Main Shaft Adalah: Fungsi Dan Ulasan

Fungsi Main Shaft Adalah – Didalam transmisi terdapat berbagai poros atau shaft yang digunakan salah satunya adalah main shaft. Main shaft ini sangat penting pada mekanisme transmisi.

Salah satu tujuan dipakainya transmisi roda gigi adalah untuk mengatur perputaran motor yang dipindah ke roda belakang dalam berbagai macam pelambatan di mana letak dari transmisi ada di belakang pesawat kopling.

Untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya maka pada mekanisme transmisi terdapat berbagai mekanisme gear dan poros atau yang lebih dikenal dengan shaft. Berikut adalah ulasan terkait fungsi main shaft dan gear pada transmisi kendaraan.

main shaft adalah

Main Shaft Adalah?

Fungsi main shaft adalah sebagai output transmisi sekalian tempat penempatan main gear dan hub set. Di antara main shaft ke main gear dan hub set disambungkan dengan bearing.

Pada main shaft ada main gear yang tersusun dengan bearing ditengahnya. Jumlah main gear bergantung dalam jumlah tingkat kecepatan yang ada di transmisi.

Untuk transmisi dengan 5-speed (5 tingkat percepatan) ada 5 main gear dalam jumlah gear yang lain dan fungsi main gear itu berfungsi untuk menciptakan gear ratio bersama dengan counter gear sesuai tingkat kecepatan.

Komponen Utama Transmisi Lain

Selain main shaft dan main gear terdapat komponen komponen utama lain yang terdapat pada transmisi kendaraan diantaranya adalah:

1. Main Gear

Main gear dipasang pada main shaft dengan mediator bearing. Jumlah main gear bergantung dalam jumlah tingkat kecepatan yang ada di transmisi.

Baca Juga  Komponen Sistem Kemudi : 13 Bagian Dan Ulasan

2. Counter Gear

Terbagi dalam beberapa gear yang digabungkan, jumlah gear bergantung dengan adanya banyak tingkat kecepatan. Counter gear itu berfungsi untuk mengalihkan perputaran dari input shaft (main drive gear) ke main gear sekalian membuat gear ratio.

3. Reverse idle Gear dan Shaft

Reverseidle gear dipasang pada reverseidle gear shaft dan gear ini berfungsi untuk menyambungkan counter gear dengan main reverse gear hingga main reverse gear berputar bersimpangan arah dengan input shaft (main drive gear).

4. Input Shaft

Input shaft tranmission digabungkan dengan main drive gear berfungsi untuk mengalihkan perputaran dari clutch ke counter gear.

5. Interlock Mekanisme

Dalam operasionalisasi transmisi, tiap tingkat kecepatan cuma bisa terjadi satu gear yang masuk (satu sleeve hub yang terkait dengan main gear) karena tiap main gear memiliki gear ratio yang lain, untuk tujuan itu pada transmisi terpasang interlock pin dan ball sama seperti yang dipakai pada transmisi.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi main shaft dan gear pada transmisi kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -