Macam Macam Ring (Washer): 11 Jenis Dan Ulasannya

Macam Macam Ring – Untuk melengkapi pengikat baut dan mur terdapat bagian lain yang bernama washer atau ring. Dalam penggunaannya terdapat berbagai jenis washer atau ring. Lalu apa saja macam macam ring pada mesin kendaraan?

Orang Indonesia menyebutkan washer bernama ring. Mungkin karena memiliki bentuk yang bundar pada bagan tengah dan tidak ada drat. Orang meng-analogi-kannya dengan ring. Baik dari sisi langkah memasangkan washer serupa dengan menggunakan cincin.

Macam macam washer atau ring ini tidak seluruhnya bisa kita jumpai secara mudah. Ada beberapa jenis washer terpasang pada mesin yang cuma dipakai pada pabrik. Hingga cuma sebagian orang saja yang sempat memasangkannya.

Walau banyak macam jenis washer atau ring dengan letak penempatannya sama. Di mana washer berada saat sebelum mur pengikat diikatkan. Ini membuat washer selalu lekat/melekat dengan mur. Untuk lebih jelasnya terkait macam macam ring atau washer akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

macam macam ring

Macam Macam Ring

Dalam penggunaan terdapat berbagai jenis atau macam macam ring washer pada mesin kendaraan sebagai berikut:

1. Plain washer / Flat washer

Macam macam ring atau washer yang pertama yaitu flat washer. Plain washer / Flat washer sebagai ring washer yang mempunyai permukaan rata dan datar. Jenis washer ini umum dipakai untuk meratakan beban pengencangan dan sering dipakai untuk menahan kerusakan permukaan benda yang diikat saat kita menambah spring lock washer sebagai penguat penguncian.

Plain washer ini umum dipakai dikomponen dan material mobil yang biasanya diam dan tidak memiliki getaran yang kuat misalnya pada baut pengikat aksesori dasbor ke kerangka (monocoque) dan sebagainya.

2. Split washer / spring lock washer

Selain itu macam macam ring atau washer yang lain adalah split washer. Split washer / spring lock washer sebagai ring washer yang wujud ringnya terpenggal di salah satunya seginya. Sisi ujung yang terpenggal tidak sama-sama berjumpa, satu ujung ke atas dan satu ujung kebawah hingga membuat sebuah pegas/ulir.

Sisi yang terpenggal itu akan memberi daya pegas di antara kepala baut atau mur dengan permukaan yang dikencangkan. Disamping itu, potongannya akan menahan baut berputar-putar mengarah buka.

Baca Juga  Tipe Kompresor AC Mobil : 6 Jenis Dan Ulasannya

Untuk pemakaiannya, spring lock washer ini banyak dipakai untuk mengikat benda atau elemen yang tingkat masalahnya tinggi seperti getaran, peralihan temperatur, sampai peralihan kecepatan putar misalnya sama dalam baut rocker cover di silinder head, baut di housing thermostat, baut di clutch cover, dan sebagainya.

Khusus untuk split washer ini, benar-benar tidak disarankan pemakaiannya untuk baut atau mur yang mempunyai ulir perputaran ke kiri untuk kencangkan, karena washer ini tidak mengamankan serta akan percepat lembeknya baut atau mur itu.

3. Eksternal tooth lock washer

Eksternal tooth lock washer sebagai ring washer yang segi luarnya (diameter luar) berwujud gerigi di mana gerigi yang ada dibuat miring hingga perkuat kuncian di antara kepala baut atau mur dengan permukaan benda yang di kaitkan.

Jenis eksternal tooth lock washer ini benar-benar efisien dipakai pada beberapa benda yang materialnya tidak begitu keras sama dalam alumunium, tembaga, atau plastik. Oleh karena itu, seringkali kita mendapati eksternal tooth lock washer pada baut atau mur untuk pengikat plastik dasbor sampai kabel ground bodi mobil.

4. Internal tooth lock washer

Internal tooth lock washer sebagai salah satu dari macam macam ring washer yang segi dalamnya (diameter dalamnya) berwujud gerigi. Seperti eksternal tool lock washer, tetapi geriginya ada di bagian dalam ring hingga segi luar terlihat normal seperti plain washer biasa.

Untuk peranan dan manfaatnya, intern tooth lock washer ini mempunyai pemakaian yang serupa dengan ring washer awalnya yang paling pas untuk bahan alumunium, tembaga atau plastik.

5. Fender washer / penny washer

Fender washer / penny washer termasuk dalam macam macam ring washer yang seperti plain washer, permukaan atas dan bawahnya rata dan lembut, tetapi yang membandingkannya adalah diameter luarnya yang lebih lebar daripada plain washer.

Maka fender washer ini mempunyai ukuran ring yang lebih lebar hingga lubang sisi tengah kelihatan lebih kecil. Peranan intinya adalah supaya distribusi beban pengencangan dapat rata dan tidak menghancurkan bahan yang dikencangkan. Disamping itu, fender washer sering dipakai untuk mengikat benda yang diameter lubangnya semakin besar dibanding bautnya

Baca Juga  Jenis Motor Starter : 3 Macam & Cara Kerjanya

Biasanya fender washer ini dipakai pada bahan yang lunak seperti plastik atau lembar logam yang tipis misalnya pada bumper mobil atau spatbor mobil (plastik/cover di atas ban ).

6. Sealing Washer

Sealing washer mempunyai susunan yang lain dengan ring secara umum. Macam macam ring atau washer ini mempunyai susunan karet pada salah satu seginya. Karet neoprene sebagai jenis rubber yang dipertemukan dengan macam washer yang unik ini. Sealing washer dipakai untuk mengunci udara atau air supaya tidak bocor. Disamping itu washer ini dapat juga dipakai untuk mengurangi suara dan getaran.

7. Ogee

Ogee sebagai salah satu dari macam macam ring atau washer yang dibuat dari baja tuang. Bentuknya yang tebal dan berdiameter yang tebal dan penampilan meliuk. Macam washer yang ini akan jarang-jarang anda jumpai. Hanya karena dipakai di pelabuhan besi atau pelantar kayu.

8. Dock

Macam macam ring atau washer selanjutnya adalah jenis Dock yang serupa dengan uang logam. Diameter luarnya lebih besar dari diameter lubang baut. Dari sisi tebal jauh dibandingkan rerata. Dock washer kerap kita dapatkan untuk mengikat benda yang diameter lubangnya semakin besar dibandingkan bautnya.

9. Square

Square washer mempunyai wujud yang unik dan lain dari macam jenis washer yang lain. Pada umumnya wujud washer bundar, tetapi yang ini justru bujur sangkar. Antiknya kembali, diameternya yang lebih kecil dibandingkan ukuran segi luarnya. Saya sendiri cuma pernah menyaksikan square washer saat membedah mesin pencuci.

10. Square Hole Washer

Ada juga washer yang unik yaitu Square Hole Washer mempunyai wujud lubang yang bujur sangkar. Hingga cuma efisien bila dipakai pada baut bujur sangkar juga. Jenis washer ini umumnya bisa ditemui di baut gerbong kereta.

11. Finising

Bila anda inginkan penampilan finising dari baut jadi rapi, anda harus memakai finising washer. Macam washer finising ini benar-benar pas dipertemukan dengan skrup berkepala oval. Kepala baut akan kelihatan rata dengan washer.

Di atas adalah pembahasan berkaitan macam jenis ring atau washer pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -