Fungsi Pitman Arm Sistem Kemudi: Fungsi Dan Ulasannya

Fungsi Pitman Arm – Sistem setir kendaraan niaga sedikit berlainan karena letak mesin yang ada di bawah jok. Maka dari itu perlu tambahan beberapa elemen seperti pitman arm dan drag link. Lantas apa fungsi pitman arm?

Pitman arm sebagai segi yang cukup penting dalam steering kendaraan lama atau truk berat. Dengan adanya bagian ini bisa membantu setir mobil berperanan sama seperti yang sudah kita ketahui. Maka dari itu fungsi pitman arm penting.

Proses kemudi atau Steering mekanisme berperanan untuk mengatur arah kendaraan sesuai sama kehendak pengemudi. Umumnya yang dikendalikan adalah kedua roda depan, walaupun sekarang ini telah dikembangkan dengan proses penataan ke-4 roda.

Walaupun demikian, kendaraan harus dapat dikendalikan dengan gampang agar roda tidak terikut saat kendaraan sedang berbelok. Untuk memperjelas berkaitan fungsi pitman arm pada mekanisme setir kendaraan akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi pitman arm

Fungsi Pitman Arm

Pitman arm digunakan pada steering gear box yang menggunakana type recirculating ball and nut sama dalam kendaraan ST 100 atau SJ 410. Fungsi pitman arm ini adalah untuk menghubungkan gerakan sector shaft ke darg link. Gerakan sector shaft berwujud gerakan putar dari drag link jadi gerakan aksial.

Pitman arm adalah ikatan transfer kotak kemudi pada mekanisme kemudi kendaraan type Pitman. Sisi ini sebagai elemen pertama dari hubungan perputaran sudut yang mentransfer input box kemudi ke track rod. Peran pitman arm Ini akan gerakkan tie rod kiri dan kanan dan rodanya masing-masing.

Baca Juga  Etiket Gambar Teknik : Pengertian, & Cara Membuat

Dua ikatan lainnya adalah idler arm yang dipasang pada ujung track rod sebagai stabilizer. Berdasar fungsi dari pitman arm di atas sebagai bagian penting dari sistem kemudi kendaraan. Apabila alami keausan atau rusak, dapat menyebabkan kehilangan kendali kemudi yang berpotensi munculkan kecelakaan.

Proses kemudi Pitman paling sering ditemukan pada kendaraan tua dan truk berat. Sebagian besar model yang lebih baru hadirkan jenis proses kemudi tipe rack dan pinion. Proses Pitman cukup kuat dan dapat diandalkan bila dipelihara secara betul. Proses ini biasanya terdiri dari batang yang jalan dari roda kemudi, melalui firewall depan, dan ke kompartemen mesin.

Pitman arm akan masuk kotak kemudi di mana sumbu gerakannya diputar pada 90 derajat untuk gerakkan kutub transfer pendek melalui pengaturan roda gigi cacing, mur, atau roller.

Gejala Pitman Arm yang Buruk

Sesudah ketahui fungsi dari pitman arm, karena itu penting agar pitman arm ada di kondisi yang baik. Saksikan beberapa gejala yang bisa memberi kondisi pitman arm yang buruk atau mungkin tidak sukses berikut ini.

1. Kemudi yang Buruk

Jika Anda terasa kemudi memiliki peristiwa, seperti roda berputar lebih dari yang seharusnya sebelum setir bergerak, karenanya kesempatan pitman arm Anda perlu untuk disaksikan.

2. Setir narik (bergerak sendiri)

Apa kendaraan Anda tiba-tiba bergerak sendirinya ke satu segi? Pitman arm yang buruk atau rusak dapat menyebabkan kendaraan tidak memberikan tanggapan dengan tepat saat Anda memutar setir. Sampai kendaraan dapat bergerak sendirinya ke yang tidak diharap.

Baca Juga  Governor Sentrifugal Pada Pompa Injeksi: Fungsi Dan Cara Kerja

3. Ketidakmampuan Untuk Menyetir

Saat Pitman arm benar-benar gagal, Anda akan kehilangan semua kemudi di kendaraan. Pitman arm harus diganti sebelum persoalan sampai di titik ini. Ini adalah kondisi yang berefek, karena itu jika Anda melihat satu diantaranya gejala di atas, karenanya benar-benar harus kontrol ini.

Di atas adalah pembahasan dari fungsi pitman arm pada mekanisme setir kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.