Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol : 7 Hal Dan Ulasannya

kelebihan dan kekurangan rem tromol

Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol – Sebagai salah satu jenis rem yang sering digunakan yaitu rem tromol. Terkadang timbul pertanyaan, apa kelebihan rem tromol? Lalu apa kekurangan rem tromol?

Sampai sekarang ini kita mengenali dua tipe Pengereman yang ada pada kendaraan beroda 2 atau beroda 4 yaitu Disc Brake atau yang lebih akrab di Indonesia sebagai Rem Cakram dan Drum Brake atau Rem Tromol yang ke-2 nya mempunyai mekanisme kerja yang lain.

Rem Tromol bekerja dengan menggesekkan kampas rem pada tuas drum saat diregangkan (diundang) dengan tromol, dalam kerjanya ini membuat Rem Tromol mempunyai beberapa Kelebihan dan Kekurangan. Terkait kelebihan dan kekurangan rem tromol akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kelebihan dan kekurangan rem tromol

Kelebihan Rem Tromol

1. Tidak gampang terserang kotoran dan debu

Kelebihan rem tromol yang pertama yaitu tidak mudah kotor, karena terletak yang ada di dalam. Dengan desain ini maka rem Tromol tidak gampang dimasuki debu atau kotoran hingga performanya tidak terusik.

2. Mekanisme Rem yang gampang dan harga yang murah

Selain itu kelebihan rem tromol yang lain adalah sparepart yang murah. Pada dasarnya mekanisme rem tromol ini benar-benar gampang dan sederhana sekali, tetapi dengan performa yang powerful hentikan kecepatan kendaraan. Rem tromol ini memiliki komponen (kampas) yang murah. Motor yang memakai rem tromol tambah murah dibanding yang memakai rem cakram.

Baca Juga  Jenis Klakson Mobil : 5 Macam Dan Merk

3. Performa pengereman yang Halus

Berlainan dengan rem cakram yang garang karena ketepatannya tinggi, rem tromol hasilkan gerakan pemberhentian/pelambatan yang lebih perlahan-lahan atau halus. Hal ini menjadi salah satu kelebih rem tromol.

4. Sanggup meredam beban Besar

Kelebihan yang terakhir dari rem tromol yaitu daya pengereman yang besar. Mekanisme rem ini dikenali dapat meredam berat beban dan besar, bisa dibuktikan kendaraan beroda 4 seperti Bis dan Truk memakai rem tromol.

Kekurangan Rem Tromol

1. Rem tidak begitu pakem

Karena penghetianya yang cuman memakai mekanisme gesekan atau bukan cengkeraman (cakram) pasti hasil pengeremanya tidak begitu pakem dan instant, tidak seperti rem cakram. Hal ini menjadi salah satu kekurangan rem tromol.

2. Penggantian Kampas reltif semakin lama dan susah

Selain itu kekurangan rem tromol yang lain adalah kesulitan dalam proses perbaikan. Tidak seperti rem cakram yang tak perlu melepas as roda dan buka drum untuk menukar kampas, di rem tromol penggantian kampas lebih memerlukan waktu lama dibanding rem cakram, yang di mana rem cakram tinggal melepas baut kaliper.

3. Tidak nikmat dilihat

Kekurangan rem tromol yang terakhir adalah estetika yang kurang. Faktor keelokan menyusut bila memakai rem tromol (relatif), disitu ada tuas yang mengusik object mata menyaksikan bulatnya ban, berlainan dengan rem cakram yang pasti lebih nikmat dilihat.

Baca Juga  Komponen Rack Steer: 6 Bagian Dan Ulasan

Diatas adalah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan rem tromol. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -