fungsi steering wheel

Steering Wheel : Fungsi Dan Macamnya

Fungsi Steering Wheel – Salah satunya elemen pada mekanisme kemudi ialah steering wheel. Komponen pasti ada pada setiap kendaraan karena memiliki fungsi atau peranan yang sangat penting. Lalu apa fungsi steering wheel?

Dalam penggunaanya, steering wheel atau yang dikenal dengan roda kemudi memiliki beberapa macam. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Selain itu setiap macam roda kemudi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tanpa adanya roda kemudi maka akan sulit mengendalikan kendaraan melalui ruang kemudi. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dan macam roda kemudi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi steering wheel

Fungsi Steering Wheel

Fungsi steering Wheel pada kendaraan adalah sebagai roda kemudi yang dipakai untuk membantu pengemudi dalam mengubah arah laju kendaraan. Roda kemudi ialah elemen langsung terkait dengan sopir.

Apabila pengemudi ingi berbelokkan kendaraan maka steering wheel akan diputar ke kanan. Dengan kata lain, fungsi roda kemudi yaitu untuk gaya putar dari pengemudi kemudian meneruskannya ke tangkai kemudi sampai dengan roda. Akibatnya sudut belok roda akan berubah dan kendaraan dapat berubah arah sesuai keinginan pengemudi.

Macam Steering Wheel

Terdapat berbagai macam jenis steering wheel yang banyak digunakan pada kendaran. Setiap jenis mempunyai keunggulan dan kekurangan sendiri sendiri. Untuk mengenal berbagai macam steering wheel sebagai berikut:

a. Roda kemudi besar

Salah satunya macam steering wheel ialah roda kemudi besar. Wujud roda kemudi ini semakin besar dari standarnya, maksudnya untuk memperoleh peristiwa yang semakin besar hingga sopiran bertambah lebih enteng dan konstan. Tetapi, roda kemudi jenis ini mempunyai rugi yaitu dengan ukuran yang semakin besar maka mengonsumsi banyak tempat.

Baca Juga  Tekanan Oli Pada Sistem Pelumasan & Cara Mengukur

Disamping itu , perlu pergerakan yang lebih buat gerakkan roda kemudi ini. Tujuannya, makin besar roda kemudi karena itu makin panjang (kelilingnya), dan memutarnya akan makin lama. Roda kemudi besar ini bisa anda dapatkan di kendaraan-kendaraan besar seperti bis dan truk.

b. Roda kemudi kecil

Macam steering wheel yang selanjutnya ialah roda kemudi kecil. Roda kemudi jenis ini mempunyai keuntungan tidak mengonsumsi banyak tempat. Namun kerugiannya kemudi bertambah lebih berat, sebab roda kemudi ini hasilkan peristiwa yang kecil. Hingga untuk berbelokkan kendaraan diperlukan peristiwa yang besar.

Tetapi, untuk saat ini hal tersebut tidak jadi persoalan kembali, sebab saat ini telah ada Power Steering yang akan memudahkan sopiran. Anda dapat mendapati roda kemudi ini pada mobil mobil penumpang.

c. Roda kemudi ellips

Macam steering wheel yang terakhir ialah roda kemudi ellips. jenis ini adalah kombinasi dari kedua mode di atas. Biasanya mode jenis ini lebih memberikan keuntungan dari jenis yang lain.

Diatas merupakan ulasan terkait steering wheel mulai dari fungsi steering wheel dan macam steering wheel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion