Tanda Freon AC Habis : 7 Ciri Dan Ulasannya

tanda freon ac habis

Tanda Freon AC Habis – Pada sistem AC kendaraan menggunakan freon atau refrigerant yang dapat habis. Freon AC ini dapat habis dikarenakan adanya kebocoran pada sistem AC. Lalu apa saja tanda freon AC habis?

Freon adalah dari beberapa senyawa kimia yang ditemukan pada semua sistem pendingin termasuk pada sistem pendingin ruangan kendaraan. Freon umumnya dipakai sebagai fluida untuk meresap beban pendingin ruang atau beberapa tempat yang temperatur udaranya dikondisikan.

Karena terhitung dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak mempunyai warna dan tidak bau. Sampai sekarang, belum diketemukan senyawa yang lain dapat gantikan perform freon. Oleh karena itu apabila freon ac habis maka jarang sekali terdapat tanda tanda atau cirinya. Freon yang habis atau bocor mempunyai efek yang cukup beresiko, bahkan juga bisa mengakibatkan kematian.

Beberapa resikonya diantaranya:

– Bila tidak menyengaja mengisap freon, bisa membuat kesusahan bernapas dan bengkak pada kerongkongan.
– Disamping itu, freon yang terisap dapat membuat iritasi pada mata, hidung dan lidah.
– Pada step yang lebih serius, bisa mengakibatkan kehilangan pandangan, mata terbakar, dan cedera bakar pada tenggorokan.
– Bila mengisapnya dalam skala besar, bisa mengakibatkan detak jantung tidak teratur dan mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu perlu diketahui ciri freon AC habis pada kendaraan agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak di inginkan. Berikut ciri ciri atau tanda freon ac habis yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Baca Juga  Ganti Busi Setiap Berapa Km? Jarak Penggantian Busi

tanda freon ac habis

Tanda Freon AC Habis

1. Pipa tidak berasa dingin

Bila pipa pada AC tidak berasa dingin, bisa saja ini karena freon yang habis. Disamping itu, pipa di bagian AC yang tidak keluarkan bunga-bunga es perlu dicurigai. Beberapa hal itu sebagai salah satunya beberapa ciri freon AC habis.

2. AC tidak dingin

AC semestinya bisa memantapkan temperatur dan kelembapan udara, dan dalamkondisi tertentu yang kita harapkan bisa keluarkan udara dingin dan membuat ruang berasa sejuk. Berhati-hati, bila merasakan AC tidak berasa dingin, walau temperaturnya telah ditata seperti keinginan. Oleh karena itu ac tidak dingin merupakan salah satu tanda freon ac habis.

3. Terjadi kebocoran air

Beberapa ciri freon AC habis setelah itu berlangsungnya aglutinasi pada evaporator AC. Disamping itu, ada kebocoran air. Hal ini akibat terjadinya efek kondensasi pada blower kendaraan sehingga akan timbul tetesan air.

4. Lampu tanda berkedip

Selain itu, untuk kendaraan terbaru sudah dilengkapi lampu tanda atau lampu indikator. Hal ini dikarenakan sistem AC sudah menggunakan komputerisasi atau amplifier. Oleh karena itu apabila freon ac habis maka sensor tekanan akan mendeteksi dan mengirimkan sinyal untuk menyalakan lampu indikator yang ada pada dashboard mobil.

5. Rasakan tanda-tanda keracunan

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, freon memiliki kandungan senyawa yang mencelakakan badan. Bila Anda rasakan gejala-gelaja yang disebut, sebagai penanda Anda keracunan freon. Senyawa ini tidak warna dan bau, hingga cukup susah untuk dipahami. Tapi, dengan pengujian teratur AC, Anda bisa ketahui dan menahan ini terjadi. Oleh karena itu apabila merasakan adanya gejala keracunan freon segera keluar dari kendaraan.

Baca Juga  Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas: 9 Faktor Dan Ulasan

6. Blower Hanya Menghembuskan Angin

Selain itu tanda freon ac habis pada kendaraan yaitu blower hanya menghembuskan angin ketika dinyalakan. Hal ini dikarenakan tidak ada proses pertukaran temperatur atau termodinamika. Akibatnya temperatur udara yang dihembuskan oleh blower sama saja. Artinya blower hanya berfungsi sama seperti kipas.

7. Sight Glass tidak ada gelembung

Yang terakhir ciri freon ac habis yaitu tidak adanya gelembung udara pada sight glass saat ac dinyalakan. Hal ini dikarenakan tidak adanya sirkulasi freon pada sistem ac. Namun perlu dipastikan tidak adanya gelembung pada gelas kaca apakah disebabkan oleh freon habis atau malah terlalu penuh menggunakan manifold gauge. Apabila tekanan terlalu rendah maka dapat dipastikan freon ac habis.

Diatas adalah ulasan terkait tanda freon ac habis yang ada pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -