Bagian Bagian Knalpot Motor: 5 Komponen Dan Fungsinya

Bagian Bagian Knalpot Motor – Didalam saluran gas buang terdapat knalpot yang memiliki konstruksi tertentu. Didalamnya terdapat berbagai bagian atau komponen dengan fungsi tertentu. Lalu apa saja bagian bagian knalpot motor?

Knalpot motor memang mempunyai wujud yang jauh berbeda dengan knalpot mobil. Walau memiliki bentuk berlainan tetapi mempunyai fungsi yang serupa, yaitu untuk menahan suara dari gas tersisa pembakaran, jaga performa mesin, menahan emisi gas buang dan lain-lain. Knalpot motor tersusun dari beberapa komponen khusus seperti kepala knalpot, silencer, glasswool dan chamber.

Perannya sebagai aliran pembuangan gas pembakaran, karena itu letak knalpot ke arah belakang. Tetapi bila kamu menyaksikan kendaraan yang knalpotnya ada di bagian sisi depan atauke arah samping, umumnya itu telah diubah oleh pemilik kendaraan.

Oleh karena itu perlu diketahui terkait berbagai komponen pada knalpot motor. Untuk lebih jelasnya terkait bagian bagian knalpot motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

bagian bagian knalpot motor

Bagian Bagian Knalpot Motor

Komponen pada knalpot motor memiliki beberapa perbedaan dengan mobil. Knalpot motor mempunyai design yang lebih simpel dan gampang untuk dibersihkan. Untuk kamu yang mempunyai sepeda motor, pasti berasa ingin tahu kenapa suara mesin yang keluar knalpot kedengar lembut dan halus.

Hal tersebut muncul karena ada beberapa komponen dalam knalpot yang berperan untuk menahan suara. Berikut komponen knalpot motor berserta dengan fungsinya yaitu:

Baca Juga  Tipe Tipe Rem Tromol : 7 Tipe Beserta Ulasannya

1. Kepala Knalpot

Bagian pertama pada knalpot motor adalah kepala knalpot atau header knalpot. Kepala knalpot ini yang nanti akan menerima pertama kali gas sisa pembakaran. Perannya untuk menyambungkan di antara silinder mesin dengan semua bagian knalpot untuk melakukan proses pembuangan gas hasil pembakaran.

2. Resonator

Komponen lain dari knalpot motor adalah resonator. Komponen ini berfungsi untuk menyerap dan memfilter suara ledakan hasil pembakaran mesin. Jika mengalami kerusakan karena itu knalpot motor akan terdengar agak bising.

3. Silencer

Komponen knalpot motor yang selanjutnya adalah silencer. Fungsi khusus dari komponen ini adalah untuk mengurangi suara knalpot yang terlampau keras.

Sekalian sebagai saringan ke-2 pada knalpot sesudah resonator. Silencer berikut yang membuat tersisa gas buang jadi lebih ramah lingkungan saat dilepaskan ke udara.

4. Glasswool

Komponen knalpot motor yang ke-4 adalah glasswool. Fungsi khusus glasswool adalah untuk mereduksi suara knalpot dan tingkatkan kinerja mesin motor.

5. Chamber

Bagian bagian knalpot motor paling akhir adalah chamber yang mempunyai fungsi untuk pemantul gas buang. Bagian ini cuma ada pada motor dua langkah saja.

Cara Kerja Knalpot Motor

Mekanisme kerja knalpot yang terjadi di mana pembakaran yang berjalan di ruangan bakar akan menghasilkan gas sisa yang perlu dikeluarkan karena tidak diperlukan kembali. Gas hasil pembakaran itu akan pertama kalinya diterima oleh exhaust manifold, selanjutnya akan di alirkan ke beberapa bagian knalpot yang lain.

Baca Juga  Cara Kerja Propeller Shaft : 2 Posisi & Ulasannya

Saat sebelum dilepaskan ke udara, gas tersisa pembakaran akan melalui proses-proses seperti peresapan suara, filtrasi gas buang dan filtrasi emisi gas buang. Proses ini dilaksanakan agar gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot kedengar lembut, keras dan tentunya ramah lingkungan.

Diatas adalah ulasan terkait komponen atau bagian bagian knalpot motor dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.