Letak Sensor EFI Pada Mobil Xenia: Posisi Dan Fungsinya

Letak Sensor EFI Pada Mobil Xenia – Pada mobil yang menggunakan mesin EFI tentunya terdapat berbagai sensor. Hal ini termasuk pada mobil daihatsu xenia. Lalu dimana saja letak sensor EFI pada mobil xenia?

Apabila dicermati, sebenarnya mobil xenia dengan mobil avanza memiliki kesamaan mesin. Tentu saja dalam nama, fungsi, serta letak sensor efi pada mobil xenia memiliki kesamaan dengan mobil avanza. Untuk lebih jelasnya terkait letak sensor EFI pada mobil xenia atau avanza akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

letak sensor efi pada mobil xenia

Letak Sensor EFI Pada Mobil Xenia

Untuk memperdalam informasi maka perlu nama-nama sensor dan letak atau posisi sensor-sensor pada mesin Avanza, Xenia, Terios dan Rush. Keempat kendaraan ini, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Rush dan Daihatsu terios menggunakan basic mesin sama berbeda cc dan sistem injeksi yang sama yaitu injeksi tipe D.

Secara umum posisi dari sensor EFI tentu berada di bagian mesin didalam kap mesin. Posisinya ada yang menempel pada blok silinder, filter udara, maupun pada head cylinder. Berikut beberapa letak sensor EFI pada mobil Xenia atau Avanza yaitu:

  1. Menempel pada bagian head cylinder bagian belakang, ada camshaft position sensor dan ECT
  2. Dibagian bawah disamping kanan dari pulley terdapat ckp sensor
  3. Menempel pada bagian blok silinder bagian kiri terdapat knock sensor
  4. Disamping kiri menempel pada throttle bodi terdapat TPS
  5. Dibagian filter terdapat IAT dan MAP sensor
Baca Juga  Pompa Injeksi Distributor VE : Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Untuk lebih jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini terkait posisi dari sensor EFI pada mobil xenia atau avanza.

Nama Nama Sensor EFI Pada Mobil Xenia

Berikut adalah nama-nama sensor dan aktuator pada mobil Avanza, xenia, terios, rush beserta letak dan kegunaannya.

  1. MAP Sensor, Map sensor terletak di rumah filter udara, memiliki tiga kabel yang berfungsi untuk mendeteksi kevacuuman pada intake manifol atau camber.
  2. TPS atau Throttle Position Sensor, terletak di throttle body atau katup gas, berfungsi untuk mengetahui berapa persen katup gas (throttle valve) dibuka saat pedal gas diinjak.
  3. CKP Sensor atau CrankShaft Posision Sensor terletak di bagian depan mesin bagian bawah untuk mendeteksi posisi TOP silinder.
  4. Camshaft Sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi camshaft.
  5. ISC atau Idle Speed Control Valve termasuk komponen yang berfungsi untuk mengatur putaran mesin saat idel atau stationer.
  6. IAT (Intake Air Temperatur) berada di filter udara yang berfungsi untuk mendeteksi berapa derajat celsius suhu udara yang masuk di ruang filter udara sebelum ke mesin.
  7. ECT atau Engine coolant Temperature yang bertugas untuk memberi sinyal untuk menghidupkan kipas radiator saat mesin sudah panas.
  8. Sensor Knock, berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking pada mesin.
  9. Vacuum Switching Valve (EVAP) atau VSV bukanlah sensor tetapi aktuator, fungsi katup vsv (EVAP) adalah untuk membuka saluran uap bensin dari tanki melalui charcoal canister.
  10. Oxygen Sensor, O2 sensor adalah sensor gas buang yang berfungsi untuk mendeteksi oksigen didalam gas buang hasil pembakaran mesin, oksigen sensor terletak di knalpot atau exhaus manifold.
  11. OCV atau Oil Control Valve, OCV termasuk aktuator yang berfungsi untuk mengatur oli mesin yang masuk ke VVT-i, silakan lihat artikel tentang OCV.
  12. Injektor Bahan Bakar adalah aktuator yang berfungsi untuk menyemprotkan atau mengabutkan bensin ke dalam mesin atau ke dalam ruang bakar.
  13. Pada Avanza, xenia, terios atau rush dan mobil injeksi pada umumnya, letak atau posisi pompa bensin berada didalam tangki.
Baca Juga  Letak ECU Avanza Atau Xenia: Posisi Dan Ulasannya

Diatas adalah ulasan terkait letak sensor EFI pada mobil xenia atau avanza. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.