Cara Mengatasi Kunci Stang Motor Macet: 4 Cara & Penyebab

Cara Mengatasi Kunci Stang Motor Yang Macet – Kunci stang pada kendaraan motor bisa jadi masalah untuk kita jika kunci stang pada sepeda motor kita terkunci atau macet. Lalu bagaimana cara mengatasi kunci stang motor yang macet? Dan apa saja penyebabnya?

Kerusakan kunci stang ini kerap dirasakan pada motor yang berumur cukup tua dan kurang perawatan. Hal ini kelihatan remeh tetapi akan merepotkan bila kunci stang itu bermasalah.

Masalah semakin bertambah besar saat stang motorsedang dalam status terkunci. Bila ini terjadi, pengendara motor harus mengetahui berbagai informasi terkait cara buka kunci stang motor yang terkunci.

Hal itu mempunyai tujuan supaya pengendara tidak begitu cemas dan cemas saat stang motor terkunci dan kunci motor lenyap, macet atau bahkan juga lupa disimpan di mana. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi kunci stang motor macet, penyebab, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi kunci stang motor macet

Cara Mengatasi Kunci Stang Motor Macet

Untuk cara mengatasi kunci stang motor yang terkunci dan macet dapat dilaksanakan dengan mudah. Akan tetapi dibutuhkan beberapa bahan yang pas dan kehati-hatian. Karena jika terjadi kekeliruan akan membuat anak kunci patah dan ketinggalan di lubang kunci. Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi kunci stang motor yang macet diantaranya yaitu:

1. Pakai Minyak Goreng

Cara pertama untuk mengatasi kunci stang motor macet yang bisa kita coba yaitu dengan memakai minyak goreng. Manfaatkan minyak goreng untuk buka kunci stang adalah salah satu cara termudah. Hal ini karena bahan minyak goreng secara mudah kita jumpai dan umum dalam masyarakat. Pakai minyak goreng yang baru supaya tidak ada kotoran yang menambahkan kerusakan kunci.

Pemilik kendaraan perlu mempersiapkan minyak dalam muka lalu merendamkan ujung anak kunci pada minyak goreng. Kita saran lalu mengeluarkan anak kunci seringkali sampai minyak rata pada lubang kunci. Putar dengan perlahan-lahan anak kunci sampai bergerser ke pertanda on-off-lock, ulang sampai kunci bisa terbuka.

2. Memakai Cairan Penetran

Cara selanjutnya untuk mengatasi kunci stang motor macet yang bisa dicoba dengan memakai cairan penetran. Kunci stang yang macet umumnya disebabkan oleh kotoran yang melekat pada lubang kunci. Kotoran pada lubang kunci ini bisa kita membersihkan dengan memakai cairan penetran seperti Rexco 50 atau WD40. Cairan ini bisa kita dapatkan dan membeli pada bengkel atau aksesori motor dengan range harga 45-55 ribu rupiah.

Baca Juga  Kunci Stang Motor Macet: 6 Penyebab & Cara Melepas

Untuk memakai cairan ini benar-benar gampang, karena paketannya dalam botol semprot. Kita perlu menyemprot cairan itu di dalam lubang kunci yang macet lalu biarkan supaya cairan dapat menyerap dan bersihkan kotoran. Selanjutnya kita coba untuk masukkan anak kunci apa kunci stang bisa berperan atau memang belum. Ulang lagi sampai stang kunci dapat terbuka.

3. Gunakan Oli Baru

Cara lain untuk mengatasi kunci stang motor macet, kita bisa memakai oli atau minyak pelumas. Cairan ini bisa memulasi lubang kunci dan membuat elemen yang macet berperan kembali. Seharusnya kita memakai oli baru karena oli sisa memiliki kandungan kotoran dari tersisa pengunannya.

Minyak pelumas atau oli ini dibalurkan pada anak kunci lalu diteteskan pada lubang kunci. Nantikan sesaat sampai oli betul-betul masuk ke lubang kunci. Masukan anak kunci, selanjutnya putar perlahan-lahan. Lantas ulang cara itu bila kunci stang belum juga dapat bergerak.

4. Membedah Rumah Kunci

Jika semua pilihan di atas telah kita kerjakan tetapi kunci stang motor kita masih bermasalah, karena itu ini kemungkinan jadi cara paling akhir untuk mengatasi kunci stang motor macet, yaitu dengan cara membedah rumah kunci.

Untuk lakukan hal ini kita perlu memanggil pakar kunci supaya langsung ditukar rumah kunci sama yang baru, atau juga bisa untuk panggil montir dari dealer sah untuk menuntaskan masalah ini. Karena untuk lakukan ini diperlukan ketrampilan dan kehati-hatian supaya tidak mempengaruhi elemen yang lain yang nanti bisa menyebabkan ongkos servis yang tambah mahal kembali.

Penyebab Kunci Stang Motor Bermasalah

Setelah mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kunci stang motor macet maka perlu diketahui pula penyebabnya. Kunci stang motor yang bermasalah akan mengusik kita sebagai pemakai sepeda motor jika sedang tergesa-gesa. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kunci stang motor macet atau bermasalah yaitu:

1. Ada Kotoran

Ada kotoran pada lubang kunci menjadi penyebab khusus macetnya kunci stang motor. Kotoran ini akan menutup lubang kunci dan mengakibatkan anak kunci tidak cocok dengan lubang kunci hingga tidak dapat dibuka. Hingga lubang kunci harus kerap disemprotkan dengan cairan penetran minimum sebulan sekali supaya kotoran pada lubang kunci lenyap.

2. Ada Air yang Masuk

Ada air yang masuk pada lubang kunci bisa mengakibatkan karatan pada elemen lubang kunci stang motor. Masuknya air sabun dapat membuat lubang kunci jadi macet karena tersisa dari sabun itu akan jadi kering menjadi kotoran. Ini bisa kita hindari dengan tutup lubang kunci supaya air tidak masuk saat kehujanan ataupun waktu membersihkan kendaraan.

Baca Juga  Ukuran Momen Torsi Baut Mitsubishi Colt T120ss: 45 Ukuran

Cara Memperbaiki Kunci Stang Motor Macet

Setelah mengetahui cara mengatasi dan penyebab kunci stang motor macet maka perlu dilakukan perbaikan. Cara perbaikan tentunya berbeda-beda tergantung masalah atau faktor penyebab yang timbul.

Meskipun telah kekinian walau tehnologi telah hebat tetapi tentunya pun tidak lepas dari kerusakan yang hendak dirasakan kunci contact itu.

Terkadang kalanya terjadi persoalan yang umum terjadi yaitu pada kunci setang yang alami kemacetan. Saat shutter telah dibuka dan anak kuncinya akan ingin diputar ke status off dari lock alami kesusahan.

Untuk membuka seakan ada yang menjejal, macet saat stang pada kondisi terkunci jika sudah ini ingin bagaimana kembali coba. Akan tetapi hal itu tidak boleh cemas dan tidak boleh terlampau memusingkan.

  1. Yang pertama celup lebih dulu kunci kuntak motor itu ke minyak goreng atau pelumas catatan cuma anak kuncinya saja.
  2. Tahapan ke-2 yaitu sesudah anak kunci itu telah diolesi berbahan minyak goreng lalu saran anak kunci seringkali dan setelah itu coba putar dari status lock ke off.
  3. Cara ini lakukan dengan seringkali hingga perputaran anak kunci itu berasa enteng dan lancar saat diputar dan setang juga dapat kembali kebuka.

Kadang muncul masalah itu yaitu saat kunci macet kadang untuk pemakai motor itu memaksakan dan ujungnya alami anak kuncinya justru lebih fatal yaitu patah kunci itu, jadi jika motor anda anak kunci yang telah lama. Dan telah cedera atau baret di saat ingin buka kunci setang macet lebih bagus pakai dahulu cara di atas itu lebih bagus dan catatan jangan dipaksakan.

Supaya persoalan ini tidak ada kembali, semprot cairan anti karat WD-40 untuk merontokan kerak dan karat yang berada di dalamnya. Dan tidak dianjurkan memakai kunci motor lain untuk coba menghidupkan atau buka kunci stang, perlakuan ini malah menghancurkan contact motor yang membuat jadi kendor.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi kunci stang motor macet, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -