Cara Pasang Modul Central Lock Mobil: 5 Prosedur Dan Ulasan

Cara Pasang Modul Central Lock Mobil – Central lock merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan meskipun terkadang tidak ada mekanisme ini sebagai bawaan salah satu kendaraan. Oleh karena itu kita perlu melakukan cara pasang sendiri terutama pada modul central lock mobil.

Tiap mobil sekarang ini tentu sudah diperlengkapi dengan feature central lock. Feature ini sebagai sisi dari feature keselamatan yang ada di mobil. Telah jarang-jarang sekali ada mobil yang tidak diperlengkapi dengan feature ini.

Bila ada mobil tua yang mempunyai central lock, kemungkinan mereka melakukan cara pasang sendiri dan bukan modul central lock yang dikeluarkan oleh produsen mobil itu. Bila kamu ingin memasang central lock, kamu dapat memakai central lock universal.

Sekarang ini telah banyak ada beragam central lock universal yang dipasarkan oleh online shop atau bengkel. Saat membeli lewat cara online, umumnya kamu merencanakan untuk memasangkannya sendiri di dalam rumah.

Buat kamu yang tidak biasa memasang elemen mobil sendiri, tentu saja akan berasa susah. Hal tersebut berlaku untuk cara pasang central lock yang tidak gampang. Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang modul central lock mobil dan harganya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang modul central lock mobil

Cara Pasang Modul Central Lock Mobil

Terdapat beberapa prosedur atau cara pasang modul central lock pada mobil diantaranya yaitu:

1. Penyiapan bahan

Cara pasang modul central lock mobil yang pertama perlu beberapa bahan yang diperlukan adalah seperti berikut:

  • Motor central lock
  • Baut
  • Penghubung ke pelatuk
  • Kabel
  • Kotak kontrol Relay

Jumlah motor disamakan dalam jumlah pintu mobil, jika mobilnya pickup tentu saja cuma perlu dua motor saja. Motor ini ada dua tipe, yaitu motor 5 kabel dan motor 2 kabel.

Baca Juga  Indikator V Belt Nmax Berkedip: Penyebab & Cara Memperbaiki

Motor 5 kabel terpasang khusus pada pintu kanan depan (pintu pengemudi) karena motor 5 kabel meng handle beberapa motor lain. Maknanya jika pelatuknya diambil atau didorong, karena itu beberapa motor lain automatis turut menarik dan menggerakkan.

2. Mencocokan sirene mobil

Selain itu cara pasang modul central lock mobil selanjutnya adalah mencocokan central lock dengan sirene mobil. Baik beli di bengkel, online, atau toko aksesori mobil, kamu perlu konsultasi dengan faksi toko untuk tentukan tipe yang terbaik.

Umumnya kamu perlu memberitahukan tipe mobil supaya mereka mengenal keadaan dan wujud kelistrikan pada kendaraanmu. Itu dilaksanakan untuk pastikan jika peletakan central lock akan sesuai tipe mobil.

Bermacam tipe mobil membuat instalasi kelistrikan dan sumber tenaga tiap mobil tentu berlainan.

3. Penempatan Aktuator

Untuk cara pasang motor dan modul central lock mobil, pertama membuka tutup sisi pada dalam pintu mobil. Pertama kali, kamu perlu memasang motor khusus central lock pintu sisi sopir lebih dulu. Motor central lock ini tersambung dengan 5 kabel di sistem kuncian pintu.

Kemudian, pasang motor central lock di pintu mobil lainnya. Sebagai catatan, penempatan motor central lock di pintu mobil sesuaikan dengan keadaan masing-masing pintu.

Motorpun telah dipasang dengan benar-benar kuat. Bebaskan kembali motornya. Seterusnya pelatuk motor dihubungkan ke pelatuk lock pintu mobil. Status baut pelatuk lock pintu dikencangkan, sementara baut yang bisa pelatuk motor tidak boleh terlampau kencang. Selanjutnya kenakan motor pada tempat barusan.

4. Penempatan pelatuk

Selanjutnya pemasangan modul central lock mobil yaitu di cocok kan tempatnya, jika status pelatuk lock turun, status pelatuk motor turun juga. Dan jika status pelatuk lock naik, status pelatuk motor harus juga naik. Kemudian mengencangkan semua bautnya.

Baca Juga  Penyebab Proses Knocking Atau Ketukan Pada Mesin

Penempatan motor usai. Pasang semua motor kesemua pintu seperti cara di atas. Kemudian hubungkan kabelnya. Kabel motor pada pintu khusus ada 5 yaitu hijau, biru, coklat, putih, hitam.

5. Perakitan kabel atau wiring

Cara terakhir untuk pasang modul central lock mobil yaitu perakitan kabel atau wiring. Pada motor yang lain kabelnya dua, yaitu hijau dan biru. Menyambungnya janganlah sampai kebalik, jika kebalik karena itu status lock akan bersimpangan. Maknanya saat di lock, kabel yang kebalik justru pada status open.

Sesudah sambungan kabel motor usai, selanjutnya hubungkan ke kotak relay. Tinggal ditancapkan saja. Dari socket masih sisa 4 lembar kabel yaitu merah, hitam, putih dan coklat.

Kabel merah silakan dihubungkan ke arus + dari accu, selanjutnya kabel hitam dihubungkan ke ke arus – dari accu atau dihubungkan ke bodi mobil. Kabel putih dan coklat perannya adalah untuk sakelar.

Biaya Pasang Central Lock

Beberapa langkah yang telah disebut sebelumnya adalah cara pasang central lock mobil sendiri tanpa perlu ke bengkel. Tetapi, jika tidak percaya dapat memasang sendiri, karena itu seharusnya pakai jasa mekanik dari bengkel.

Bakal ada biaya yang dikenai jika kamu memasang central lock di bengkel. Tetapi tak perlu cemas, karena biaya pasang central lock murah.

Dikutip dari rerata biaya pasang central lock mobil dimulai dari Rp300 ribu s/d Rp600 ribu. Harga bervariatif, bergantung tipe mobil dan jumlah pintu yang terpasangkan central lock.

Proses penyelesaiannya tidak memerlukan waktu lama. Penempatan central lock di bengkel akan memerlukan waktu sekitaran 2-3 jam saja.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang modul central lock mobil dan harganya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -