Fungsi Return Spring Rem Tromol: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Return Spring – Fungsi return spring pada suatu mobil harus terbangun secara baik. Return spring sendiri sebagai salah satunya elemen yang ada di rem tromol. Oleh karena itu, elemen ini sebagai salah satunya yang penting.

Lalu, apa sich sebetulnya peran dari return spring pada rem tromol ini? Untuk lebih jelasnya terkait fungsi return spring pada rem tromol mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi return spring

Fungsi Return Spring Rem Tromol

Sisi dari elemen rem tromol sepeda motor seterusnya adalah return spring. Pekerjaan dari elemen itu adalah kembalikan status brake shoe sesudah pengereman terjadi. Terletak ada di ke-2 sepatu rem dalam mekanisme rem tromol.

Return spring adalah elemen pada rem tromol yang dibuat dari besi lentur yang dibuat membuat spiral. Fungsi return spring sendiri adalah untuk kembalikan status sepatu rem sesudah proses pengereman berjalan.

Cara Kerja Return Spring

Cara kerja return spring pada rem tromol sebenarnya sangat sederhana. Saat sopir mencapai pedal rem, sepatu rem akan bergerak ke luar dan melekat dengan tromol rem karena performa dari silinder roda. Tetapi, saat sopir melepas pedal rem, karena itu sepatu rem harus dapat kembali ke tempat awal supaya tidak ada gesekan pada rem tromol yang bisa mencelakakan sopir.

Saat pengereman usai, pegas akan lakukan penarikan pada sepatu rem supaya kembali merenggang. Dengan begitu roda kendaraan segera dapat berputar-putar kembali. Berdasar status kerjanya, ada dua jenis pegas balik. Ke-2 nya mempunyai fungsi yang lebih kurang sama tetapi mempunyai status yang lain, yakni:

  1. Upper Spring: Pegas yang ini tempatnya ada di segi atas atau persisnya di bawah silinder roda (wheel silinder). Fungsi khusus dari upper spring adalah untuk kembalikan sepatu rem ke tempat awal.
  2. Lower Spring: Pegas yang ini tempatnya ada di samping brake shoe adjuster atau setel rem. Fungsi khusus dari lower spring adalah untuk jaga urutan ke-2 sepatu rem tromol supaya bisa tekan brake shoe adjuster.
Baca Juga  Rangkaian Sistem Starter Mobil : Wiring Gambar & Cara Kerja

Untuk jaga performa pada rem mobil, karena itu elemen seperti return spring harus dirawat dan dicheck secara periodik.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi return spring pada rem tromol mobil dan cara kerja nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -