Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis: 8 Cara & Perbaikan

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis – Freon ac mobil yang habis merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami pengendara mobil. Oleh karena itu perlu diketahui cara mengetahui freon ac mobil habis. Lantas bagaimana cara mengetahui freon ac mobil habis?

Freon dalam AC mobil memiliki peran sebagai cairan pendingin. Ketika freon habis, karenanya perform dari AC mobil tidak dapat optimal. Banyak hal yang dapat menyebabkan freon AC mobil menjadi lebih cepat habis, misalnya saja jika anda selalu membuka jendela mobil saat AC sedang dihidupkan, kebocoran pada ikatan pipa AC, atau karena pemakaiannya yang sudah lama.

Kondisi freon yang sudah habis dan didiamkan terus menerus dalam waktu yang lama dapat membuat kerusakan pada proses pendingin mobil anda. Sudah pasti ini dapat membuat anda mengeluarkan dana yang semakin banyak untuk lakukan pembaruan.

Terdapat beberapa cara mengetahui jika kondisi freon AC mobil jika sudah habis. Untuk memperjelas berkaitan cara mengetahui freon ac mobil habis akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara mengetahui freon ac mobil habis

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Ada banyak cara untuk mengetahui freon ac mobil habis. Ini bisa disaksikan dari beragam ciri, gejala, atau tanda salah satunya yakni:

1. AC hanya keluar angin dan tidak dingin

Cara mengetahui freon ac mobil habis yang pertama yakni dengan rasakan udara yang diembuskan blower. Saat anda hidupkan AC, seharusnya dengan sebentar udara yang terhembus dari perputaran udara memiliki suhu yang dingin. Tapi bila AC mempunyai permasalahan, karenanya walaupun selektor suhu AC sudah diset pada suhu yang paling dingin, udara yang terhembus dari ventilsai AC masih tetap temperaturnya, alias tetap sama dingin.

Gejala ini menjadi tanda bila ada yang tidak selesai dengan proses AC mobil anda, bisa kompresor yang remuk, magnetic clutch yang remuk, kipas pendingin mati, atau karena freon habis. Bila freon habis, karenanya semua seolah jalan normal. Saat AC dihidupkan, terdengar bunyi ketukan yang menyaratkan kompresor AC bekerja, RPM mesin naik dan kipas pendingin hidup. Namun angin yang dikeluarkan tidak dingin, dan ini artinya freon AC mobil habis.

2. Kompresor AC tidak setop bekerja saat AC On

Disamping itu cara mengetahui freon ac mobil habis dengan menyaksikan performa compressor. Ada juga persoalan proses AC, di mana waktu sakelar AC dihidupkan magnetic clutch terus terhubung. Biasanya, magnetic clutch akan terhubung saat sakelar AC dihidupkan. Tapi magnetic clutch akan lepas dalam interval waktu tertentu saat penekanan freon sudah maksimal.

Peluang Sahabat sendiri sering menemui kondisi di mana suara ketukan dari ruang mesin sering ada saat AC dihidupkan.

Baca Juga  Penyebab Stang Motor Berat Sebelah: 8 Faktor Dan Perbaikan

Tapi bila Sahabat menemui kondisi di mana magnetic clutch sejak dari awalannya AC ON terus tersambung, karena itu jadi tanda bila freon AC habis.

Ini karena saat freon habis karena kebocoran, karenanya dalam selang AC itu dipenuhi oleh udara. Watak udara, itu mudah dikompresi. Dibandingkan freon, udara lebih mudah dikompresi sampai saat kompresor bekerja, itu hanya akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih mudah dikompresi, karenanya penekanan udara pada selang high pressure tidak bisa sampai maksimal. Sampai pressure switch tidak bisa memutuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai maksimal. Berbeda dengan freon yang lebih padat, diberi penekanan sedikit saja tekanannya langsung naik.

3. Tidak ada freon di sight glass

Yang biasa dilaksanakan sebagai cara mengetahui freon ac mobil habis yakni dengan menyaksikan sight glass. Sight glass adalah sebuah kaca bulat yang terbuka, peran kaca ini adalah untuk melihat putaran freon dalam proses AC.

Biasanya sight glass ada di driyer/filter freon. Pada kondisi mesin masih hidup dan AC dihidupkan,tonton pada sight glass ini. Bila freon masih, karena itu ada cairan yang mengalir. Tapi bila freon habis, jadi tidak ada apa-apa yang mengalir dibalik sight glass.

4. Selang low pressure AC tidak berembun

Dengan menyaksikan selang-selang AC mobil dapat dilaksanakan sebagai cara mengetahui freon ac mobil habis. Ada 2 biji selang dari kompresor, yakni Selang high pressure dengan bentuk yang lebih kecil ke dari kompresor ke kondensor. Selang low pressure dengan bentuk yang makin besar ke dari evaporator (dalam kabin) ke kompresor. Saat AC hidup dengan normal, karena itu terbentuk embun pada selang low pressure.

Embun ini sebagai hasil dari ketidaksesuaian suhu antara suhu dalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas. Tapi bila tidak terbentuk embun, atau bila anda raba tidak terasa dingin, mempunyai makna freon habis.

5. Kompresor AC Mati

Kompresor AC Mati Saat AC mobil dihidupkan, otomatis kompresor AC akan berputar. Tetapi, jika kompresor mati atau tidak berputar saat AC mobil dihidupkan, karenanya ada kesempatan freon mulai habis atau bahkan sudah habis. Hal ini dapat menjadi pertanda atau salah satu cara mengetahui freon ac mobil habis.

6. Kipas AC Tidak Berputar

Jika AC mobil dihidupkan ataupun waktu AC pada kondisi hidup tetapi kipas tidak berputar, karenanya berikut satu diantara ciri freon ac telah habis. Tapi sebelum menyangkutkan, seharusnya dikerjakan pengetesan terlebih dulu untuk memastikannya.

Bisa jadi kondisi AC yang sudah remuk. Terkadang type dan tahun produksi mobil perlu diketahui karena mungkin ada ketidaksesuaian atau perangkat tambahan dan dapat digunakan sebagai cara mengetahui freon AC mobil itu telah habis.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak : 7 Ciri, Penyebab, & Perbaikan

7. Pipa AC tidak dingin

Satu diantaranya cara lain mengetahui freon AC mobil yang habis adalah pipa AC yang mulai terasa tidak dingin. Ditambahkan, jika Anda merasakan ada tumpukan bunga es pada unit pipa instalasi pada mesin mobil, karenanya jelas ini perlu Anda perhatikan.

Kondisi ini kerap terjadik karena penekanan freon pada AC mulai berkurang. Untuk itu Anda perlu sesegera memeriksanya.

8. AC mengeluarkan udara panas

Cara mengetahui freon ac mobil habis yang paling akhir yakni AC justru akan mengeluarkan udara panas. Ini ada karena AC tidak bisa menyerap udara panas dengan maksimal dan menukarnya jadi udara sejuk pada ruangan.

Cara Memperbaiki Freon AC Mobil Habis

Setelah mengetahui cara mengetahui freon ac mobil habis maka perlu diketahii pula cara memperbaikinya. Sebenarnya ketika kondisi freon AC habis, biasanya ada pengaman pressure switch pada proses pendingin mobil. Fitur ini bekerja berdasarkan penekanan yang ada. Peletakannya sendiri terkadang ada di pipa high pressure atau di receiver drier.

Jika freon AC mobil memang habis, karenanya anda perlu kerjakan pengisian sampai perform AC mobil dapat optimal. Nah berikut sejumlah langkah-langkah isi freon AC mobil:

  1. Kosongkan terlebih dahulu beberapa tersisa freon yang tetap ada. Anda bisa lakukan dengan tutup katup manifold gauge dan menghubungkannya dengan selang yang ke nipel dengan penekanan tinggi. Dan selang biru yang memiliki penekanan rendah dan selang hijau ke pompa vakum.
  2. Buka satu diantaranya katup manifold, dan memulai nyalakan pompa vakum. Lihat ukuran yang berada di vakum gauge, lakukan sampai angka nya menunjukkan 600 mmHg.
  3. Seterusnya bukan sisi katup lainnya agar vakum dapat bekerja lebih optimal. Seterusnya saksikan kembali angka yang tertera pada vacum gauge. Optimis bila proses itu sudah bersih dari udara, uap, dan air, dan angka menunjukkan pada 750 mmHg.
  4. Biarkan pompa berpijar sampai kurang lebih 30 menit.
  5. Seterusnya tutup kedua katup manifold sebelum pompa vakum dimatikan
  6. Tunggu sampai 15 menit, untuk melihat apa ada kebocoran yang terjadi

Karenanya, karena proses pendingin (AC) mobil sebagai komponen yang selalu digunakan, jadi tidak ada salahnya jika anda kerjakan perawatan secara periodik pada AC mobil anda. Sampai AC mobil anda bisa kerjakan perform nya dengan maksimal. Perawatan yang cocok bisa membuat waktu periode pemakaiannya makin lama. Anda bisa kerjakan perawatan dan pengetesan di bengkel-bengkel terdekat. Selain itu, hindari rutinitas-kebiasaan yang dapat membuat freon AC mobil jadi cepat habis.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara mengetahui freon ac mobil habis. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.