Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil: 3 Prosedur & Reset

Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil – Saat mobil mempunyai rem ABS, pada ada lampu khusus pada bagian panel indikator. Tetapi rupanya ada permasalahan yang dapat ada saat lampu ABS menyala. Sebetulnya bagaimana cara mematikan lampu ABS pada mobil?

Tehnologi ABS benar-benar bermanfaat untuk jaga sistem pengereman supaya tidak terkunci saat mengerem secara tiba-tiba. Tentu saja saat ban terkunci, karena itu mobil dapat kehilangan kendalian. Bahaya berikut yang dijauhi karena rem ABS.

Saat rem ABS bekerja, karena itu lampu khusus yang berada di panel indikator akan menyala. Tetapi saat lampu indikator ABS menyala secara terus-terusan, maka bisa jadi ada permasalahan lain. Untuk lebih jelasnya terkait cara mematikan lampu ABS pada mobil, penyebab, dan cara reset akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mematikan lampu abs pada mobil

Penyebab Lampu ABS Menyala

Tidak ada yang akan kaget jika unit ABS semacam itu kadang rusak. Untungnya, permasalahan dengan sistem ABS gampang dikenal, karena sebagian besar kasus lampu ABS akan menyala di dashboard.

Tetapi, ada tanda-tanda lain yang memperlihatkan jika sistem ABS hancur. Lihat, misalkan, pedal rem yang terus-terusan membentak saat pengereman atau rem yang terus mengerem. Bahkan juga dapat terjadi sistem tambahan seperti ESP, ASR atau PSM mati keseluruhan.

Permasalahan umum dari ABS yang hancur bisa mempunyai beberapa penyebab. Ada banyak penyebab lampu ABS menyala secara terus-terusan. Diawali dari:

  1. Minyak rem mobil menyusut atau rendah.
  2. Unit kontrol alami permasalahan
  3. Pengujian di bagian bohlam standard
  4. Speed sensor memiliki masalah
  5. Permasalahan kabel dalam sistem mesin
  6. Kerusakan atau ketidakberhasilan dalam pemompaan
  7. Kerusakan di bagian solenoid

Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Terdapat beberapa cara mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala secara terus-terusan. Berikut cara mematikan lampu ABS pada mobil yaitu:

1. Check Sensor Lampu ABS

Cara pertama untuk mematikan lampu ABS mobil, Anda dapat memeriksa sisi sensor lampu sistem ABS. Di mana letak dari sensor ABS? Sebetulnya ada di sisi roda dari kendaraan motor. Anda dapat memeriksa kabel yang dekat sama roda depan. Apa kabel itu mempunyai permukaan yang hancur atau mungkin tidak.

Baca Juga  Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup: Tips Trik Lengkap

Permasalahannya adalah kerja sensor mengetahui saat brake pads mulai tipis. Jadi permukaan minyak rem akan turun dengan automatis. Berikut yang membuat lampu ABS jadi menyala.

2. Membersihkan Throttle Bodi

Cara ke-2 mematikan lampu ABS mobil adalah bersihkan throttle bodi. Anda dapat buka selang aliran udara yang ke arah sisi mesin mobil. Beri semprotan pencuci yang telah banyak terjual di toko onderdil mobil. Ingat, pencuci yang digunakan memang khusus untuk masalah mobil, bukan pencuci perlengkapan atau yang lain.

Imbas pertama yang berasa sesudah memberi semprotan pencuci adalah mesin jadi batuk-batuk. Tetapi peristiwa ini tidak berjalan lama. Bila mesin telah normal, karena itu saluran udara yang ada dalam throttle bodi jadi bersih.

3. Membawa ke Bengkel

Bagaimana bila masih tetap menyala? Cara paling akhir untuk mematikan lampu ABS pada mobil yang dapat Anda kerjakan untuk menangani permasalahan ini adalah bawa mobil ke bengkel.

Cara Reset Lampu Indikator ABS Pada Mobil

Setelah tahu bagaimana cara mematikan lampu ABS pada mobil maka perlu juga diketahui bagaimana cara resetnya. Terdapat beberapa cara untuk reset lampu indikator ABS pada mobil diantaranya yaitu:

1. Dengan Memakai Honda PGM Tester atau Scan Tool

Cara reset lampu indikator ABS pada mobil yang pertama yaitu menggunakan scan tool:

  • Kunci contact status Off, sambungkan scan tool ke 16 Pin DLC connetor yang umumnya berada di bawah dasbor disamping sopir.
  • Putar kunci contact ON dan Hapus DTC ABS sesuai scan tool yang dipakai, manualnya sama sesuai scan tool yang digunakan.

2. Sistem SCS short konektor ( Terkecuali Mode KH, KD dan KK)

Cara kedua ketika reset lampu indikator abs mobil yaitu dengan sistem SCS yaitu:
  • Putar Kunci Contact OfF, sambungkan SCS Short Konektor (2pin) dibwah dasbor segi sopir.
  • Pijak atau pencet pedal Rem kuat-kuat, karena rem berasa keras saat diinjak waktu mesin mati.
  • Putar kunci contact ON, sekalian masih tetap mencapai pedal Rem.
  • Sesudah indikator ABS mati, bebaskan pedal rem.
  • Indikator ABS akan menyala kembali, Sesudah Indikator ABS menyala kembali Pijak pedal Rem kuat-kuat.
  • Sesudah lampu indikator ABS mati, bebaskan pedal rem.
Baca Juga  Penyebab Piringan Cakram Panas : 4 Penyebab & Ulasannya

3. Sistem DLC terminal Box ( terkecuali mode KH,KD,KK)

Cara ketiga untuk reset lampu indikator ABS pada mobil yaitu dengan sistem DLC:
  • Putar kunci contact status OFF, sambungkan DLC terminal Box ke 16 pin Data Link Konektor di bawah dasbor disamping sopir.
  • Saran kabel jumper pada terminal 4 dan 9 selanjutnya pencet switch untuk menyambungkan terminal 4 dan 9 itu atau jumper langsung terminal 4 dan 9 pada DLC.
  • Pijak Pedal Rem
  • Putar kunci contact On, sekalian masih tetap mencapai pedal rem.
  • Sekalian menyaksikan indikator ABS di panel speedometer, sesudah Indikator ABS mati, bebaskan pedal rem.
  • Sesudah lampu Indikator ABS menyala kembali, pijak kembali pedal Rem.
  • Ketika lampu indikator ABS mati, bebaskan pedal rem.
  • Sesudah usai masing-masing ke-3 cara di atas, putar kunci contact OFF, dan bebaskan semua alat yang tersambung ke DLC 16 pin, Putar kunci contact ON dan lihat saat kunci contact ON semestinya lampu indikator ABS mati sesudah sesaat.
  • Selanjutnya nyalakan mesin dan lakukan mobil, bila lampu ABS kembali menyala memiliki arti masih ada permasalahan pada sistem ABS itu. Catatan: Sistem atau cara mematikan lampu ABS harus dilaksanakan oleh Orang yang pahami elektrikal Mobil, supaya tidak asal jumper atau salah jumper.

Diatas adalah ulasan terkait cara mematikan lampu ABS pada mobil, penyebab, dan cara reset. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.