Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel: Tekanan Dan Ulasan

Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel – Tekanan bahan bakar yang keluar nozzle, benar-benar punya pengaruh pada perform mesin diesel. Oleh karenanya, penting menyetel nozzle supaya mesin diesel bisa hasilkan tenaga yang optimal.

Nozzle merupakan elemen mesin diesel yang memiliki peran sebagai pengkabut bahan bakar. Hasil pengkabutan akan memengaruhi hidup dan tidaknya mesin diesel saat dinyalakan. Oleh karena itu proses keluarnya bahan bakar yang terpancar dari nozzle harus betul-betul tepat.

Tekanan nozzle yang baik, bisa disaksikan dari dari sinaran bahan bakar yang kuat dan megar. Atau dapat diikuti dari bunyi tekanan bahan bakar saat mesin diesel itu diengkol. Bunyi tekanan itu akan kedengar keras dan memiliki tenaga.

Untuk hasilkan tekanan bahan bakar yang baik, perlu dilaksanakan geprekelan pada nozzle. Proses penyetelan nozzle itu bisa dilaksanakan saat mesin diesel pada kondisi mati maupun hidup. Untuk lebih jelasnya terkait ukuran tekanan nozzle pada mesin diesel akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ukuran tekanan nozzle mesin diesel

Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel

Tekanan yang kurang akan membuat mesin tidak bekerja optimal. Tekanan pada injektor diesel common rail sekarang ini besar sekali. Hal paling mudah dirasa pada mobil adalah perputaran mesin tidak konstan.

Pengecekan tekanan injektor nosel ini mempunyai tujuan untuk ketahui berapakah tekakanan yang diperlukan supaya injektor bisa mengkabut. Tekanan injeksi yang terlampau rendah atau tinggi akan membuat pengkabutan oleh injektor nosel jadi tidak bagus. hingga tekanan injeksi ini perlu disetel pada tekanan detailnya.

Baca Juga  Sistem Pengapian Transistor: Pengertian, Komponen & Cara Kerja

Pengecekan tekanan injektor nosel bisa dilaksanakan dengan memakai alat nozzle tester. Kenakan injektor nosel pada alat nozzle tester dan yakinkan bak tampungan bahan bakar pada alat nozzle tester sudah berisi penuh oleh bahan bakar solar.

Kerjakan cara pembuangan udara pada aliran bahan bakar pada alat nozzle tester. Pencet tuas pompa nozzle tester dan baca hasil pemilihan tekanan yang ada di pressure gauge.

Untuk ukuran tekanan nozzle mesin diesel baru yakni 151 – 159 kg/cm2 dan untuk injektor lama adalah 145 – 155 kg/cm2 (agar semakin persisnya, saksikan pada buku panduan motor diesel itu).

Bila hasil tekanan tidak sesuai nilai detail karena itu kerjakan geprekelan dengan menambah shim ke injektor sampai didapat tekanan injektor sesuai detail.

Di atas adalah pembahasan berkaitan ukuran tekanan nozzle mesin diesel. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Join the discussion