pengertian gardan

Pengertian Gardan (Differential) & Fungsinya

Pengertian Dan Fungsi Gardan – Differential atau gardan adalah elemen terpenting yang ada di kendaraan motor terutamanya kendaraan roda empat. Lalu apa sih sebenarnya pengertian gardan? Apa saja fungsi gardan?

Gardan atau differential ini adalah elemen yang terhitung bagian dari mekanisme pendorong kendaraan sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan. Fungsi khusus dari gardan ini untuk melanjutkan tenaga putar yang dibuat oleh mesin mobil ke arah roda. Tenaga putar ini awalnya tenaga putar ini disambungkan ke mekanisme kopling – transmisi – tangkai propeller dan setelah itu gardan.

Oleh karena itu tanpa adanya gardan maka kendaraan tidak dapat bergerak. Untuk lebih jelasnya terkait pengertian gardan dan fungsi gardan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

pengertian gardan

Pengertian gardan / differential

Pengertian gardan dapat diambil dari bahasa inggris “differential” yang mempunyai makna “beda”. Jadi makna dari gardan ini lebih kurang ialah elemen yang berperan sebagai “pembanding”. Khusus di dunia otomotif, pembanding yang diartikan di sini untuk membandingkan pergerakan putar di antara poros roda ban kiri dan kanan kendaraan saat belok.

Differential atau kerap dikenali bernama gardan ialah elemen pada mobil yang berperan untuk melanjutkan tenaga mesin ke poros roda. Tenaga ini awalnya melalui transmisi dan propeller shaft. Untuk sekedar mengingat jika perputaran roda semua berawal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruangan bakar. Proses pembakaran yang selanjutnya akan gerakkan piston untuk bergerak turun naik. Lantas gerak turun naik piston ini akan dilanjutkan untuk memutar poros engkol.

Baca Juga  Pengertian Sistem Starter : Jenis, Komponen, & Cara Kerja

Gerak putar poros engkol pada mesin ini akan dilanjutkan untuk memutar flywheel. Perputaran flywheel akan dilanjutkan untuk memutar kopling. Selanjutnya dilanjutkan untuk memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan melanjutkan perputaran ini ke as roda sesuai beban dari kendaraan dan as roda akan memutar roda. Akibatnya kendaraan bisa berjalan. Jadi bisa Anda ingatlah kembali posisi peralihan tenaga dan perputaran dari mesin sampai ke roda , hingga kendaraan atau mobil bisa berjalan.

Fungsi Gardan atau Differential

Selain itu rupanya gardan mempunyai fungsi yang lain mungkin masih jarang-jarang orang yang mengetahui. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa fungsi gardan yang banyak digunakan pada kendaraan.

1. Gardan sebagai pembanding perputaran kutub roda di antara kiri dan kanan

Fungsi gardan atau differential ini sebagai pembanding gerak putar di antara kutub atau as roda sisi kiri dan sisi kanan kendaraan. Adanya ketidaksamaan putar berikut radius belok mobil jadi lebih pendek hingga mobil tak perlu berputar-putar lebih jauh saat belok full. Selain mempermudah mobil di saat belok, adanya ketidaksamaan perputaran di antara roda kiri dan kanan mobil membuat salah satu roda tidak mengalami slip. Slip ini dapat mempercepat keausan dan kerusakan ban.

2. Gardan sebagai penerus tenaga putar mesin ke arah kutub pendorong

Selain fungsi sebagai pembanding gerak di antara kutub roda sisi kiri dan kanan, gardan mempunyai fungsi yang lain yaitu sebagai penerus tenaga putar yang dibuat oleh mesin ke arah kutub roda pendorong. Dalam masalah ini ialah ban kendaraan.

Baca Juga  Kegunaan Reservoir Tank Adalah : Fungsi & Cara Kerja

3. Gardan mengganti arah putar sebesar 90 derajat

Fungsi lain dari adanya gardan pada kendaraan ini, karena itu tenaga putar yang sebelumnya lurus yang berasal dari mesin – transmisi – kopling akan diganti menjadi sebesar 90 derajat hingga bisa memutar kutub roda pendorong. Coba pikirkan tanpa gardan ini, kemungkinan mobil jalannya tak lagi kedepan atau kebelakang tetapi menyamping ke kiri atau kekanan.

4. Tingkatkan tenaga putar

Selain itu fungsi gardan ini maka tenaga putar yang dibuat oleh mesin dapat dinaikkan semakin besar kembali dan seterusnya tenaga ini akan diteruskan ke poros roda pendorong. Ini dapat dilihat di mana gigi pinion gear yang ukuran kecil ini memutar ring gear yang ukuran semakin besar.

Diatas adalah ulasan terkait pengertian gardan dan fungsi  gardan yang banyak ditemukan pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion