Cara Setel Angin Injeksi: 4 Cara Dan Penyebab Susah Idle

Cara Setel Angin Injeksi – Pada teknologi motor injeksi tentunya juga membutuhkan perawatan maupun penyetelan. Salah satunya yaitu penyetelan angin pada motor injeksi. Lalu bagaimana cara setel angin injeksi?

Tidak selamanya jika motor injeksi ini akan aman saja saat dipakai. Ada periode tehnologi pada injeksi itu akan merasakan permasalahan termasuk pada bagian langsamnya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Apabila hal ini tidak selekasnya diperbaiki tentu akan mengganggu kinerja dari motor injeksi. Dan dapat menimbulkan berbagai permasalahan lainnya.

Oleh karena itu perlu dilakukan proses penyetelan termasuk pada setelan angin pada motor injeksi. Untuk lebih jelasnya terkait cara setel angin injeksi, dan penyebab motor injeksi tidak mau langsam akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara setel angin injeksi

Cara Setel Angin Injeksi

Pada motor injeksi memang populer kurang dalam perawatan, khususnya elemen pemasok gas bakarnya, hingga dari pabriknya mur baut stasioner di kunci menggunakan cat supaya tidak bisa diubah-ubah.

Masalahnya jika tatakan ujung baut penyetel statisoner mulai tergerus dan berlubang karena throttle gas kerap dibuka tutup. Saat permukaan tatakan mulai berbeda, langsam jadi turun menyesuaikan status katup di trotthle bodi yang tertutup sampai memengaruhi saluran gas dan bahan bakar.

Dengan demikian motor injeksi juga susah langsam. Jika sudah susah langsam, maka perlu cara setel angin pada motor injeksi. Hal ini untuk memperbaiki kondisi langsam atau cara setel angin pada motor injeksi .

Cara Memperbaiki atau Setel Angin Pada Motor Injeksi

Adapun cara untuk membenahi perputaran mesin normal kembali atau langsam atau dengan kata lain cara setel angin pada motor injeksi yaitu:

  1. Pertama kalinya adalah mengurangi mur yang bekerja mengkunci atau melawan baut penyetel supaya tempatnya tidak berbeda.
  2. Seterusnya, dengan menggunkan obeng min untuk memutar baut lebih dalam “arah ke kanan” sampai perputaran mesin naik sedikit dari umumnya.
  3. Lalu agar tidak gampang geser karena getaran, mur kembali dikencangkan.
  4. Sebagai ancar-ancar, perputaran stasioner untuk motor injeksi berada di angka rpm 1.400 plus-minus 100 rpm.
Baca Juga  Efek Tidak Ganti Busi Motor : 7 Dampak Dan Ulasan

Penyebab Motor Injeksi Tidak Mau Langsam

Setelah mengetahui cara setel angin pada motor injeksi perlu diketahui pula penyebab motor injeksi tidak mau langsam. Mesin yang pada keadaan idle atau lamsam saat mesin menyala.

Keadaan mesin ini biasanya dikatakan sebagai stasioner. Pada kondisi tertentu, mesin tidak ingin pada status langsam. Simpelnya, mesin bekerja, tapi saat gas dilepaskan secara mendadak mesin langsung mati.

Walau sebenarnya, kondisi yang semacam ini umumnya sering muncul karena disebabkan karena beragam hal. Sama dengan kasus mesin yang masih memakai mekanisme karburator. Sudah pasti ini memiliki arti harus selalu menginjak pedal gas supaya mesin tidak mati.

Nach, kondisi semacam ini jika ada ditengah-tengah kemacetan atau dilampu merah tentu saja benar-benar menyebalkan. Berikut penyebab motor injeksi tidak mau idle atau langsam yaitu:

1. Elemen Kotor

Sebagai factor penyebab khusus motor injeksi tidak mau idle atau langsam adalah ada banyak beberapa komponen mesin injeksi yang perlu dibikin bersih, yang umumnya ada persoalan ini ada di throttle bodi dan injektor.

Karbon yang masih ada hasil dari pembakaran yang menutup hingga merintangi katup throttle bodi dan injektor , yang pada akhirnya mengakibatkan motor tidak kembali mau lamsam.

2. Perawatan Busi yang Kurang Pas

Selanjutnya sebagai factor penyebab yang lain adalah karena busi, atau umumnya karena karena perawatan busi yang buruk dan tidak dilaksanakan dengan teratur.

Baca Juga  Efek Jarum Skep Dinaikkan: 5 Tanda Dan Ulasannya

Nach umumnya teknisi selalu bersihkan sisi busi dengan bensin. Tetapi sayang, sistem ini sangat kerap dipakai, tetapi pada realitanya sistem ini tidak seutuhnya betul. Karena ini bisa menyebabkan, mesin injeksi tidak mau langsam karena kondisi busi gampang aus.

3. Angin yang Masuk ke Penyaring Udara

Selanjutnya penyebab seterusnya yang mana biasnya ada persoal motor injeksi tidak mau stop /lamsam disebabkan karena ada angin yang masuk aliran udara.

Keadaan ini umumnya muncul karena ada benda di dekat rumah saringan udara. Misalnya ada jas hujan, yang mana sebetulnya benda yang semacam ini harus ada/dietakan di bagasi jok.

Sayang, tidak beberapa orang mengetahui jika jas hujan adalah object yang tersering berperan pada aliran udara yang diperlukan mesin lewat kotak. Mengakibatkan, mesin kekurangan konsumsi udara, hingga pada akhirnya motor tidak lamsam.

4. Bensin yang Bersatu dengan Air

Jika pada tiap elemen motor anda telah dibikin bersih seutuhnya tapi mesin tetap tidak mau lamsam, karena itu cara seterusnya adalah mengecek bak bensin.

Check apa bensin di dalamnya tercampur sama air, karena ada air dalam bak bensin ini bisa menyebabkan motor jadi tidak mau lamsam.

Diatas adalah ulasan terkait cara setel angin injeksi, dan penyebab motor injeksi tidak mau langsam. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -