macam macam mal

Macam Macam Mal : 5 Jenis Dan Fungsinya

Macam Macam Mal – Dalam gambar teknik sering kali ditemukan penggunaan mal. Terdapat berbagai jenis mal gambar teknik yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses gambar teknik. Jenis jenis mal tersebut adalah:

1. Mal Huruf

2. Mal Busur

3. Mal Elips

4. Mal Lingkaran

5. Mal Khusus

Untuk lebih jelasnya terkait macam macam mal yang sering ditemukan pada gambar teknik akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Fungsi Mal

Fungsi Mal adalah untuk memudahkan dan mengefisienkan waktu dalam pekerjaan gambar teknik berupa lingkaran-lingkaran kecil, ellips, segienam dan garis -garis lengkung lainnya. Mal gambar ini bermanfaat untuk menolong pada proses menggambar bentuk atau wujud tertentu yang susah dilukis cuman memakai perlengkapan standard.

Mal gambar ini membuat proses pembuatan gambar jadi lebih cepat. Disamping itu gambar yang dibuat makin lebih rapi serta lebih gampang dimengerti. Biasanya mal yang sering dipakai sekarang ini dibikin dari plastik dan mika yang bening, dan ukuran dibuat berdasarkan standar yang ada.

Macam Macam Mal

Ada banyak jenis mal yang dipakai pada gambar teknik. Macam macam mal itu terdiri dari:

1. Mal Huruf

Mal huruf sebagai salah satunya jenis mal yang kerap dipakai pada gambar teknik. Jenis mal ini yaitu alat yang digunakan untuk bikin huruf dengan perantaraan pen/rapido. Mal huruf kerap dipakai untuk bikin info gambar pada etiket. Mal huruf mempunyai ukuran 0.25, 0.35, 0.5, 0.7, 1,4, dan 2 mm.

Baca Juga  Fungsi Komutator Pada Motor Starter: Peran Dan Ulasannya

macam macam mal

2. Mal Busur

Mal busur adalah jenis mal pada gambar teknik yang dipakai untuk bikin lengkungan-lengkungan yang teratur, misalnya lengkungan parabola, hiperbola dan sebagainya. Jenis mal ini berperanan untuk memvisualisasikan garis-garis lengkung khusus yang tidak bisa dilukiskan oleh masa dan alat lainnya, seperti garis lengkung diagram dan grafik.

macam macam mal

3. Mal Elips

Mal elips kerap dipakai untuk bikin beberapa wujud elips. Sebagai contoh pemakaian mal elips ialah gambar selinder, cincin, kutub dan beberapa wujud lainnya.

macam macam mal

4. Mal Lingkaran

Mal lingkaran digunakan untuk bikin lingkaran-lingkaran kecil, lingkaran kecil yang dapat dibikin dengan menggunakan mal lingkaran diawali pada diameter 1mm s/d 36 mm. Pada mal lingkaran tiap ukuran lingkaran yang berada di mal lingkaran sudah ada empat garis sumber mal lingkaran dengan garis sumbu gambar yang telah dibuat pada kertas itu.

macam macam mal

5. Mal Khusus

Mal khusus terbagi dalam bermacam bentuk khusus/lain mempunyai berbagai bentuk, misalnya untuk simbol-simbol pengerjaan, signal pengerjaan, anak panah dan lain-lain.

macam macam mal

Di atas sebagai ulasan berkenaan fungsi mal dan macam macam mal yang dipakai pada gambar teknik. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion