cara pasang relay klakson pengendali negatif

Cara Pasang Relay Klakson : Pengendali Positif & Negatif

Cara Pasang Relay Klakson – Klakson memang hal penting karena dipakai sebaagai pertanda saat mengemudi. Bisa disebutkan klakson memang memerlukan daya listrik yang lumayan besar. Oleh karena itu dibutuhkan relay pada rangkaian klakson. Lalu bagaimana cara pasang relay klakson?

Tiap kendaraan motor tentu saja telah diperlengkapi dengan klakson. Piranti ini sebagai standard untuk kuda besi kekinian. Klakson benar-benar bermanfaat sebagai pertanda suara, dari pengendara ke pengendara lain. Tetapi sayang nya kabel pada motor standard yang bawaan tidak sanggup memasok daya yang cukup hingga memengaruhi sakelar. Bila terjadi daya yang tidaklah sampai maka berefek menghancurkan sakelar dari klakson.

Di saat sakelar didesak karena itu sisi klakson akan memercikkan api di metal kontak yang membuat aus. Peluang jeleknya ialah tempat sakelar bisa saja leleh, demikian juga di bagian lampu. Bila daya kurang maka mepengaruhi elemen kelistrikan lain nya meliputi lampu dan klakson. Nach untuk dapat memperoleh daya yang seperti karena itu kita bisa menambah elemen yakni relay. Terpasang sebagai sakelar penyambung atau pemutus beban arus yang besar.

Permasalahan ini sering terjadi pada klakson, tidak sanggup memasok daya yang cukup, hingga memengaruhi sakelar. Bila daya tidak sampai, suara juga tidak keluar. Berikut yang disebutkan kerusakan. Saat kamu mendesak sakelar, daya menyalurkan listrik ke klakson sampai memercikkan api di metal kontak yang membuat aus.

Kebalikannya, jika daya yang sampai tidak sesuai dengan, atau mungkin kurang akan memengaruhi elemen kelistrikan yang lain meliputi lampu dan klakson. Supaya bisa memperoleh daya yang seperti, umumnya motor memerlukan elemen tambahan, yaitu relay. Untuk lebih jelasnya mengenai cara pasang relay klakson akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Fungsi Relay Klakson

Relay klakson sepeda motor Relay berperan sebagai sakelar penyambung dan pemutus beban arus yang besar. Saat memakai relay tentu saja kabel sakelar tak perlu memiliki ukuran besar, karena yang kecil juga cukup.

Bila kamu ingin menempatkan relay di kendaraan kamu, sekarang beberapa pilihan tipe yang ada di pasar. Juga demikian, kamu harus waspada pilih relay, karena saat ini lebih banyak yang asli dan palsu.

Memperoleh relay dipasaran sekarang lumayan gampang, kamu dapat beli relay di bengkel paling dekat dari rumah atau dapat membeli di marketplace online. Tetapi yang penting kamu benar-benar lihat ialah cara pasang relay klakson secara tepat.

Bermacam merk relay yang sekarang dipasarkan di Indonesia diantaranya merk Hella, Fiam, Bosch, PIAA, Wolo, Hadley, sampai Fer. Kamu juga bebas pilih merk yang cocok dan pas seperti keperluan dan anggaran kamu.

Semua merk yang ditawarkan di pasar juga mempunyai kualitas yang lumayan baik. Tetapi banyakan orang cenderung pilih memakai relay merk Bosch atau Hella yang populer dengan klakson berkualitas.

Dengan memakai relay, bisa menangani klakson bawaan pabrik yang kerap mempunyai suara kecil atau kadang justru tidak kedengar.

Lalu seperti apakah sesungguhnya cara pasang relay klakson yang gampang dan pas? Saat sebelum kita mengulas lebih dalam, sebaiknya kamu persiapkan dahulu piranti simpatisan, supaya penempatan bisa dilaksanakan dengan cara yang rapi. Kamu harus juga tahu, nih! Jika cara penempatan relay klakson harus dilaksanakan dengan mekanisme positif dan negatif.

Baca Juga  Engine Management System (EMS) : Fungsi, Komponen, Prinsip Kerja

Tujuan Pasang Relay Pada Klakson

Tujuan menempatkan relay di bagian kelistrikan kendaraan umumnya akan terpasang di bagian elemen listrik yang memerlukan arus besar sekali. Contoh diantaranya seperti Klakson.

Dengan menempatkan relay pada mekanisme kelistrikan kendaraan, hal itu sudah pasti akan memberi banyak faedah dan keuntungan yang bisa kamu bisa.

1. Perpanjang Umur Sakelar

Dengan memakai relay pada mekanisme kelistrikan yang benar-benar sangat memerlukan arus listrik bertegangan besar, karena itu arus listrik itu tidak melalui sakelar kembali seperti umumnya.

Nach peranan sakelar ini cuma untuk generator induksi magnet yang ada dalam relay, sementara untuk arus listriknya sendiri langsung akan disalurkan ke salah satunya sisi, contoh seperti lampu.

Dengan semacam itu, karena itu saat kita tengah menghidupkan mekanisme kelistrikan tidak terjadi bunga api yang besar sekali karena telah diminimalkankan supaya recikan bunga api itu kecil.

Bahkan juga, pecikan-percikan bunga api ini akan raib (tidak ada recikan bunga api kembali dalam sakelar). Oleh karena itu sakelar juga tidak alami kerusakan.

2. Kurangi Kendala Arus Listrik

Kecuali dari perpanjang umur sakelar, arah penempatan relay ini juga untuk kurangi kendala saluran pada arus listrik yang mengucur.

Mengapa? Pasalnya dengan menempatkan relay pada mekanisme kelistrikan dapat membuat tenaga dari baterei langsung bisa diterima oleh beberapa elemen yang memakai listrik.

Contoh misalnya:

– Klakson
– Lampu dan lain-lain

Akseptasi tenaga dari baterei untuk beberapa elemen akan diterima langsung, jadi tidak lewat sakelar kembali.

Ini bisa diambil kesimpulan jika tambahan relay ini dapat memendekkan circuit serangkaian hingga arus listrik yang mengucur juga tidak menurun.

Oleh karena itu lampu akan berpijar makin jelas, selanjutnya suara pada klakson akan kedengar lebih keras dan keras.

3. Pengaman Semua Elemen Kelistrikan

Sama dengan sikring, relay yang diterapkan pada mekanisme elemen kelistrikan memiliki peranan sebagai pengaman circuit listrik dari arus pendek.

Maka bila kendaraan yang kamu punyai belum terpasang relay di bagian klakson, sebaiknya pasangkay relay itu pada serangkaian klakson.

Kalau sudah terpasang, kamu dapat rasakan apakah bedanya setelah dan saat sebelum menempatkan relay.

Bahan Yang Dibutuhkan Sebelum Pasang Relay Klakson

Ada beberapa bahan yang diperlukan sebelum kalian memasang relay pada klakson. Berikut bahan yang dibutuhkan sebelum pasang relay klakson:

  1. Soket Relay dengan merek Bosch
  2. Terminal konektor relay Bosch
  3. Relay Bosch dalam jumlah 4 kaki bertipe 0 332 019 453
  4. Fuse Box dan terminal konektor yang disamakan dengan beban arus motor anda
  5. Kabel serabut tebal diameter 5mm
  6. Ring terminal 10mm

Cara Pasang Relay Klakson

Menempatkan relay klakson ada cara yang penting kamu kenali Saat sebelum kamu menempatkan relay klakson, kamu perlu tahu. Jika mekanisme kelistrikan relay lewat tegangan positif dan negatif. Untuk mekanisme negatif umumnya diperlengkapi dengan 2 buah kabel.

Baca Juga  Komponen Distributor : 9 Bagian Dan Ulasannya

Pada kabel positif sama diperlengkapi dua kabel, satu kabel ke sakelar kontrol dan satunya ke sisi bodi motor atau ground.

Mekanisme kelistrikan relay memercayakan tegangan positif atau negatif. Untuk mekanisme negatif umumnya dengan 2 kabel, sedang positif memakai satu kabel ke sakelar kontrol dan satunya ke sisi bodi motor atau ground. Untuk cara pasang relay kabel negatif atau positif silakan turuti di bawah ini

1. Rangkaian Pengendali Negatif

cara pasang relay klakson pengendali negatif

Rangkaian:

1. Kaki relay nomor 30 ke arah positif aki dengan persyaratan kabel harus tebal dan langsung dari Aki.

2. Kaki relay pada nomor 87 ke positif klakson “kabel ukuran tebal atau sedang”.

3. Kaki Relay pada nomor 85 ke saklar dan dari saklar masuk ke salah satunya kabel klakson (warna biru) dan dihubungkan ke massa atau ground

4. Kaki relay nomor 86 ke fuse (arus positif) Penempatan kabel dari kaki 85 dan 86 bisa yang mana dahulu polaritasnya.

“Perhatian”

Biasanya kerap ada ketidaksamaan posisi kaki relay pada beberapa merk relay yang ada, dimohon lihat nomor kakinya saat sebelum menempatkan.

Cara Kerjanya:

Arus listrik akan mengalir dari positif baterai menuju ke sekering –> terminal 30 dan terminal 86

Dari terminal 86 arus positif akan mengalir ke saklar dan saat saklar di tekan maka arus ini akan mengalir ke massa atau ground (Relay aktif)

Saat relay aktif maka arus dari terminal 30 relay akan mengalir ke klakson dan dari klakson ke ground. Akibatnya kedua klakson akan menyala.

2. Rangkaian Pengendali Positif

cara pasang relay klakson pengendali positif

Rangkaian :

1. Dalam merangkai pengendali positif maka kaki relay nomor 30 ke arah Positif Aki. Ketentuannya, kabel harus tebal dan langsung dari Aki.

2. Kaki relay pada nomor 87 ke positif klakson kabel ukuran tebal atau sedang.

3. Kaki relay pada nomor 85 dihubungkan ke saklar klakson, kemudian saklar klakson dihubungkan ke positif (sekering)

4.  Paling akhir, kaki relay nomor 86 ke salah satunya kabel klakson (warna biru) dan dihubungkan ke ground.

Penempatan kabel dari kaki 85 dan 86 bisa yang mana dahulu polaritasnya. Karena ada ketidaksamaan posisi kaki relay pada beberapa merk relay yang ada, kamu harus juga lihat nomor kakinya saat sebelum menempatkan.

Cara Kerjanya:

Arus listrik akan mengalir dari positif baterai menuju ke sekering –> terminal 30 dan dan saklar klakson

Saat saklar ditekan maka arus listrik akan mengalir ke terminal 85 relay –> terminal 86 relay –> ground atau massa (Relay Aktif)

Saat relay aktif maka arus dari terminal 30 relay akan mengalir ke terminal 87 relay —> klakson dan dari klakson ke ground. Akibatnya kedua klakson akan menyala.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang relay klakson, baik pengendali positif maupun pengendali negatif. Semoga menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion