenyap, yang menyebabkan busi tidak akan berpijar dan pembakaran tidak bisa terjadi. Nach, saat pembakaran tidak terjadi karena itu motor tidak akan berpijar.

5. Overheat Mesin

Seterusnya, mengulas berkenaan penyebab motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol bisa disebabkan karena mesin terlampau panas. Umumnya masalah ini karena aliran oli yang mampet.

Bersamaan perjalanan jauh, oli akan menyusut, menguap lewat pori-pori mesin. Apabila sudah semacam itu, ring piston akan kering dan macet. Oli turut terbakar dan mengakibatkan motor overheat hingga motor mendadak mati.

6. Busi Kotor

Busi yang memiliki masalah atau kotor mengakibatkan motor ‘brebet’ sebelumnya terakhir mati. Yang penting kamu kerjakan ialah buka busi dengan kuncinya, lalu dekatkan pada block mesin selanjutnya hidupkan kick starter.

Baca Juga  Penyebab Speedometer Digital Motor Mati: 6 Faktor

Lihat dengan cermat, bila busi memercikkan api biru, memiliki arti tidak ada permasalahan. Tetapi bila busi keluarkan api merah, itu pertanda busi kotor dan harus selekasnya ditukar.

7. Pemakaian BBM Rendah Oktan

Penyeleksian bahan bakar punya pengaruh pada mesin motor yang bisa mati mendadak. Makin rendah kandungan oktan pada bahan bakar, makin kemungkinan besar timbal terlepas dan menutup klep hingga mengakibatkan motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol.

Oleh karenanya, seharusnya pemilik motor pilih bahan bakar Pertamax untuk menahan berlangsungnya motor mati. Pertamax mempunyai oktan semakin tinggi, 92, sementara premium cuman 88.

8. Filter Udara Kotor

Umur penggunaan motor yang lama bisa mengakibatkan filter udara rusak. Sementara itu untuk dapat terjadi proses pembakaran yang baik diperlukan filter udara dalam kondisi yang baik pula.

Di saat debu dan kotoran menimbun, tarikan gas semakin lebih berat dan mempunyai potensi mengakibatkan motor mati. Hasilnya menyebabkan motor mati saat dikendarai.

9. Penempatan Klep Tidak Pas

Klep yang terpasang terlampau rapat bisa membuat mesin motor mendadak mati. Karena tidak ada sela, mesin beralih menjadi cepat panas, overheat, selanjutnya mati.

Kerenggangan yang diperlukan klep, bermacam pada tiap motor. Oleh karenanya, penting untuk kamu untuk ketahui penempatan klep dengan kerenggangan yang pas pada motor sendiri.

10. Tidak Pernah Servis Teratur

Motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol bisa disebabkan karena perawatan yang kurang tepat. Kamu perlu ketahui, jika harus hukumnya untuk lakukan service motor secara periodik.

Minimal kamu wajib melakukan perawatan teratur 2 bulan sekali. Cara ini cukup baik untuk menjaga kendaraan masih tetap pada keadaan sempurna.

Dengan service dengan teratur, semua elemen motor kamu akan dibikin bersih, hingga tidak ada busi kotor, sirkulasi mampet, filter udara polusi, apa lagi main jet tersumbat.

Diatas adalah ulasan terkait motor tiba tiba mati dan tidak bisa di engkol baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -