Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual & Penyebabnya

Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual – Untuk mobil yang memakai regulator manual untuk menurunkan dan menaikkan kaca, kerusakan regulator adalah satu hal yang tidak bisa dihindari. Lalu apa saja penyebab regulator kaca mobil rusak? Bagaimana cara memperbaiki regulator kaca mobl manual?

Tak perlu cemas bila mengalami hal itu, cukup memerhatikan cara memperbaiki regulator kaca mobil manual dan ikuti tahap-tahapnya. Memperbaiki regulator yang rusak di bengkel cukup menyusahkan dan pasti harus mengeluarkan dana tambahan. Walau sebenarnya pengendara bisa memperbaiki regulator kaca mobil sendiri.

Tapi, awalnya sopir harus mengetahui beberapa informasi dasar berkenaan penyebab rusaknya regulator kaca mobil. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab regulator kaca mobil rusak dan cara memperbaiki regulator kaca mobil manual akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki regulator kaca mobil manual

Penyebab Regulator Kaca Mobil Rusak

Beberapa type kendaraan mobil masih memakai regulator kaca secara manual. Bila regulator ini rusak, karena itu mobil akan susah untuk menaik turunkan kaca mobil. Hal ini akan merepotkan sopir jika ingin bayar tol atau bayar parkir. Ada dua penyebab umum dibalik rusaknya regulator kaca mobil diantaranya yaitu:

1. Pemakaian

Penyebab pertama regulator kaca mobil rusak adalah kerap dipakainya regulator kaca mobil. Pasti ini jadi argumen yang umum, benda yang kerap dipakai akan menyusut perannya.

Baca Juga  Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak : 7 Penyebab

Begitupun regulator kaca mobil. Bila pengendara kerap buka dan tutup regulator kaca, karena itu peranan regulator akan menurun dan berbuntut pada kerusakan.

2. Kotoran dan debu

Penyebab ke-2 regulator kaca mobil rusak adalah kotoran dan debu yang menimbun. Jika mobil jarang-jarang dirawat dan dicuci, peluang itu bisa terjadi.

Timbulnya debu, karat dan beragam kotoran di kaca mobil membuat regulator cepat rusak. Karena jika kaca mobil kotor, karena itu kerja regulator semakin lebih keras dan hal itu bisa menyebabkan kerusakan.

Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual

Sebetulnya, ada langkah yang lebih cepat dan mudah untuk memperbaiki regulator kaca mobil manual yaitu dengan bawa mobil ke bengkel. Untuk cara memperbaiki regulator kaca mobil manual secara mandiri maka bisa memerhatikan beberapa tahap berikut:

  1. Pakai obeng dan kunci 12 untuk membedah semua sisi regulator yang ada pada pintu mobil.
  2. Dapatkan persoalan pada gerigi regulator yang dibuat dari besi yang seperti penyangga kaca warna putih.
  3. Benahi persoalan yang ada, contoh bila yang rusak pada regulator adalah penyangga kaca gunakanlah lem untuk melakukan perbaikan.
  4. Pasang lagi sisi pintu mobil dan regulator.
  5. Usai.

Cara Mencegah Regulator Kaca Supaya Tidak Cepat Rusak

Setelah mengetahui langkah perbaikan regulator kaca mobil manual maka perlu mengetahui pula cara mencegah dan merawat regulator kaca mobil supaya tidak gampang rusak. Berikut beberapa cara mencegah regulator kaca mobil supaya tidak cepat rusak:

  1. Teratur memeriksa motor power window.
  2. Teratur bersihkan kaca mobil dengan sabun khusus pencuci kaca.
  3. Check regulator kabel atau regulator gerigi.
Baca Juga  Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil: 3 Prosedur & Reset

Bila sopir rajin memeriksa regulator, karena itu hal itu akan mencegah berlangsungnya kerusakan awal pada kaca mobil sopir. Tersebut beberapa langkah perbaikan regulator kaca mobil manual yang bisa dilaksanakan oleh sopir, tak perlu bawa mobil ke bengkel. Memperbaiki regulator kaca mobil dengan mandiri dapat menekan ongkos perbaikan dan proses perbaikan lebih efektif.

Diatas adalah penyebab regulator kaca mobil rusak dan cara memperbaiki regulator kaca mobil manual. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.