Komponen Rack Steer: 6 Bagian Dan Ulasan

Komponen Rack Steer – Di dalam mekanisme setir ada beragam tipe satu diantaranya yakni rack steer. Lantas apakah itu rack steer? Apa komponen rack steer? Dan Bagaimana cara kerja rack steer?

Setir jadi komponen penting agar Anda dapat atur arah dari kendaraan. Bagian ini terdiri dari bermacam tipe, salah satunya rack steer. Perannya besar sekali, khususnya untuk mobil dengan power steering.

Kaki-kaki mobil jadi segi yang penting menjadi perhatian pada kendaraan mobil. Sikap pengendara yang ‘ngawur’ bisa merusak segi kaki-kaki, khususnya rack steer yang berperanan menghubungkan dengan lingkar kemudi.

Fungsi khusus dari rack steer adalah sebagai penghubung antara kemudi dengan roda dan suspensi yang terhitung segi dari kaki-kaki mobil. Untuk memperjelas berkaitan fungsi, cara kerja, dan komponen rack steer akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

komponen rack steer

Apa Itu Rack Steer?

Rack steer adalah satu diantaranya komponen penting dalam sebuah mobil yang disebut penghubung antara setir atau lingkar kemudi dengan kaki-kaki mobil. Bila rack steer alami kerusakan, karenanya perform dari power steering akan terhambat. Kerusakan pada rack steer haruskah dijauhi, karena biaya penyempurnaannya lumayan besar.

Saat mengatur rack steer tentu Anda harus menggantinya secara utuh, agar performnya kembali stabil. Apalagi jika harus lakukan pergantian pada bagian seal, bushing dan bermacam sensor jika diperlukan.

Baca Juga  Fungsi Steering Column, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Secara umum, cara kerja dari rack steer terhitung sangat sederhana. Rack steer akan tujukan ban mobil untuk berbelok, sampai pemutarannya akan sama sesuai lingkar kemudinya. Jika arah ban tidak sesuai dengan putaran lingkar kemudi, karenanya bisa dipertegas ada kerusakan pada bagian rack steer.

Komponen Rack Steer

Setir sebagai sisi yang perlu saat menggunakan kendaraan. Mobil dapat berlainan arah karena fungsi dari segi ini. Proses kemudi kendaraan menggunakan rack steer sebagai penghubung antara setir dan kaki-kaki mobil. Berikut komponen rack steer pada mekanisme setir mobil yakni:

1. Roda Gigi Pinion

Komponen rack steer yang pertama yakni roda gigi pinion. Komponen ini memiliki bentuk berwujud roda gigi yang dihubungkan ke universal masuk dan steering column. Supaya bisa gerakkan roda ke kanan dan kiri menggunakan setir, roda gigi ini dihubungkan ke segi rack.

2. Batang Rack

Disamping itu ada tangkai atau batang rack sebagai bagian rack steer. Komponen ini peranannya akan meneruskan gerak putar dari roda gigi pinion seterusnya menukar arah putar sampai kendaraan bisa bergerak arah ke kiri dan ke kanan ketiga gerak itu diteruskan ke roda depan.

3. Ball Joint

Ball joint sebagai ikatan peluru dari baja yang kuat tapi memiliki kelenturan. Komponen ini yang menghubungkan semua sambungkan pada proses kemudi.

Baca Juga  Fungsi Shift Fork Pada Transmisi : Peran Dan Cara Kerja

4. Rumah rack

Bagian rack steer yang terpenting adalah rumah rack. Piston pada power steering akan ditaruh pada bagian ini.

5. Tie Rod

Disamping itu pada rack steer ada komponen namanya tie rod. Komponen ini berwujud batang yang membuat ikatan dengan lengan kemudi. Peranannya untuk menghubungkan rack melalui ball masuk yang seterusnya diteruskan ke knuckle roda.

6. Boot Steer

Bagian rack steer yang paling akhir adalah boot steer. Segi ini berbentuk karet penutup dan seal dengan fungsi untuk meredam ikatan ball masuk kotor. Jika kotor karenanya kemungkinan segi ini bisa mempunyai permasalahan.

Cara Kerja Rack Steer

Sesudah ketahui bagian rack steer karena itu harus dipahami juga cara kerjanya. Rack steer memiliki peran yang besar sekali khususnya untuk mobil yang memiliki power steering.

Cara kerja rack steer sebenarnya sederhana kok. Saat ban mobil diperuntukkan untuk berbelok, rack steer akan mengarahkannya. Ini membuat pemutarannya sama sesuai lingkar kemudinya.

Bila arah ban tidak sama sesuai putaran lingkar kemudi, jadi bisa disebutkan bila segi rack steer sudah remuk. Jika komponen ini sudah terganggu dan mempunyai permasalahan, karenanya berkendara jadi tidak stabil dan tidak nyaman.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi, cara kerja, dan komponen rack steer pada mekanisme setir mobil. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -