Gambar Proyeksi Amerika : Pengertian, Ciri, Dan Contohnya

contoh proyeksi amerika

Proyeksi Amerika – Apabila menggambar proyeksi orthogonal maka tentu akan menggambar juga terkait proyeksi amerika. Proyeksi amerika dipakai untuk mengambarkan objek atau benda lewat beberapa penglihatan. Lalu apa sebenarnya gambar proyeksi amerika? Apa saja ciri cirinya dan bagaimana cara membuatnya?

Pada gambar tehnik sering kali menemukan penggunaan proyeksi amerika. Didalamnya terdapat bermacam hal berkenaan proyeksi amerika dimulai dari pengertian, ciri-ciri, dan contoh proyeksi amerika. Segala hal berkaitan proyeksi amerika itu akan diulas pada artikel di bawah ini.

Pengertian Proyeksi Amerika

Proyeksi Amerika ialah gambar proyeksi yang peletakan sektornya sesuai arah penglihatannya yakni penglihatan kanan diletakkan di sisi kanan penglihatan intinya atau penglihatan atas yang diletakkan di atas penglihatan intinya. Penglihatan khusus yang diartikan ialah penglihatan depan. Proyeksi Amerika disebutkan sebagai proyeksi kuadran III (ke-3 ) atau dengan bahasa inggris disebutkan Third Angel Projection. Proyeksi Amerika dikatakan sebagai proyeksi kuadran ke-3 karena penglihatan intinya diletakkan di kuadran ke-3 .

Pada proyeksi amerika, benda atau objek yang dilukis seakan-akan ditempatkan di dalam sebuah peti dan segi sisi yang tembus pandang sebagai sektor proyeksi. Pada setiap sektor proyeksi akan terlihat gambar penglihatan dari benda menurut arah pandangan dan ditetapkan oleh anak panah.

Penglihatan depan dalam arah A diputuskan sebagai penglihatan depan. Penglihatan penglihatan lainnya diprediksikan menurut sektor proyeksi. Dengan demikian akan didapat beberapa penglihatan menurut objek sesuai arah pandang kita seperti penglihatan depan, penglihatan atas, penglihatan samping kiri, penglihatan samping kanan, penglihatan bawah dan penglihatan belakang. Gambar bisa disaksikan pada arah penglihatan.

Baca Juga  Fungsi Regulator Pada Sistem Pengisian: 5 Fungsi & Ulasan

Pada tiap penglihatan pada proyeksi amerika ditempatkan secara berurut. Dimulai dari tengah sebagai dasar ialah penglihatan depan, sisi atas penglihatan atas, sisi kiri penglihatan samping kiri, sisi kanan penglihatan samping kanan, sisi bawah penglihatan bawah, dan sisi belakang penglihatan belakang. Walau tidak selama-lamanya pada proyeksi amerika dilukis secara utuh dari semua segi.

Tiap penglihatan pada proyeksi amerika akan memberi info detil berkenaan wujud ukuran, dan lain-lain dari sebuah objek yang dilukis. Dengan demikian info pada gambar tehnik akan bisa lebih cepat tersampaikan.

gambar proyeksi amerika

Ciri Proyeksi Amerika

Ada banyak ciri ciri-ciri yang mengisyaratkan proyeksi amerika atau mungkin tidak. Agar semakin terangnya berkenaan ciri ciri-ciri proyeksi amerika sebagai berikut ini:

1. Kuadran

Salah satunya ciri ciri-ciri proyeksi amerika ialah letak kudrannya. Pada proyeksi ini berada pada kuadran III. Karena itu proyeksi amerika kerap disebutkan dengan proyeksi pojok III atau proyeksi kuadran III.

2. Arah Pandangan

Dari arah penglihatannya, proyeksi amerika mempunyai arah penglihatan yang serupa dengan letak sektornya. Proyeksi ini sama dengan cermin. Saat kita mengusung tangan kanan karena itu pada gambar akan terlihat tangan kanan. Kebalikannya saat mengusung tangan kiri karena itu pada gambar akan terlihat tangan kiri. Maknanya penglihatan sesuai yang terlihat pada sektor proyeksi.

ciri proyeksi amerika

3. Lambang

Salah satunya ciri proyeksi amerika ialah lambang. Lambang proyeksi amerika adalah kebalikan dari proyeksi eropa.

Baca Juga  Fungsi Stator Coil , Bagian, & Jenisnya

Cara Membuat Gambar Proyeksi Amerika

Dalam proses pembuatan gambar proyeksi amerika diperluka perhatian terhadap arah pandangannya. Hal ini disesuaikan dengan ciri dari jenis proyeksi ini. Cara membuat proyeksi amerika yaitu:

cara membuat proyeksi amerika

a : penglihatan depan

b : penglihatan atas

c : penglihatan kiri

d : penglihatan kanan

e : penglihatan bawah

f : penglihatan belakang

Keuntungan Proyeksi Amerika

Keuntungan dari penggunaan proyeksi amerika pada gambar teknik diantaranya yaitu:

  1. Bentuk benda bisa langsung dibayangkan
  2. Hubungan gambar yang satu dengan gambar yang lainnya dekat sehingga mudah dalam pembacaan.
  3. Mudah untuk memberikan ukuran karena arah pandangan yang berdekatan
  4. Mudah memberi pandangan tambahan atau pandangan setempat

Contoh Proyeksi Amerika

Agar semakin terangnya berkenaan proyeksi amerika, berikut sebagai beberapa contoh gambar proyeksi amerika.

1. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 1

contoh proyeksi amerika

2. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 2

contoh proyeksi amerika

3. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 3

contoh proyeksi amerika

Di atas sebagai ulasan berkenaan proyeksi amerika dimulai dari pengertian proyeksi amerika, ciri ciri-ciri proyeksi amerika, dan contoh proyeksi amerika. Mudah-mudahan menambahkan wacana dan pengetahuan.