Fungsi Dari Kumparan Primer Pada Coil Adalah: Peran & Ciri

Fungsi Dari Kumparan Primer Pada Coil Adalah – Dalam sistem pengapian terdapat beberapa bagian, salah satunya kumparan primer pada ignition coil. Lalu apa fungsi dari kumparan primer pada koil adalah?

Mekanisme pengapian sebagai salah satunya mekanisme kelistrikan mesin kendaraan. Tanpa mekanisme pengapian, tidak mungkin kendaraan bermotor bensin bisa berpijar.

Karena sama seperti yang telah kita kenali jika proses pembakaran pada motor pembakaran bisa terjadi jika sudah tercukupi syarat-syarat yaitu ada kombinasi bahan bakar dan udara yang sama sesuai, ada recikkan bunga api yang kuat dan pas dan ada penekanan kompresi yang tepat.

Ignition coil atau kumparan pengapian adalah elemen yang berfungsi meningkatkan tegangan battery dari 12 volt jadi beberapa ribu kilo volt lewat proses induksi elektromagnetik. Pada mesin dengan bahan bakar bensin, kehadiran ignition coil penting dalam menolong mekanisme pengapian mobil. Ingat mesin bensin memerlukan recikan api dari busi supaya mesin dapat hidup dan bekerja secara normal.

Dalam ignition coil ada 2 buah kumparan, yaitu kumparan primer dan sekunder. Ke-2 kumparan ini diatur sebegitu rupa, hingga bisa meningkatkan tegangan battery lewat induksi elektromagnetik atau magnet listrik.

Tanpa adanya kumparan ini maka proses pembakaran tentu akan terganggu. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dari kumparan primer pada coil adalah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Baca Juga  Fungsi Output Shaft Transmisi, Letak, Dan Cara Kerja
fungsi dari kumparan primer pada coil adalah

Fungsi Dari Kumparan Primer Pada Coil Adalah

Terdapat elemen dari mekanisme pengapian kendaraan yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan rendah dari battery yaitu 12 volt jadi tegangan tinggi yaitu sekitaran 20.000 volt sampai 30.000 volt yang nanti diteruskan ke busi untuk memercikkan bunga api adalah elemen koil pengapian (ignition coil).

Komponen tersebut adalah koil pengapian atau ignition coil. Dalam koil pengapian ada 2 buah kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder koil pengapian. Untuk kali ini akan dibahas terkait fungsi kumparan primer sebagai berikut:

Fungsi dari kumparan primer pada koil adalah membangkitkan medan magnet untuk proses induksi. Medan magnet bisa dibangkitkan oleh kumparan saat kumparan saat dialiri arus listrik dan supaya medan magnet yang dibangkitkan dapat besar karena itu dalam kumparan ada inti besi.

Kumparan primer dalam ignition coil berbentuk gulungan kawat tembaga sama ukuran diameter kawat kira-kira 0,5 milimeter (mm)-1,0 mm. Dan jumlah gulungan dalam kumparan primer ini umumnya sekitar antara 150 – 300 kali gulungan.

Pada kumparan primer ada tiga titik lajur jalinan, yaitu ke accu lewat primary terminal positif, lalu berlanjut ke kumparan sekunder, dan ke arah kontak poin (platina) lewat primary terminal negatif.

Ciri Kumparan Primer Pada Coil

Kumparan primer dalam koil pengapian menyambungkan di antara terminal positif koil dengan terminal negatif koil. Beberapa ciri kumparan primer :

Baca Juga  Fungsi Oil Seal Puller Dan Cara Menggunakan

Kumparan primer berfungsi menghidupkan medan magnet

Luas penampang kawatnya semakin besar dibanding dengan luas penampang kumparan sekunder

Jumlah lilitan kawatnya semakin sedikit daripada kumparan sekunder yaitu jumlah belitannya sekitaran 400 lilitan

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dari kumparan primer pada coil dan ciri cirinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -