Tanda Karet Wiper Harus Diganti: 8 Ciri Dan Resiko

Tanda Karet Wiper Harus Diganti – Ternyata terdapat berbagai tanda yang dapat dilihat saat wiper mobil mengalami pengurangan kualitas dan harus sesegera mungkin diganti. Lalu apa saja ciri atau tanda karet wiper harus diganti?

Visibility pengendara pada jalan sebagai hal yang paling penting diektahui oleh sopir mobil. Dalam beberapa keadaan seperti hujan deras segera dapat kurangi visibility berkendara hingga jika tidak bisa ditangani bisa membuat rasa aman serta nyaman berkendaraan menyusut. Ada elemen yang bisa dipakai memperhitungkannya yaitu wiper kaca mobil.

Adapun peranan wiper adalah untuk bersihkan atau mengusap kaca mobil dari air karena turun hujan atau basah. Saat turun hujan dan tidak ada wiper pada mobil akan membuat penglihatan pada jalan jadi kabur dan berefek memunculkan kecelakaan.

Dalam perawatannya, wiper harus selalu dijaga supaya performa masih tetap maksimal. Pengecekan wiper dilaksanakan supaya visibility sopir masih tetap aman walau di hujan lebat sekalinya ditembus. Hingga janganlah sampai wiper memiliki masalah karena bisa membuat kenyamanan menyusut dan terjadi hal yang tidak diharapkan.

Karena, jika wiper mempunyai permasalahan, visibitas pengendara akan terganggu saat hujan turun. Karena itu jangan malu menukar wiper jika wiper itu mempunyai permasalahan. Untuk memperjelas berkaitan tanda karet wiper harus diganti akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

tanda karet wiper harus diganti

Tanda Karet Wiper Mobil Harus Diganti

Wiper mobil sebagai satu diantaranya komponen dalam mobil yang memiliki watak kurangi sampai dalam masa waktu tertentu harus sesegera diganti. Penggantian segi wiper mobil yang paling sering berada di karet karena bergesekan langsung dengan kaca untuk buang air hujan atau kotoran.

Tapi penggantian beberapa komponen lainnya tetap diperlukan jika kondisinya tidak terlalu baik kembali. Wiper mobil biasanya mampu bertahan di dalam di antara 6 sampai 12 bulan. Semua tergantung dari berapakah sering penggunaan fitur ini.

Kapan waktunya wiper harus diganti? Makin bertambah disetarakan dengan kondisi wiper itu. Dan berikut beberapa tanda karet wiper harus diganti:

Baca Juga  Ciri Selang Radiator Harus Diganti : 8 Gejala & Ulasan

1. Wiper tidak maksimal saat sapu air dari kaca

Tanda Karet Wiper mobil harus diganti yang pertama yaitu tidak maksimal saat sapu air. Peran wiper adalah untuk sapu air dari kaca depan mobil sampai pandangan pengemudi tetap jernih walaupun sedang hujan. Bila wiper tidak lagi sempurna sapu air, misalnya sapuan wiper masih sisa bintik air pada kaca, karena itu tanda wiper itu sudah harus diganti.

Harga sepasang wiper murah kok, sekitar Rp100-150 ribu tergantung merek dan mutunya.

2. Karet wiper sudah getas

Tanda karet wiper mobil harus diganti di atas bila karet wiper menjadi salah satu segi yang sering diganti. Argument pokoknya karena paling sering bergesekan langsung dengan kaca mobil. Selain itu imbas sinaran sinar UV bisa merusak kondisi karet wiper bersamaan waktu jalan.

Kondisi karet yang sudah retak, robek, atau keras dapat membikin tidak mampu pencet kaca secara sempurna. Pada akhirannya pembersihan kaca mobil saat hujan jadi tidak maksimal kembali. Semestinya karet wiper harus sesegera diganti.

3. Munculkan suara berdecit

Beberapa ciri atau tanda lain karet wiper mobil harus diganti adalah timbulnya suara berdecit tiap diaktifkan. Suara itu memungkinkannya tiba dari gesekan karet wiper dengan kaca mobil.

Supaya makin aman, semestinya sesegera ganti wiper itu sama dengan yang baru. Karena jika didiamkan bisa jadi malah nantinya kaca depan mobilmu yang tergores.

4. Rangka Wiper Bengkok atau Remuk

Jika Anda melihat tempat tertentu pada kaca tidak bisa dibersihkan, sesegera cek wiper mobil terutamanya plastik dan logam kaku yang menahan bilah di tempatnya. Kesempatan wiper kaca itu bengkok sampai sisa lokasi yang tidak dapat dibersihkan pada kaca.

5. Perekat Karet Remuk pada Rangka Wiper Remuk

Perekat karet yang menahan bilah ke rangka bisa saja remuk. Karet yang terlepas hanya tertahan beberapa pada rangka wiper. Ini dapat mengakibatkan perform wiper kesemuaannya tidak maksimal. Maka dari itu ini bisa dipakai sebagai tanda karet wiper mobil harus diganti.

Baca Juga  Motor Panas Mati Dingin Hidup Lagi: 7 Faktor & Ulasan

6. Wiper Meninggalkan Goresan pada Kaca

Wiper yang meninggalkan garis-garis pada kaca. Kotoran dan goresan tetap ada walaupun sudah menyemprotkan cairan pembersih. Ini menjadi tanda bilah pembersih kaca mobil Anda harus sesegera diganti.

7. Bintik air masih tersisa.

Wiper normal harus bisa sapu air pada kaca mobil dengan sempurna. Tidak meninggalkan bintik air atau bahkan kotoran. Jika yang terjadi sebaliknya alias wiper masih sisa bintik air, Tanda Karet Wiper sudah mengeras dan harus diganti.

8. Susunan kasar dan mempunyai wujud meliuk

Tanda Karet Wiper mobil harus diganti adalah susunan yang telah buruk. Wiper yang baik punyai susunan halus dan rata. Jika sebaliknya wiper kasar waktu digenggam seolah ada retakan, pecah atau meliuk tanda wiper sudah jelek dan minta diganti yang baru.

Resiko Memakai Wiper Kedaluwarsa

Berikut beberapa risiko jika masih tetap memakai wiper yang telah kedaluwarsa dalam berkendaraan saat hujan:

1. Visibility yang tidak memenuhi

Wiper yang tak lagi berperan secara baik, tidak bisa sapu air dan kotoran dengan optimal, hingga tidak memberi visibility yang lumayan baik pada sopir mobil. Ini beresiko bila saat malam hari dan hujan lebat.

2. Kerusakan kaca karena gesekan

Keadaan dari karet wiper yang telah mengeras akan berpengaruh pada kerusakan pada kaca, hingga dengan menukar wiper sama yang baru saat sebelum waktunya semakin lebih murah dibandingkan karena jelek pada kualitas kaca mobil.

3. Suara berisik

Suara gesekan pada kaca dan karet wiper yang telah kedaluwarsa akan kurangi kenyamanan saat berkendaraan.

4. Beban Motor wiper jadi berat

Kerusakan pada motor pendorong wiper akan jadi resiko yang mahal jika terjadi karena biarkan wiper kedaluwarsa dan masih tetap dipakai dalam waktu lama.

Di atas adalah pembahasan berkaitan tanda karet wiper mobil harus diganti akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.