Ukuran Garis Tepi Gambar Teknik: 5 Ukuran Dan Ulasan

Ukuran Garis Tepi Gambar Teknik – Garis tepi pada gambar teknik adalah elemen yang harus ada. Garis tepi dan etiket dibikin berdasar ketentuan dan standard yang telah ditetapkan. Lalu berapa ukuran garis tepi gambar teknik pada kerta dari A0, A1, A2, A3, dan A4?

Sebuah gambar teknik tidak dapat disebutkan gambar teknik bila tidak dibarengi dengan garis tepi dan etiket. Pada tulisan ini kali akan diulas berkenaan ukuran garis tepi gambar teknik beragam tipe dari kertas ukuran dari A0, A1, A2, A3, dan A4 secara lebih jelas.

ukuran garis tepi gambar teknik

Ukuran Garis Tepi Gambar Teknik

Garis tepi sebagai sisi batasan tempat gambar di mana gambar kerja yang dibikin harus ada di tempat yang terbatasi oleh garis tepi. Gari tepi dibikin dengan tipe garis tebal kontinu. Sisi garis tepi bisa kita misalkan sebagai pagar rumah sebagai batasan tempat pemilikan tempat. Kita bebas membuat apa di dalamnya.

Sementara bila ingin membuat suatu hal diarea luar karena itu ada ketentuan yang perlu dilaksanakan. Begitupun gambar teknik, bila gambar dibikin melewati garis tepi karena itu ada ketentuan yang ketentuan yang perlu dilaksanakan untuk pelukisannya.

Bila benda yang hendak dibikin mempunyai ukuran yang terlampau besar dan tidak muat untuk dilukis dalam tempat garis tepi karena itu dipakai rasio untuk mengecilkan gambar benda itu. Dengan adanya ratio atau perbandingan gambar maka mustahil gambar kerja dapat melebih batas are atau garis tepi. Apabila gambar kerja melebihi garis tepi maka dapat dilaksanakan dengan mengaplikasikan fokus pelukisan garis yang telah diulas pada materi tipe – tipe garis.

Baca Juga  Fungsi Platina, Komponen, Dan Cara Kerja

Ukuran Garis Tepi Berbagai Ukuran Kertas

Ukuran garis tepi samping atas, bawah dan kanan untuk setiap ukuran kertas ada yang sama ada juga yang berbeda. Berikut ukuran garis tepi beragam tipe dari kertas ukuran dari A0, A1, A2, A3, dan A4 yaitu:

  1. Ukuran Garis Tepi Kertas A0 bagian kiri, kanan, atas, bawah sebesar 20 mm
  2. Ukuran Garis Tepi Kertas A1 bagian kiri, kanan, atas, bawah sebesar 20 mm
  3. Garis Tepi Kertas A2 bagian kiri sebesar 20 mm, sementara kanan, atas, bawah sebesar 10 mm
  4. Ukuran Garis Tepi Kertas A3 bagian kiri sebesar 20 mm, sementara kanan, atas, bawah sebesar 10 mm
  5. Ukuran Garis Tepi Kertas A4 bagian kiri sebesar 20 mm, sementara kanan, atas, bawah sebesar 10 mm

Garis tepi samping kiri dibikin semakin besar karena di saat pengarsipan sisi yang dibolongi atau diapit adalah sisi samping kiri (seperti buku). Maksudnya dibikin semakin besar yaitu untuk menghindar gambar tidak kelihatan karena terjepit atau terhambat.

Diatas adalah ulasan terkait ukuran garis tepi gambar teknik beragam tipe dari kertas ukuran dari A0, A1, A2, A3, dan A4. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -