RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik: 3 Penyebab & Perbaikan

RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik – Sering kali dialami pemilik mobil diesel terkadang mengeluhkan kondisi RPM yang tidak stabil atau bahkan juga tidak mau naik. Hal ini tentu dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lantas apa factor penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik?

Penyebab RPM mobil diesel yang kurang stabil dikarenakan oleh beberapa hal. Dampak yang disebabkan jadi sulit mengatur gerakan mobil diputaran rendah, perubahan tuas transmisi jadi kurang lembut. Tidak hanya itu, pada beberapa mobil kejadian ini bisa menyebabkan mesin mobil diesel mati.

Yang belum ketahui, air induction mekanisme atau proses pemasok udara memiliki peranan yang cukup penting diolah pembakaran. Jika udara yang masuk ke ruang bakar sedikit, karenanya proses kompresi gas jadi kurang. Pada akhirnya, pembakaran yang terjadi tidak jalan normal sampai pada akhirannya RPM mesin lambat atau susah naik.

Disamping itu banyak factor penyebab rpm mesin diesel susah naik. Untuk memperjelas berikut pembahasan berkaitan rpm mesin diesel tidak mau naik dan cara memperbaikinya.

rpm mesin diesel tidak mau naik

RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik salah satunya yakni:

1. Throttle Body Kotor

Factor pertama penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik yakni throttle body. Throttle body sendiri untuk tempat mengatur supply udara ke ruang bakar.

Di mana dalam komponen satu ini di dalamnya memiliki beberapa lubang udara mempunyai ukuran kecil, sampai membuat mudah kotor dan tersumbat.

Kondisi ini agak banyak terjadi pada mobil yang mesinnya sudah memakai proses TAC atau drive by wire. Karena itu tidak kembali menggunakan kawat kabel sebagai media untuk menghubungkan throttle body dengan pedal gas. Tapi sudah terpasangkan motor elektrik pada katup gas, sampai katup ini akan membuka dan tutup dengan otomatis.

Baca Juga  Pemeriksaan Rem Cakram : 5 Cara Dan Ulasannya

Tapi, teknologi TAC ini lebih sensitif bila terjadi perubahan kondisi. Karena di dalamnya ada banyak sensor. Sampai kondisi throttle body yang kotor, jadi penyebab rpm mesin diesel naik turun karena merusak proses kerja TAC ini. Karenanya, sebagai jalan keluarnya anda bisa secara teratur kerjakan perawatan sekaligus pembersihan mesin mobil.

2. Idle Speed Kontrol Mempunyai permasalahan

Disamping itu ada ISC yang bisa menjadi satu diantara masalah penyebab rpm mesin diesel kurang stabil dan susah naik. ISC atau idle speed kontrol sebagai komponen dalam mesin mobil, yang berperan sebagai pengatur kondisi rpm idle. Dengan komponen satu ini, karenanya rpm idle masih tetap jalan stabil dan stabil, sama sesuai perintah dari komputer mesin atau proses ECU. Karena umumnya kondisi kerja mesin selalu berlainan, karenanya rpm idle itu harus selalu pada keadaan stabil.

Rpm idle ini penting ada di kondisi stabil saat mesin mobil alami akselerasi, deselerasi, ataupun waktu AC dihidupkan. Maka dari itu idle speed kontrol atau ISC sendiri yang disebutkan pengatur rpm idle juga harus pada keadaan baik. Jika komponen ini mempunyai permasalahan, sudah pasti rpm bisa kacau dan menyebabkan alami naik turun.

3. Mass Air Flow Kotor

MAF atau mass air flow yang kotor menjadi penyebab paling akhir rpm mesin diesel tidak mau naik. Pasalnya komponen ini memiliki peran untuk ketahui berapakah massa udara, yang ditaruh ke mesin atas dasar kecepatan aliran yang dimiliki. Letak dari mass air flow ini sendiri ada di tempat filter udara.

Baca Juga  Cara Memperbaiki ISC Rusak : 3 Cara Dan Ulasannya

Sampai komponen itu terhitung mudah sekali kotor, dan pada akhirnya ketepatan membaca pada sensor akan terganggu saat harus mengirimi data ke proses ECU. Maka dari itu penting untuk selalu mengecek segi ini, agar tidak sampai terlalu kotor sampai mengganggu perform mesin mobil.

Tapi untuk mengatasi persoalan itu, anda perlu ketahui terlebih dahulu apa masalahnya memang ada di sisi sensor atau pada bagian rangkaian sensornya.

Cek kabel dan konektor kabel yang terhubung dengan sensor MAF, lalu bersihkan segi ini dengan carbon cleaner dan sejenisnya karenanya penyebab rpm mesin diesel naik turun bisa diatasi.

Cara Memperbaiki RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik

Ada banyak trik dan tips yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi atau menahan rpm mesin diesel yang tidak mau naik salah satunya yakni:

  1. Selalu bersihkan filter udara secara teratur minimal sebulan sekali karena tiga penyebab di atas diawali dari penyaring udara pencemaran.
  2. Gunakan selalu bensin dengan oktane tinggi
  3. Lakukan service secara periodik atau periodik sama sesuai pemakaian kendaraan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan RPM mesin diesel tidak mau naik baik penyebab atau cara memperbaikinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.