Fungsi Radiator Cap (Tutup Radiator) : Bagian Bagian, & Cara Kerja

fungsi radiator cap

Fungsi Radiator Cap – Dalam mekanisme pendingin ada radiator cap atau tutup radiator yang mempunyai fungsi penting. Lantas apa fungsi radiator cap? Apa bagian sisi tutup radiator? Dan Bagaimana cara kerja tutup radiator?

Peluang selama ini kita taunya bila tutup radiator hanya digunakan sebagai penutup lubang tempat untuk isi coolant di radiator saja. Komponen ini bekerja untuk jaga penekanan bagus dalam proses pendingin mesin selain sebagai penutup lubang saja.

Anda coba saksikan sebentar pada tutup radiator. Pada umumnya terdapat angka-angka seperti 0.9, 1.1, atau bahkan juga ada juga yang tercetak 1.2 pada tutup radiator. Nilai pada angka tersebut merupakan batas penekanan kerja pressure valve yang bisa diatur oleh tutup radiator.

Dalam kata lain, ada bagian sisi penting di dalam tutup radiator. Bagian bagian penting tutup radiator itu ialah vacuum valve dan pressure valve. Untuk memperjelasnya ulasan terkait fungsi radiator cap, bagian tutup radiator, dan cara kerjanya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi radiator cap

Fungsi Radiator Cap

Fungsi radiator cap mobil memang khusus, tidak hanya sebagai penutup lubang tempat pengisian coolant. komponen ini juga berperan menjaga penekanan bagus dalam proses pendingin mesin. Pada bagian atas tutup, Anda bisa merasakan angka-angka yang menunjukkan pertanda kerja.

Misalkan adalah 0.9, 1.1, dan 1.2. Angka itu menjadi tanda batas penekanan pressure valve yang dapat diatur oleh tutup radiator. Unit ukur untuk tingkat batas penekanan adalah Kpa atau bar.

Baca Juga  Fungsi Field Coil Pada Motor Starter: Peran & Ulasan

Dalam proses pendingin mobil, panas yang ada dari pembakaran mesin akan diserap oleh air pendingin. Oleh karena itu air yang awalnya dingin akan menjadi panas seiring dengan jumlah panas yang diserap oleh coolant.

Bila keadaan ini selalu terjadi, karenanya air akan mendidih dan menguap. Ujungnya, air pada proses pendingin akan habis dan panas hasil pembakaran tidak terserap. Dengan kata lain, fungsi tutup radiator juga sebagai penyeimbang penekanan dalam proses pendingin supaya air di dalamnya tidak mudah mendidih dan munculkan penekanan makin tinggi karena uap yang dibikin. Dengan penahan penekanan itu, air yang sudah raih suhu 100 derajat Celcius tidak naik kembali temperaturnya.

Fungsi Radiator Cap:

  1. Sebagai tutup radiator supaya water coolant tidak tumpah
  2. Sebagai penyetabil penekanan di dalam mekanisme pendingin
  3. Mengatur jumlah water coolant yang bersirkulasi di dalam mekanisme pendingin

Bagian Sisi Tutup Radiator

Ada banyak bagian dari tutup radiator pada mobil. Bagian bagian tutup radiator ini akan bekerja supaya fungsi radiator cap bisa tercukupi. Berikut bagian sisi tutup radiator:

bagian bagian tutup radiator

Bagian bagian tutup radiator:

  1. Leher radiator
  2. Cincin perapat
  3. Saluran buang
  4. Pegas katup pelepas
  5. Katup pelepas (Relieve Valve)
  6. Katup hisap (Vacuum valve)

Cara kerja tutup radiator

Cara kerja tutup radiator sebenarnya sangat sederhana sama seperti cara kerja dari katup-katup yang berada di tutup radiator. Untuk membahas berkenaan cara kerja radiator, berikut ulasannya:

1. Cara kerja katup penekanan (relieve valve)

Cara kerja katup tekan adalah ketika temperatur mesin sudah melalui temperatur kerja. Saat mesin sudah mencapat temperatur kerja, dan penekanan dalam radiator semakin. Karenanya bila penekanan radiator ini sudah melalui dari batas detil (dapat mengalahkan pegas) karenanya katup tekan akan membuka. Uap-uap air akan mengalir ke tanki cadangan (reservoir tank).

Baca Juga  Fungsi Boster Rem Pada Kendaraan Dan Cara Kerja

Karena ketika suhu dan penekanan rendah, katup ini belum membuka karenanya salah fungsi dari tutup radiator untuk mempercepat mesin raih suhu kerja. Saat mencapai temperatur tertentu maka tekanan coolant dapat mengalahkan tekanan pegas pada tutup radiator. Akibatnya katup membuka karenanya peran tutup radiator sebagai meredam air mendidih pada suhu 100 derajat celcius.

Biasanya pada tutup radiator ada detilnya, sebagai contoh pada tutup radiator ada sebuah tulisan dengan detil penekanan 0.9 bar. Karenanya tutup radiator itu, katup tekannya akan mulai membuka ketika penekanan dalam radiator 0,9 bar.

cara kerja tutup radiator

2. Cara kera katup vakum (vakuum valve)

Cara kerja vacuum valve ini adalah ketika temperatur dingin. Saat mobil sudah selesai digunakan dan perlahan-lahan suhu mesin turun, karenanya suhu dan penekanan dalam radiator juga turun. Akibanya radiator alami kevakuman. Kevakuman ini akan menghisap dan apabila sudah melalui atau dapat mengalahkan pegas karenanya katup tekan akan membuka. Dan beberapa air yang berada di tanki cadangan akan teresap balik lagi ke radiator.

cara kerja tutup radiator

Di atas ialah pembahasan berkaitan fungsi radiator cap, bagian sisi tutup radiator, dan cara kerjanya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -