cara jumper aki mobil

Cara Jumper Aki Mobil : 8 Cara Dan Ulasannya

Cara Jumper Aki Mobil – Cara jumper aki mobil sesungguhnya lumayan gampang. Tetapi resiko yang ditemui bila keliru dalam melakukan dapat berbahaya. Oleh karena itu wajib untuk tiap pemilik mobil untuk dapat melakukan teknik jumper aki mobil dengan cara yang benar dan baik.

Aki mempunyai peranan yang penting untuk mekanisme kelistrikan satu kendaraan, baik mobil atau motor. Oleh karenanya, keadaan aki selalu harus sempurna. Pada mobil, peranan khusus aki untuk memasok daya listrik untuk beberapa komponen mobil yang lain. Disamping itu, ada pula peranan aki lainnya, seperti selaku penyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan.

Waktu penggunakan mobil kemungkinan pernah merasakan peristiwa di mana mobil mendadak tidak dapat distarter. Kemungkinan besar permasalahannya ialah pada aki yang rusak atau telah habis usia penggunaannya. Oleh karenanya dibutuhkan cara untuk menyiasatinya sesaat sebelum ke bengkel dan melakukan penggantian aki yang baru. Cara yang dipakai ialah teknik jumper.

Untuk lakukan cara ini maka perlu mempersiapkan sepasang kabel jumper di mobil. Hal paling penting saat jumper aki dilakukan yakni mencari mobil normal yang semacam dengan mobil kamu yang berhenti sebab umumnya mobil itu mempunyai aki dengan type voltase yang serupa, umumnya 12V.

Cara lakukan jumper aki mobil ini membutuhkan beberapa proses yang perlu dikerjakan. Untuk lebih detilnya berkaitan penjelasan berkenaan cara jumper aki mobil akan diulas pada artikel di bawah ini.

cara jumper aki mobil

Cara Jumper Aki Mobil

1. Menyiapkan alat dan bahan jumper aki mobil

Sebelum melakukan cara jumper aki mobil yang akan dikerjakan pada mobil yang berhenti di tengah-tengah perjalanan. Salah satu perihal yang perlu dilakukan ialah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan saat melakukan jumper aki mobil. Walaupun terlihat gampang untuk dilakukan apabila terdapat kesalahan di saat jumper aki mobil akan berpengaruh fatal. Oleh karena itu perlu dipersiapkan alat dan bahan yang dibutuhka diantaranya yaitu:

  • Apabila mobil yang anda kendarai adalah mobil dengan tipe transmisi otomatis maka posisikan tuas transmisi ada di status “P”
  • Jika mobil yang anda pakai tipe mobil transmisi manual maka posisikan tuas transmisi ada di status netral
  • Mengaktifkan rem tangan atau rem parkirkan pada mobil.
  • Mematikan seluruh piranti kelistrikan yang ada di mobil
  • Melepas benda apa saja yang ada pada cigarette lighter seperti bluetooth receiver atau aksesori pengisi daya hp untuk meminimalkan berlangsungnya kerusakan
  • Mencari posisi aki lebih dulu dan yakinkan anda mengenali status kutub positif (+) dan kutub negatif (-)
  • Mempersiapkan kabel jumper aki mobil yang mempunyai kualitas bagus
Baca Juga  Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Cara Dan Ulasannya

2. Memastikan kerusakan mobil karena aki tekor

Hal pertama yang perlu dikerjakan saat akan lakukan jumper aki mobil yakni memastikan terlebih dulu jika mobil macet diakibatkan oleh aki yang mulai rusak atau hancur. Penyebab aki mobil rusak bisa disebabkan bermacam jenis factor dan dapat berlainan di antara unit mobil satu dengan unit mobil yang lain.

Untuk mengenali jika mobil macet dikarenakan oleh aki yang tekor sebenarnya juga lumayan gampang. Menghidupkan lampu mobil yang apabila sinar lampu cukup jelas berarti aki mobil masih pada kondisi baik. Sebaliknya bila nyala lampu itu redup maka dapat ditegaskan aki rusak jadi pemicu mobil itu berhenti dan mobil tidak dapat di starter.

3. Mempersiapkan Kabel Jumper dengan Kualitas Bagus

Sesudah dipastikan aki mobil yang mengalami keusakan maka secara otomatis cara jumper aki mobil ini menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah. Pakai kabel spesial yang digunakan untuk jumper aki dikarenakan arus listrik di saat menghidupkan mobil tinggi sekali sehingga perlu kabel dengan bahan cukup tebal. Kabel jumper relatif gampang didapat dan dipasarkan di toko aksesori mobil. Kabel itu mempunyai ukuran diameter minimum 10 mm untuk menghindar risiko terbakar waktu proses jumper.

4. Memilih mobil yang baik dengan kemampuan aki yang serupa

Disamping itu, untuk melakukan jumper aki pada mobil harus juga ada sebuah aki mobil yang mempunyai keadaan bagus. Untuk ini dapat anda pakai aki dari mobil lain atau aki lain yang mempunyai kualitas baik dan bagus.

Baca Juga  Penyebab Aki Mobil Tekor : 9 Penyebab Dan Ulasan

5. Mendekatkan Mobil atau Aki yang Bagus ke Mobil macet

Apabila telah mempersiapkan seluruh perlengkapan yang di perlukan maka mobil atau aki yang telah dipersiapkan perlu didekatkan ke mobil yang mecet. Kemudian membuka ke-2 kap mobil dengan status sama-sama bertemu. Kabel jumper aki mobil yang ada di pasar biasanya tidak begitu panjang sehingga jarak kedua mobil perlu diatur sesuai panjang kabel jumper.

6. Menyambungkan kedua kutup aki dengan kabel jumper

Memastikan seluruh keadaan mesin mobil pada kondisi tidak menyala. Kemudian mengamati status kutub terminal positif dan negatif dari kedua aki. Umumnya, dua kutub terminal aki diikuti dengan simbol positif (+) dan negatif (-). Tanda lain ada pada penutup warna merah di kutub positif. Bila kutub terminal baterei kotor maka perlu dibersihkan terlebih dulu dengan kain lap.

Sambungkan kabel jumper warna merah ke kutub positif (+) aki yang normal (mobil A). Lantas hubungkan kabel jumper warna merah yang lain pada kutub aki yang memiliki masalah (mobil B). Selanjutnya pasang kabel jumper negatif ke kutub negatif aki mobil A dan pasang segi satunya kutub negatif aki mobil B.

7. Menghidupkan Mobil

Setelah itu mulai hidupkan mesin mobil yang macet. Yakinkan anda melakukan dengan perlahan-lahan, jangan begitu cepat dan seolah di paksa. Sebaiknya sesudah mobil yang macet telah menyala maka tunggu dulu kira-kira 1 sampai 2 menit supaya keadaan mesin kembali normal. Setelah itu baru melepas kabel jumper yang digunakan.

8. Melepaskan Kabel Jumper

Untuk melepas kabel jumper aki ketika mobil menyala harus secara berhati-hati dengan posisi terlepas kabel negatif mobil B, selanjutnya terlepas kabel negatif mobil A. Selanjutnya terlepas kabel positif dengan posisi yang serupa seperti kabel negatif.

Di atas adalah penjelasan berkenaan cara jumper aki mobil. Cara jumper aki mobil ini bisa dipakai saat kondisi genting. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Join the discussion