Cara Mengatasi Rem Cakram Seret: 3 Prosedur & Ulasan

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret – Terdapat beberapa kerusakan pada rem cakram salah satunya seret. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu bagaimana cara mengatasi rem cakram seret?

Sistem rem cakram pada sepeda motor punyai permasalahan yang seringkali dijumpai, yakni kurang lancar atau macet saat dioperasionalkan. Ingat rem adalah bagian utama untuk keselamatan, permasalahan ini perlu direspon serius karena bisa menyusahkan atau beresiko saat melancong.

Pertanda rem macet umumnya roda tidak dapat kembali berputar-putar lancar walau tuas rem telah dilepaskan. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi rem cakram seret dan penyebab nya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi rem cakram seret

Penyebab Rem Cakram Seret

Banyak peristiwa kecelakaan yang terjadi yang dikarenakan oleh rem motor tidak berperanan. Ini karena beragam persoalan pada sistem rem cakram.

Roda tidak bisa kembali berputar walaupun tuas rem sudah dilepaskan. Ini karena kampas rem masih tetap melekat pada bagian roda, sampai roda tidak bisa berputar. Selain itu kendaraan jadi terasa berat saat jalan atau didorong.

Penyebab rem macet ini ada beberapa tipe. Penyebab umum yang biasa terjadi adalah karena kotoran yang melekat pada rem, sampai menyebabkan rem tidak berperanan dengan maksimal. Berikut penyebab rem cakram seret yakni:

1. Kotoran

Kotoran sebagai penyebab khusus dari rem yang macet atau seret. Hal ini biasanya tiba dari debu yang masuk dan pada akhirannya melekat pada bagian piringan rem.

Bila debu ini tidak segera dibersihkan, karena itu mengakibatkan rem cakram jadi seret dan lama-lama bisa menyebabkan rem macet.

Baca Juga  Ciri Ciri Solenoid Matic Rusak: 4 Gejala Dan Ulasan

2. Karat

Nyaris sama dengan debu dan kotoran, karat biasanya berada di sisi piringan rem. Karena yang disebabkan sama, rem motor jadi seret, dan pada akhirannya akan macet.

3. Kampas Rem

Kampas rem sebagai bagian luar dari rem. Bagian ini kelak yang akan menempel langsung pada roda kendaraan saat tuas rem diambil. Arah dari penggunaan kampas rem adalah untuk menghindari gesekan langsung antara piringan cakram dan segi roda kendaraan.

Karena bergesekan langsung dengan segi roda, kampas rem akan aus dan habis. Menyebabkan rem tidak berperanan sempurna, dan akan munculkan suara berdecit ketika tuas rem diambil. Di saat itu, kampas rem harus diganti sama dengan yang baru untuk menghindari keadaan rem blong.

Rem macet juga bisa dikarenakan oleh kampas rem yang baru dipasang. Penyebab lainnya adalah peletakan kampas rem yang tidak pas dan bisa juga suku cadang tidak asli. Oleh karena itu, peletakan kampas rem atau rem dikerjakan oleh pakarnya di bengkel, untuk menghindari banyak hal yang tidak diharapkan.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret

Setelah mengetahui penyebab rem cakram seret maka perlu diketahui pula cara mengatasinya. Cara mengatasi rem cakram motor yang seret, sebetulnya tidak begitu susah. Tapi memang dibutuhkan kecermatan dan kesabaran, karena ada banyak sisi yang perlu dibuka dan dilepaskan.

Alat yang dipakai untuk bersihkan gampang didapat. Hanya memakai sabun cair, sikat gigi, dan pelumas. Tapi untuk bersihkan rem yang macet, seharusnya dijumpai lebih dulu pemicunya. Dengan demikian, pembersihan dan pengatasannya dapat semakin tepat. Cara mengatasi rem cakram seret yaitu:

Baca Juga  Rem Cakram Seret : 3 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

1. Rem Macet Karena Kotoran

Rem cakram seret yang dikarenakan oleh debu atau kotoran, cara mengatasi nya adalah dengan bersihkan kotoran itu. Kotoran umumnya melekat pada master rem motor, karena itu sisi itu yang perlu dibikin bersih. Cara membersihkan adalah:

  • Membuka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Terlepas kaliper itu.
  • Semprot sisi sela piston kecil dan komet master rem sampai bersih. Untuk menyemprotkan dapat dengan memakai kombinasi sabun dan air bersihkan piring cair.
  • Pasang lagi kaliper seperti sebelumnya. Yakinkan kaliper dipasang pada status yang pas

2. Rem seret karena karat

Untuk cara mengatasi rem cakram seret karena karat, tentu saja adalah dengan bersihkan karat itu. Penyebab munculnya karat piringan rem pada kondisi basah terus-terusan tanpa pernah dibikin bersih. Cara mengatasi rem cakram seret karena karat adalah seperti berikut

  • Membuka kaliper pada piringan cakram. Sesudah terlepas, membersihkan karat sampai piringan bersih.
  • Sesudah karat hiang, oleskan piringan cakram dengan memakai grease atau gendut. Lantas balikkan kaliper pada tempat awal secara benar.

3. Rem seret karena kampas habis atau salah penempatan

Untuk cara mengatasi rem cakram seret karena kampas rem habis atau salah penempatan, salah satu jalan adalah dengan bawa ke pakarnya yakni bengkel. Kampas rem yang habis ditukar sama yang baru. Untuk penempatannya seharusnya dilaksanakan di bengkel.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki rem cakram seret dan penyebab nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.