Letak Flasher Vario 125 LED: Posisi & Cara Menemukan

Letak Flasher Vario 125 LED Dan Cara Menemukan – Flasher relay atau saklar flasher pada Honda Vario 125 LED adalah salah satu komponen penting dalam sistem lampu pada motor tersebut. Flasher relay berfungsi sebagai pengontrol atau pengatur waktu dalam menghidupkan dan mematikan lampu sein pada motor.

Jika flasher relay tidak berfungsi dengan baik, maka lampu sein pada motor tidak akan dapat menyala atau menyala terus menerus, yang dapat menimbulkan risiko kecelakaan pada pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Maka dari itu, mengetahui letak flasher relay pada Honda Vario 125 LED sangatlah penting untuk memperbaiki atau mengganti komponen tersebut ketika mengalami kerusakan.

Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang letak flasher relay pada Honda Vario 125 LED. Sehingga akan membantu para pengguna motor tersebut dalam melakukan perbaikan atau penggantian flasher relay dengan benar dan aman.

letak flasher vario 125 led

Letak Flasher Vario 125 LED

Flasher relay atau saklar flasher pada Honda Vario 125 LED umumnya terletak di bawah tangki bensin atau di dekat baterai. Namun, posisinya bisa bervariasi tergantung pada model dan tahun produksi motor.

Untuk menemukan lokasi atau letak flasher relay pada Honda Vario 125 LED, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Matikan mesin motor dan cabut kunci kontak untuk menghindari kecelakaan saat membongkar bagian-bagian motor.

Poin ini sangat penting dilakukan karena membuka bagian-bagian motor memerlukan kehati-hatian agar tidak terjadi kecelakaan. Dengan mematikan mesin dan mencabut kunci kontak, maka arus listrik yang mengalir ke komponen kelistrikan dapat diputus, sehingga meminimalisir risiko kecelakaan.

Baca Juga  Ukuran Panjang Blok Tiger STD: Ukuran Dan Ulasan

2. Angkat tangki bensin untuk membuka akses ke bagian bawah tangki bensin.

Poin ini diperlukan untuk membuka akses ke bagian bawah tangki bensin, yang biasanya menjadi tempat penempatan flasher relay pada Honda Vario 125 LED. Dengan mengangkat tangki bensin, maka akan memudahkan Anda dalam mencari dan membuka bagian tersebut.

3. Cari komponen saklar flasher atau flasher relay yang berbentuk seperti kotak kecil berwarna hitam atau abu-abu.

Poin ini menjelaskan bentuk dan warna dari flasher relay yang harus dicari pada Honda Vario 125 LED. Dengan mengetahui bentuk dan warna dari flasher relay, maka Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi komponen tersebut.

4. Pastikan flasher relay yang Anda temukan adalah flasher relay yang benar dengan membandingkan dengan gambar diagram kelistrikan yang tertera dalam buku panduan atau manual servis motor.

Poin ini sangat penting dilakukan karena salah memasang atau mengganti flasher relay dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan pada motor. Dengan membandingkan dengan gambar diagram kelistrikan yang tertera dalam buku panduan atau manual servis motor, maka Anda dapat memastikan flasher relay yang ditemukan adalah komponen yang benar dan dapat diganti dengan benar pula.

Diatas adalah ulasan terkait letak flasher relay pada Honda Vario 125 LED dan bagaimana cara menemukan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Swing Arm Motor: 5 Fungsi Dan Cara Kerja

Ayo Cilacap - - - -