fungsi water pump mobil

Water Pump Adalah : Fungsi, & Cara Kerja Water Pump Mobil

Water Pump Adalah – Water pump mobil adalah salah satu sisi mesin yang memiliki fungsi penting untuk mengatur perputaran air pada radiator mobil supaya temperatur mesin selalu terlindungi.

Fungsi water pump mobil adalah untuk jaga keadaan mesin mobil supaya tidak begitu panas. Karena itu ada mekanisme pendingin mesin yang memiliki peran penting dalam jaga temperatur mesin masih tetap normal. Dalam mekanisme pendingin mesin sendiri, ada Komponen namanya water pump. Apa fungsi water pump mobil? Bagaimana cara kerja water pump mobil?

Water pump mobil adalah sebagai salah satu sisi mesin yang mempunyai peran penting. Bagaimana tidak, water pump benar-benar berperanan dalam atur perputaran air pada radiator mobil supaya temperatur mesin selalu terlindungi.

Mesin mobil cepat panas umumnya dikarenakan oleh kualitas oli yang jelek dan thermostat pada mobil yang tidak berperan dengan benar dan baik.

Sebuah mekanisme pendingin untuk mesin sebuah mobil memang seharusnya ditegaskan bekerja pada keadaan maksimal. Janganlah sampai ada permasalahan yang terjadi didalamnya. Terhitung di bagian water pump. Pada artikel ini akan diulas mengenai fungsi water pump mobil, bagian, dan cara kerja water pump mobil.

water pump adalah

Fungsi Water Pump Mobil

Tiap sisi yang ada di mesin mobil tentunya dibikin karena mempunyai fungsi tertentu, begitu halnya water pump. Water pump tentu saja mempunyai fungsi yang besar sekali untuk kendaraan Anda.

Fungsi water pump mobil adalah memompa air pada radiator agar bersirkulasi dengan baik. Dengan demikian, temperatur mesin saat bekerja akan selalu terlindungi dan tidak alami overheat.

Water pump sendiri secara umum adalah dilakukan oleh sebuah drive belt, tetapi beberapa orang ada yang mengatakan dengan fan belt. Pompa air mobil itu mempunyai sebuah puly yang disambungkan dengan drive belt memakai perputaran mesin.

Air yang telah alami proses pendinginan secara prima akan dipompa oleh water pump untuk masuk ke mesin. Proses ini akan membuat temperatur mesin masih tetap konstan hingga performa masih tetap maksimal.

Baca Juga  Alat Ukur Elektrik : 13 Jenis Dan Ulasan

Lokasi water pump sendiri adalah pada umumnya bersatu dengan block mesin dan ditempatkan pada segi depan. Lokasinya bersisihan dengan timing belt/timing chain. Dengan perannya yang penting, tentu saja dapat ada kekuatan kebocoran air saat proses penempatan. Untuk menahan ini terjadi, umumnya dibutuhkan gasket (dapat flat gasket atau liquid gasket) . Maka proses penempatan jadi lebih gampang dan tidak terjadi kebocoran air.

fungsi water pump mobil

Komponen Water Pump Mobil

Water pump mobil terbagi dalam beberapa Komponen. Beberapa komponen water pump ini mempunyai fungsi dan pekerjaan semasing. Untuk memperjelasnya berikut sebagai Komponen water pump pada kendaraan.

  1. Rotor pada komponen water pump mempunyai fungsi sebagai Komponen yang berputar-putar dan memompa air pendingin atau water coolant agar bersirkulasi ke beragam Komponen mesin lewat water jacket.
  2. Water pump bodi pada komponen water pump mempunyai fungsi sebagai silinder yang dipakai untuk mempersempit ruangan air pendingin hingga sanggup hasilkan penekanan dan water coolant bisa bersirkulasi e beragam Komponen mesin.
  3. Dudukan pulley memiliki peran untuk tempat penyangga dan penyambung water pump dengan pulley (pulley kipas pendingin pada beberapa kendaraan). Pulley ini perannya melanjutkan perputaran dari mesin ke sisi water pump hingga water pump bisa bekerja seperti mestinya.
  4. Shaft memiliki peran sebagai kutub penyambung di antara pulley dengan rotor, hingga perputaran pada pulley yang dari mesin bisa dilanjutkan ke rotor untuk memompa water coolant hingga bisa bersirkulasi pada beragam Komponen mesin lewat water jacket.
  5. Bearing sebagai salah satunya Komponen water pump yang mempunyai fungsi sebagai bantalan kutub rotor hingga gesekan bisa dikurangkan. Hal itu akan menambahkan daya pompa dari water pump hingga water coolant bisa jalan optimal untuk mendinginkan mesin kendaraan.
  6. Pelat pada komponen water pump mempunyai peran untuk menutup body water pump sehingga coolant tidak bersatu dengan oli.
  7. Seal memiliki peran sebagai perapat pada kutub rotor. Akibatnyatidak ada kebocoran yang mengakibatkan air pendingin bersatu dengan oli.
  8. Gasket sebagai salah satunya Komponen water pump yang mempunyai fungi sebagai perapat hingga water coolant tidak bersatu dengan oli.
Baca Juga  Fungsi Valve Spring Compressor Dan Cara Menggunakan

Cara Kerja Water Pump Mobil

Cara kerja water pump mobil adalah benar-benar simpel. Apabila dilihat, cara kerja water pump mobil sebetulnya sama dengan pompa air umumnya. Bedanya, cara kerja water pump mobil adalah untuk memompa cairan pendingin atau water coolant agar bersirkulasi ke beragam elemen mesin lewat water jacket.

Perputaran mesin kendaraan dilanjutkan atau disambungkan ke pulley water pump lewat V belt atau fan belt. Oleh karenanya saat mesin berputar-putar kuat pulley water pump akan berputar-putar lebih kenccang. Sementara iu kebalikannya, saat mesin berputar-putar rendah karena itu pulley water pump rendah. Ini akan memengaruhi performa dari mekanisme pendinginan supaya bekerja di saat diperlukan yakni saat mesin bertemperatur lumayan tinggi.

Perputaran pada pulley ini dilanjutkan ke kutub water pump lewat bantalan atau bearing. Kutub ini disambungkan ke rotor yang mempunyai vane. Vane ini yang bakal menggerakkan dan memompa cairan pendingin atau water pump. Air pendingin atau water coolant yang masuk lewat aliran inlet akan dipompa oleh vane rotor dan dikeluarkan lewat toko hingga bisa bersirkulasi ke beragam elemen mesin.

Saluran water coolant atau air pendingin ini lewat aliran water jacket yang berada di beragam elemen mesin. Air pendingin atau water coolant ini akan ambil panas yang dibuat mesin karena gerakan dan gesekan beragam elemen mesin. Air pendingin ini bersirkulasi secara terus-terusan dengan kontribusi water pump.

Dengan ulasan diatas, maka water pump mobil adalah komponen yang berperan penting pada sistem pendinginan. Semoga ulasan terkait fungsi water pump mobil, dan cara kerja water pump mobil diatas dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion