cara kerja katup pcv

Fungsi PCV Valve (Positive Crankcase Ventilation), Komponen, & Cara Kerja

Fungsi PCV Valve (Positive Crankcase Ventilation) – Didalam kendaraan terbaru terdapat teknologi yang bernama PCV atau positive crankcase ventilation. PCV valve ini berguna untuk mengembalikan gas yang masuk ke dalam crankcase ke ruang bakar. Lalu apa fungsi PCV valve dan bagaimana cara kerjanya?

Dalam ruangan bakar mesin terjadi proses pembakaran kombinasi udara dan bahan bakar untuk gerakkan mesin. Dalam proses pembakaran itu, tidak seluruhnya kombinasi udara dan bahan bakar yang terbakar keluar lewat katup / klep buang (exhaust valve).

Ada beberapa gas tersisa pembakaran dan uap oli yang menyelusup, gas itu disebutkan blow-by gas. Pada kendaraan lama blow-by gas ini dibuang ke udara bebas supaya tidak ada kelebihan penekanan pada ruangan blok mesin.

Tapi, blow-by gas ini ialah polutan yang beracun dan beresiko karena memiliki kandungan hidrokarbon yang tidak terbakar dan uap oli. Karena itu pada kendaraan baru seperti saat ini dipakailah mekanisme PCV (Positive Crankcase Ventilation) Valve. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi pcv valve dan cara kerjanya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi PCV valve

Fungsi PCV Valve

PCV merupakan kepanjangan dari positive crankcase ventilation. Mekanisme PCV sebagai salah satunya komponen dalam mekanisme kontrol emisi mobil.

Mekanisme PCV bermanfaat untuk salurkan gas yang tidak terbakar proses dari blow-by kembali ke silinder mesin supaya bisa dibakar kembali. Blow-by ialah proses bocornya gas dari silinder melalui ring piston karena penekanan proses pembakaran ke ruangan crankcase.

Baca Juga  Komponen Sistem Penerangan : Fungsi Dan 10 Komponen

Didalam crankcase terdapat 70% sampai 80% blow-by gas atau gas yang tidak terbakar (HC). Sedang yang lain terdiri 20% sampai 30% yang merupakan hasil tambahan dari pembakaran (uap air dan bermacam tipe asam).

Tanpa perputaran, penekanan gas yang terkumpul karena blow-by pada crankcase bisa mengakibatkan oli mesin merembes melalui seal dan gasket, hingga terjadi kebocoran oli. Disamping itu, gas itu dapat mengontaminasi oli mesin dengan uap air dan bahan bakar, hingga bisa membuat lumpur (sludge). Katup PCV berarti memiliki peran untuk menyalurkan gas itu dari crankcase ke intake manifold untuk seterusnya diteruskan kembali ke silinder.

Komponen PCV Valve

Komponen pada mekanisme PCV atau Positif Crankcase ventilation terbagi dalam slang-slang udara. PCV valve atau klep pcv atau juga dikenal dengan katup pcv.

Pada mekanisme pcv pada mesin 1nz-fe terbagi dalam slang dari penyaring udara ke arah cover silinder head. PCV melekat pada cover silinder head yang disambungkan dengan selang ke arah intake camber atau intake manifold.

Pcv valve yang tertanam pada blok mesin mirip contoh pada honda Jazz, yang berada di bawah intake manifold dekat dinamo starter.

Cara kerja PCV Valve (Positive Crankcase Ventilation)

PCV valve atau positive crankcase ventilation ialah sebuah katup satu arah atau one-way valve yang digunakan untuk menyalurkan udara dari blok mesin atau ruangan engkol ke intake manifold.

Pada PCV valve terbagi dalam pegas dan klep atau valve untuk mengendalikan saluran udara yang ditaruh di dalam plastik atau logam, karenanya kita akan mendapati pcv valve dengan bahan logam maupun berbahan plastik.

Baca Juga  Sistem Pengisian : Pengertian, Komponen, & Cara Kerja

Pada konsepnya mekanisme kerja pcv valve dikuasai oleh kemampuan pegas, penekanan gas di ruangan engkol/crankcase dan kevakuuman pada intake manifold yang memengaruhi besarnya saluran udara (air flow) melalui pcv valve.

cara kerja katup pcv

Mekanisme kerja pcv valve dipisah jadi beberapa keadaan, yakni:

1. Cara kerja PCV valve Saat Mesin Mati

Saat mesin mati ataupun waktu terjadi backfiring ataupun waktu ledakan mesin balik ke intake manifol, karena itu katup pcv akan tutup.

2. Cara kerja katup pcv saat mesin Posisi Idle

Saat mesin idle atau stasioner karena kevakuman yang besar terjadi di intake manifold karena itu valve akan ketarik semakin banyak dan klep sedikit tutup aliran udara yang mengucur.

3. Cara kerja pcv valve saat mesin bekerja normal.

Saat mesin bekerja normal aliran udara yang terbuka pada pcv valve semakin banyak sedikit dari saat mesin sedang idle.

4. Cara kerja pcv valve saat akselerasi ataupun waktu beban optimal mesin.

Saat mesin akselerasi atau beban optimal, kevakuman pada intake manifold menyusut membuat tarikan yang terjadi pada valve menyusut hingga aliran udara yang terbuka semakin banyak.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi katup PCV atau positive crankcase ventilation, komponen, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion