Komponen Transmisi Yang Berhubungan Dengan Propeller Shaft Mobil

Komponen Transmisi Yang Berhubungan Dengan Propeller Shaft Mobil Adalah – Dalam penggunaannya terdapat berbagai bagian mesin mobil, salah satunya adalah transmisi dan propeller shaft. Diantara kedua komponen transmisi dan propeller shaft yang saling berhubungan adalah melalui bagian bagian didalamnya.

Untuk lebih jelasnya terkait komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft mobil adalah apa saja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft adalah

Komponen Transmisi Yang Berhubungan Dengan Propeller Shaft Adalah?

Terkadang timbul pertanyaan komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft adalah apa? Propeller shaft, atau yang juga disebut dengan driveshaft, adalah sebuah komponen transmisi yang terhubung dengan transmission (transmisi) dan differential (diferensial) pada mobil. Fungsinya adalah untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda-roda kendaraan. Berikut ini adalah beberapa bagian transmisi yang terhubung dengan poros propeller:

Transmission (transmisi) adalah sebuah sistem yang mengubah tenaga dari mesin ke roda-roda kendaraan. Transmission terdiri dari beberapa komponen seperti gears (gigi), gearsets (set gigi), dan clutch (kopling). Propeller shaft terhubung dengan transmission melalui sebuah flywheel (roda terbang) yang terletak di belakang mesin.

Differential (diferensial) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga dari transmission ke roda-roda kendaraan. Differential terdiri dari beberapa komponen seperti gears (gigi), gearsets (set gigi), dan bevel gears (gigi miring). Propeller shaft terhubung dengan differential melalui sebuah ujung universal (universal joint) yang terletak di sisi belakang kendaraan.

Baca Juga  Komponen Distributor : 9 Bagian Dan Ulasannya

Ujung universal (universal joint) adalah sebuah roda yang terhubung dengan propeller shaft dan bisa menggerakkan roda dengan cara berputar. Ujung universal terdiri dari beberapa komponen seperti ball bearings (bantalan bola), yoke (tongkat), dan cross (silang). Bagian ini terletak di sisi belakang kendaraan dan berfungsi untuk mengizinkan pergerakan vertikal pada kendaraan. Dengan kata lain bagian transmisi yaitu output shaft merupakan bagian yang terhubung pada propeller shaft melalui universal joint.

Komponen Lain Propeller Shaft

Komponen-komponen yang terkait dengan propeller shaft antara lain:

  1. Universal joint (ujung universal) adalah sebuah roda yang terhubung dengan propeller shaft.
  2. Slip yoke (tongkat geser) adalah sebuah komponen yang terhubung dengan propeller shaft dan differential, yang berfungsi untuk mengizinkan pergerakan vertikal pada kendaraan.
  3. Propeller shaft support (pendukung propeller shaft) adalah sebuah komponen yang terhubung dengan propeller shaft. Bagian ini berfungsi untuk mendukung agar propeller shaft tidak terlalu banyak terjepit atau tertekan.
  4. Propeller shaft balance (keseimbangan propeller shaft) adalah sebuah komponen yang terhubung dengan propeller shaft dan berfungsi untuk menstabilkan propeller shaft agar tidak terlalu banyak terjepit atau tertekan.
  5. Center bearing (bearing tengah propeller shaft) adalah sebuah komponen yang terhubung dengan propeller shaft dan berfungsi untuk menstabilkan propeller shaft agar tidak terlalu banyak terjepit atau tertekan.

Diatas adalah ulasan terkait komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Fungsi Switch Kopling Pada Motor: Peran Dan Cara Kerja