Fungsi Rantai Keteng: Peran & Pengertian

Fungsi Rantai Keteng – Sudah pernahkah Anda dengar nama rantai keteng pada elemen mesin sepeda motor? Elemen ini berlainan dari rantai yang salurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Secara wujud, elemen ini berlainan dari rantai ke roda belakang. Lantas apa sich fungsi dari rantai keteng itu.?

Elemen itu diberi nama timing chain atau kerap kita sebutkan dengan rantai keteng. Bagian ini memiliki bentuk seperti rantai apa akan mempunyai fungsi sama dengan rantai. Dari beberapa pemakai motor tentu ada banyak belum mengetahui apakah itu rantai keteng.

Kemungkinan antara kalian banyak berpikiran seperti itu, karena seperti kita kenali sendiri bila di dalam mesin semua elemen mempunyai peran penting sekali. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi rantai keteng akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi rantai keteng

Apa Itu Rantai Keteng

Timing chain atau rantai keteng adalah sebagai salah satunya elemen penting untuk tiap mesin, karena mempunyai peran penting sekali pada performa mesin. Nach buat anda semuanya yang tidak paham apakah itu rantai keteng motor, kesempatan ini kami akan infokan dengan detil ke anda semua yang belum ketahui dari rantai keteng.

Rantai kamrat alias rantai timing chail atau kerap diebut dengan rantai keteng adalah sebuah elemen dalam mesin yang mempunyai wujud seperti rantai sama ukuran kecil. Rantai keteng mempunyai langkah kerja sebagai yang menerima perputaran dari crankshaft, di mana perputaran itu untuk menggerakan chamshaft pada ke silinder.

Baca Juga  Fungsi Field Coil Pada Motor Starter: Peran & Ulasan

Fungsi Rantai Keteng

Pernah dengar istilah rantai keteng? Bukan, ini bukanlah rantai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang.

Rantai keteng atau sering disebutkan rantai kamprat berperan salurkan tenaga dari kruk as ke sisi noken as. Fungsi rantai keteng pada kendaraan bermotor adalah sebagi penyalur tenaga dari crankshaft (kruk as) ke sisi camshaft (noken as) yang ada di head.

Tetapi kadang sisi dari mesin motor ini disebutkan dengan rantai kamprat oleh beberapa orang. Sebagai pengetahuan saja fungsi dari rantai keteng ini adalah menjadi penyalur tenaga dari kruk as ke sisi noken as.

Sesudah memperoleh tenaga dari rantai keteng, Noken as ini nanti akan salurkan kembali untuk lakukan bukat tutup klep. Klep itu adalah klep untuk gas masuk dan yang keluar ke ruangan bakar mesin.

Nach sesudah camshaft memperoleh tenaga perputaran yang diteruskan rantai keteng, camshaft salurkan tenaganya buat buka dan tutup klep. Karena itu jika rantai keteng alami permasalahan perputaran mesin jadi tidak konstan.

Nyaris umumnya di motor 4-stroke memakai rantai keteng, walau ada yang gunakan tehnologi lain. Wujud rantai keteng nyaris serupa dengan rantai pada roda, tetapi cuman memiliki bentuk yang lebih kecil dan mempunyai ulir yang berbeda.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi rantai keteng dan pemahaman. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Baca Juga  Bagian Bagian Knalpot Motor: 5 Komponen Dan Fungsinya

Join the discussion