Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2: 5 Faktor Dan Ulasan

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2 – Ada dua buah ring kompresi yang terdapat pada piston kendaraan. Ini karena karakter ke-2 nya berlainan. Lantas apa sich perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2?

Ring piston pada kendaraan memiliki peran penting agar mesin terus bekerja dengan performa maksimal, efektif dan efisien. Ring piston untuk mobil dengan mesin 4 langkah umumnya memiliki 3 type ring piston yaitu ring kompresi 1 , ring kompresi 2 dan ring oli.

Dalam prakteknya, untuk memperbandingkan ring pison antara ring piston kompresi 1 dan 2 betul-betul terhitung cukup bikin pusing, pasalnya kedua ring ini sepintas terlihat sama. Ring oli memiliki desain dan bentuk khusus sampai ia lebih mudah untuk dibedakan.

Jika dalam penempatannya berjalan kesalahan saat tentukan dan tempatkan status ring piston (antara ring 1 dan ring 2 terbalik), karenanya saat mesin dihidupkan, mesin akan langsung tampil permasalahan seperti boros oli, ngebul, tampil noise, tidak mau langsam, dan yang lain yang pada akhirannya akan merugikan waktu, biaya dan tenaga.

Maka dari itu janganlah sampai kebalik berkaitan penempatan ring piston kompresi saat lakukan proses overhoul. Untuk memperjelas berkaitan perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Pengertian Ring Piston Kompresi 1 Dan 2

​​​​​​​1. Ring piston kompresi 1

Saat sebelum membahas perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2, semakin bijak bila mengenal perbedaan peran kedua nya terlebih dahulu. Dengan mengenal peranannya makaakan pahami mengapa peletakan ring piston ini janganlah sampai salah. Ring piston kompresi 1 bertanggung-jawab untuk meredam berjalannya kebocoran udara. Disamping itu, komponen ini berperanan sebagai penyalur panas dari kepala piston ke dinding silinder.

Baca Juga  Efek Thermostat Radiator Dilepas: 4 Akibat Dan Ulasan

Dengan kedua peranannya itu karena itu ring piston kompresi 1 akan didapatkan di bagian skema ring piston atas. Status ini paling dekat dan ke ruang bakar mesin. Beberapa ciri ring piston kompresi 1 memiliki wujud tepian luar yang mana sudutnya sejajar dan rata dengan dinding silinder. Berbekal mempunyai wujud itu karena itu ring piston 1 akan maksimal pada proses salurkan panas.

2. Ring piston kompresi 2

Ring piston 1 bekerja sebagai pencegah kebocoran udara, karenanya ring piston 2 adalah susunan kedua untuk meredam kebocoran udara yang lolos dari celah ring 1. Memiliki arti, ring piston 2 ini adalah menolong peran ring piston 1 untuk yakinkan tidak ada udara yang lolos dari proses kompresi.

Tapi bukan hanya memiliki arti peran ring piston 2 ini cuman sebagai partisipan. Komponen ini bekerja untuk sapu dan bersihkan tersisa oli atau minyak pelumas yang ada pada dinding silinder agar tidak menerobos masuk dalam ruangan bakar. Beberapa ciri ring piston 2 memiliki sudut tepian yang berupa tirus atau meruncing yang mana waktu peletakan dipasang di bagian bawah.

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2

Terdapat beberapa perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 yang digunakan pada mesin kendaraan diantaranya yaitu:

1. Posisi

Perbedaan pertama terkait ring piston kompresi 1 dan 2 adalah posisinya. Ring piston kompresi 1 biasanya pada posisi no 1 atau coakan piston yang paling atas. Sementara itu ring kompresi 2 berada di bawahnya atau di coakan piston nomor 2.

Baca Juga  Ciri Pompa Power Steering Rusak : 7 Gejala Dan Ulasan

2. Bentuk Permukaan

Sementara itu dari bentuk permukaan antara ring piston kompresi 1 dan 2 terdapat perbedaan. Untuk ring piston 1 biasanya memiliki permukaan yang lebih halus. Sementara itu untuk ring kompresi 2 lebih tajam terutama pada bagian bawah.

3. Bentuk

Ring piston kompresi 1 memiliki bentuk luar rata sementara bagian dalam tirus. Sementara itu untuk ring piston kompresi 2 kebalikan dari ring piston 1 yaitu bentuk luar tirus sementara bagian dalam rata.

4. Warna

Perbedaan ring kompresi yang lain dan dapat dilihat secara visual adalah dari segi warna. Warna untuk ring kompresi satu biasanya silver, abu abu, atau warna chrom. Sementara itu untuk ring kompresi 2 biasanya kehitam hitaman atau lebih gelap daripada ring kompresi 1.

5. Tanda

Perbedaan terakhir antara ring piston kompresi 1 dan 2 adalah dari tanda. Untuk ring kompresi satu memiliki tanda R, N, T, Top atau satu warna dibagian tepi. Sementara itu untuk ring piston kompresi 2 memiliki tanda 2R atau dua warna dibagian tepi.

Diatas adalah beberapa perbedaan antara ring piston kompresi 1 dan 2 yang adap pada mesin kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.