Fungsi Steering Gear Dan Macam Macamnya

fungsi steering gear

Fungsi Steering Gear – Pada sistem kemudi terdapat berbagai komponen salah satunya adalah steering gear. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting agar mekanisme kemudi kendaraan dapat bekerja maksimal. Lalu apa fungsi steering gear? Serta apa saja jenis atau macam steering gear?

Dengan adanya steering gear maka akan memberikan kemudahan pada pengemudi untuk mengubah arah kendaraan. Berikut ulasan lebih lengkap terkait fungsi steering gear, dan macam macamnya.

fungsi steering gear

Fungsi Steering Gear

Fungsi steering gear adalah untuk mengarahkan roda depan dan selaku gigi reduksi untuk meningkatkan tenaga supaya setir bertambah lebih enteng. Berat atau entengnya tenaga pengemudian dipengaruhi oleh kecil besarnya perbedaan gigi atau gear ratio yang ada di steering gear.

Pada umumnya perbedaan gigi seputar 18 : 1 sampai dengan 20 : 1. Perbedaan steering gear yang makin besar ini akan membuat setir bertambah lebih enteng. Namun semakin besar perbandingannya maka makin banyak juga jumlah putarannya untuk sudut belok yang serupa.

Selain itu steering gear juga digunakan untuk menyambungkan antara steering shaft ( tangkai setir ) dengan tie rod. Steering gear memiliki peranan penting untuk menjadi tenga putar semakin besar yang selanjutkan akan ditersukan ke tie rod.

Macam Macam Steering Gear

Terdapat dua macam steering gear yang banyak digunakan yaitu recirculating ball dan rak and pinion. Walaupun sesungguhnya tipe steering gear ini bukan hanya 2 melainkan terdapat berbagai macam steering gear lainnya. Berikut berbagai macam steering gear:

Baca Juga  Jenis - Jenis Sistem Kemudi : 4 Macam Dan Ulasan

1. Worm Dan Sector Roller

Worm gear terkait dengan sector roller dibagian tengahnya. Gesekannya bisa mengganti sentuhan di antara gigi dengan gigi jadi sentuhan menggelinding.

2. Worm Dan Sector

Pada tipe ini worm dan sector terkait langsung

3. Screw Pin

Pada mode ini pin yang berupa tirus bergerak sejauh worm gear

4. Screw Dan Nut

Mode ini dibagian bawah main shaft ada ulir dan satu nut dipasang kepadanya. Pada nut terdapat bagian yang mencolok dan terdapat  tuas yang dipasang pada housingnya.

5. Recirculating Ball

Pada mode recirculating ball memiliki peluru yang ada dalam lubang nut yang digunakan untuk membuat jalinan yang menggelinding di antara nut dan worm gear. Pada jenis ini memiliki karakter tahan aus dan guncangan yang bagus

6. Rak And Pinion

Pergerakan putar pinion langsung diubah oleh rak jadi pergerakan menyamping. Mode rak and pinion memiliki konstruksi simpel, sudut belok yang tajam dan enteng, tapi guncangan yang diterima dari permukaan jalan gampang dilanjutkan ke roda depan.

Diatas merupakan ulasan terkait fungsi steering gear, dan berbagai macam jenis steering gear. Dalam penggunaannya, fungsi steering gear sangat penting pada mekanisme kemudi kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.