7 Keunggulan Rem Cakram Dan 5 Kekurangannya

keunggulan dan kekurangan rem cakram

Keunggulan Dan Kekurangan Rem Cakram – Rem cakram adalah salah satu jenis rem cakram yang menjadi pilihan pada kendaraan. Lalu apa keunggulan rem cakram? Apa saja kekurangan rem cakram?

Mekanisme rem sebagai salah satunya elemen chassis yang ada di kendaraan, baik pada kendaraan sepeda motor atau mobil ada mekanisme rem. Ini ingat peranan rem yang penting untuk kendaraan.

Mekanisme rem terdiri jadi dua type biasanya, yakni rem tromol atau drum brake dan rem piringan atau cakram atau disc brake.

Saat ini, type rem yang sering dipakai pada kendaraan ialah type rem cakram. Pada rem cakram mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan rem type tromol. Hal inilah yang menyebabkan

Namun selain keunggulan rem cakram juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk lebih jelasnya terkait keunggulan dan kekurangan rem cakram akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

keunggulan dan kekurangan rem cakram

Keunggulan Rem Cakram

1. Rem cakram saat bekerja tidak memunculkan bunyi

Keunggulan rem cakram yang pertama yaitu tidak memunculkan bunyi saat rem cakram bekerja, ini karena piringan atau cakram bekerja pada kondisi terbuka atau semua sisi dari piringan langsung bergesekan dengan udara hingga proses pendinginan atau proses pembuangan panas yang dibuat saat rem cakram bekerja jadi lebih baik.

Saat terjadi panas yang berlebihan maka mengakibatkan elemen kanvas jadi cepat mengeras hingga saat dipakai untuk lakukan pengereman bisa memunculkan bunyi.

2. Pergantian pad rem lebih gampang

Pada rem cakram, elemen yang dipakai untuk pengereman disebutkan dengan pad rem, sedang pada rem tromol disebutkan dengan kanvas rem. Pergantian pad rem lebih gampang dibanding dengan pergantian kanvas rem. Hal ini merupakan salah satu keunggulan rem cakram.

Ini dikarenakan oleh konstruksi dari rem cakram lebih simpel dibanding dengan rem tromol hingga pergantian pad rem jadi lebih gampang.

Disamping itu pada rem sepeda motor, untuk menyaksikan keausan dari pad rem lebih gampang dibanding dengan menyaksikan keausan dari kanvas rem, karena letak dari pad rem ada di luar tidak sama dalam kanvas rem yang tertutup oleh tromol hingga bisa mempermudah untuk menyaksikan tingkat keausan pad rem dibanding dengan kanvas rem.

3. Gaya pengereman stabil meskipun terserang air

Keunggulan rem cakram yang lain yaitu gaya pengereman yang tetap sama meskipun terkena air. Pada rem cakram, saat kendaraan berjalan pada kubangan air dan piringan cakram terserang air karena itu style pengereman saat rem didesak tidak berbeda atau mungkin dengan lain masih sama. Ini karena air yang ada pada piringan akan terlontar keluar karena style sentrifugal dari perputaran cakram.

Baca Juga  Cara Kerja CDI : Mekanisme CDI AC & CDI DC

Berlainan dengan rem tromol, jika kendaraan berjalan pada kubangan air dan air masuk di dalam tromol karena itu ini bisa mengakibatkan berlangsungnya pengurangan style pengereman karena air yang masuk di dalam tromol akan susah untuk keluar dan mengakibatkan akan mengusik style pengereman.

4. Tidak ada sisi salah satunya pad rem yang mempunyai gaya yang lebih besar

Keuntungan tidak ada sisi satu dari pad rem yang mempunyai style yang semakin besar tujuannya ialah pada rem cakram tidak ada self energizing effect atau tambahan style pengereman. Oleh karenanya tidak bakal ada salah satunya roda yang memliki style pengereman yang semakin besar, hingga bisa kurangi risiko berlangsungnya rod menarik ke salah satunya arah, ke kanan atau ke kiri saat dilaksanakan pengereman.

5. Konstruksi ringkas

Selain itu keunggulan lainnya terkait rem cakram adalah konstruksi sederhana. Umumnya rem cakram seringkali dipakai di kendaraan bermotor. Ini karena elemen bisa cocok dan pas di sejumlah posisi pengereman dan pembangunan piringan logam. Rem type cakram sering dipakai untuk kurangi beban yang dibawa oleh kendaraan.

Kecuali memiliki bentuk yang kecil, sepeda motor mempunyai bermacam peranan yang lain lebih bagus jika memakai cakram.

6. Pelepasan panas yang baik

Selainn itu karena konstruksi rem terbuka maka rem cakram memiliki keunggulan yaitu pelepasan panas dari dalam mekanisme rem akan lebih bagus. Ini penting apa lagi kamu yang memakai sepeda motor untuk jarak capaian yang jauh. Panas akan memberi evaporasi untuk minyak rem yang mempunyai kualitas rendah.

7. Durabilitas Baik Atau Tahan lama

Mempunyai barang yang tahan lama sebagai idaman beberapa pengendara sepeda motor. Pasti jika barang tahan lama karena itu pengeluaran untuk sisi perawatan akan cukup buat kepentingan lain.

Baca Juga  Fungsi Intake Manifold: 7 Peran Dan Ulasan nya

Kerugian Rem Cakram

Selain rem cakram mempunyai keuntungan dibanding dengan rem tromol, tetapi rem cakram mempunyai kerugian, salah satunya ialah :

1. Memerlukan penekanan ke pad rem yang besar

Sementara itu kerugian rem cakram memerlukan penekanan pad rem yang besar. Untuk mendesak permukaan pad rem maka membutuhkan penekanan yang besar dikarenakan oleh permukaan pad rem yang bergesekan dengan piringan lebih kecil dan terbatas. Karena itu untuk hasilkan pengereman yang bagus karena itu diperlukan style penngereman yang semakin besar.

2. Membutuhkan tambahan komponen untuk membesarkan gaya pengereman

Selain itu kerugian lain yaitu membutuhkan tambahan komponen karena pada rem cakram membutuhkan style pengereman yang semakin besar. Oleh karena itu untuk mempermudah pengendara saat lakukan pengereman karena itu pada kendaraan ditambah elemen boster rem. Boster rem (brake booster) berperan untuk menambahkan style pengereman hingga bisa mempermudah pengendara saat lakukan mencapai pedal rem.

3. Elemen yang Kecil

Walau kelebihan berada pada semua mekanisme rem cakram yang kecil, tetapi hal tersebut bersama-sama dengan elemen yang dipakai. Kampas rem makin lebih kecil hingga daya pengereman tidak sekeras rem tromol. Hal ini menjadi kerugian dari rem cakram.

Rem tromol sendiri mempunyai daya rem yang kuat dan sering dipakai pada mobil. Tetapi tenang saja, untuk rasio kendaraan kecil seperti sepeda motor rasanya tidak ada permasalahan bermakna dengan rem cakram. Oleh karena itu, kecepatan motor biasanya berada di bawah standard mobil.

4. Lebih Cepat Aus

Sistem capitan dari rem cakram tergantung sekali pada minyak rem dari hidrolik, reservoir, dan piston. Membuat penginjakan rem yang dipakai berulang-kali membuat rem cakram bisa lebih cepat aus.

Satu perihal yang penting diingat ialah pengujian periodik. Dapat kamu alami dari mekanisme rem yang sedikit kasar, karena itu lebih bagus menukarnya dengan minyak rem yang baru.

5. Lebih Cepat Kotor

Ada kekurangan dari mekanisme rem terbuka, walau bisa melepaskan uap panas bisa lebih cepat tetapi rem cakram dapat semakin cepat kotor. Ini bisa makin jelek jika pemakai acuh dengan keadaan remnya.

Diatas adalah ulasan terkait keunggulan rem cakram dan kekurangan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -