Penyebab Starter Mobil Panjang: 11 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Starter Mobil Panjang Dan Cara Mengatasi – Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan starter panjang pada kendaraan. Hal ini bisa menyebabkan kendaraan menjadi mesin mobil susah untuk distarter dan mengganggu kelancaran saat akan melakukan aktivitas terutamanya pada pagi hari.

Proses menghidupkan mesin mobil pada jaman saat ini lumayan gampang. Cukup hanya memutar kunci pada posisi start maka mesin kendaraan akan langsung cranking dan hidup. Bahkan pada mobil mobil keluaran terkini untuk proses menghidupkan mesin cukup hanya memencet tombol start.

Pada keadaan normal, untuk proses menghidupkan mesin cukup hanya sekali cranking. Akan tapi pada beberapa kasus mobil, saat dilaksanakan proses starting mesin mobil susah hidup hingga perlu berkali kali dilaksanakan proses starter.

Dampaknya akan mengurangi daya dari battery untuk sumber khusus tenaga dalam melaksanakan proses cranking. Oleh karena itu jangan anggap remeh proses starting yang terlalu panjang. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab starter mobil panjang dan cara mengatasi akan diulas pada artikel berikut ini.

penyebab starter mobil panjang

Penyebab Starter Mobil Panjang

Penyebab starter mobil panjang kenyataannya cukup bermacam dan dapat menyebabkan mobil tidak dapat distarter. Beberapa penyebab berlangsungnya masalah ini dimulai dari accu yang rusak, kerusakan pada koil, sensor temperatur, dan pompa bensin dan ada permasalahan yang terjadi di bagian busi.

Karena itu, permasalahan ini menjadi poin utama yang penting dipahami oleh tiap pengendara mobil agar terhindar dari kejadian ini serta dapat melakukan proses perbaikan apabila mendapati kerusakan ini.

Berikut adalah beberapa penyebab starter mobil panjang yang penting untuk dipahami terutama dalam proses perbaikan, salah satunya adalah:

1. Accu alami kerusakan

Salah satunya penyebab mobil starter panjang yang paling penting yaitu adalah keadaan accu yang telah rusak.

Elemen ini harus dilaksanakan proses pengecekan secara periodik. Perlu diingat bahwasanya accu adalah elemen dalam mobil yang mempunyai peranan khusus untuk menyuplai daya listrik kebagian mesin yang lain hingga kendaraan bisa bergerak secara baik.

Rusaknya accu ini akan berasa saat melakukan proses starter mobil karena daya didalamnya yang hampir habis. Maka perlu untuk selalu memeriksa keadaan accu secara periodik baik langsung atau memakai alat seperti voltmeter.

Alat ini mempunyai kekuatan untuk menampilkan daya atau tegangan listrik yang tersisa di dalamnya. Tetapi apabila sudah betul habis karena itu kamu perlu menukarnya kembali sama yang baru.

2. Filter bahan bakar

Selain itu filter bahan yang kotor akan membuat supply bahan bakar ke mesin jadi terhalang hingga penyemprotan bahan bakar menjadi tidak optiml. Hal ini menjadi penyebab proses starter atau cranking mobil menjadi panjang.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasan

3. Aliran intake manifold

Aliran intake manifold yang bocor atau lepas bisa menyebabkan pembacaan sensor menjadi tidak tepat. Akibatnya mesin bisa menjadi sulit hidup saat dilaksanakan proses cranking.

4. Ada permasalahan di bagian busi

Penyebab starter mobil panjang yang kemungkinan dapat terjadi adalah terjadinya permasalahan yang terjadi di bagian busi kendaraan. Busi yang mengalami masalah biasanya terjadi karena kotoran yang menimbun atau busi menjadi terlampau padat atau renggang.

Ini dapat menyebabkan mobil sulit hidup. Perlu dilakukan pembongkaran dan membersihkan lebih dulu bila dirasakan telah terlampau kotor. Setelah itu baru dapat dipasang kembali.

5. Performa sensor sensor

Performa sensor yang diprioritaskan untuk proses starting adalah yang pertama MAP sensor. Bila MAP sensor kotor atau error karena itu pembacaan udara di intake manifold jadi tidak tepat dan bisa menyebabkan bahan bakar disupai kebanyakan hingga mesin jadi sulit hidup.

Yang ke-2 adalah sensor ECT, sensor ECT berperanan penting saat awalnya start karena sensor itu tentukan jumlah bahan bakar saat awalnya start. Apabila mesin pada keadaan dingin karena itu bahan bakar akan disuplai semakin banyak. Namun bila sensor itu error dan menyebabkan pembacaan temperatur jadi angka minus, bisa menyebabkan mesin menjadi sulit start karena bahan bakar kebanyakan atau kaya.

Yang paling akhir adalah sensor CKP dan CMP, ke-2 sensor itu mempunyai peran untuk membaca timing crankshaft dan camshaft. Jadi saat pembacaan timing tidak tepat menyebabkan pengapian pun tidak tepat dan menyebabkan mesin jadi sulit saat start.

6. Timing mesin yang tidak pas

Timing mesin yang tidak pas bisa menjadi penyebab starter panjang pada mobil. Hal ini dapat disebabkan karena proses penempatan yang keliru atau dari elemen timing sendiri yang mulai rusak. Penyebab status timing berbeda sendiri berbagai macam, bisa disebabkan oleh timing lompat, tensioner yang rusak dan chain atau belt yang molor hingga terjadi perubahan timing.

7. Motor starter yang kurang kuat

Selainnya battery, motor stater yang kurang kuat menjadi penyebab proses cranking atau starter mobil jadi panjang. Hal ini karena perputaran dari motor starter tidak sanggup untuk memutar crankshaft dengan optimal.

8. Performa throttle

Throttle yang kotor atau error bisa menyebabkan mobil menjadi sulit hidup karena posisi throttle akan terbuka, hingga udara masuk kebanyakan. Walau sebenarnya untuk awal start mesin memerlukan kevacuman yang tinggi.

Baca Juga  Ciri Ciri Solenoid Matic Rusak: 4 Gejala Dan Ulasan

9. Mengecek keadaan EGR

Keadaan katup EGR yang macet pada posisi terbuka akan menyebabkan udara masuk kebanyakan saat proses cranking, hingga mesin jadi sulit hidup dan menjadi penyebab starter mobil panjang.

10. Kompresi mesin

Bila kompresi mesin kurang kuat, karena itu mesin semakin lebih sulit saat awal start. Namun apabila sesudah mesin panas mobil jadi gampang di stater. Maka dari itu kompresi menjadi salah satu penyebab proses starter yang panjang pada mobil.

11. Pompa bensin tidak bekerja dengan maksimal

Pompa bensin atau bahan bakar yang tidak bisa bekerja dengan maksimal bisa menjadi penyebab terakhir starter mobil panjang. Eelemen pompa bensin ini menjadi bagian penting yang terhubung langsung dengan tangki kendaraan.

Maka bila keadaan pompa bensin mulai menurun dan tidak bisa bekerja dengan baik karena itu pasti ini akan punya pengaruh langsung pada supply bensin ke elemen mobil yang memerlukan.

Oleh karena itu perlu menukar pompa dengan yang baru saat elemen ini tidak sanggup kembali untuk bekerja dengan maksimal.

Cara Mengatasi Starter Mobil Panjang

Setelah mengetahui penyebab starter mobil panjang maka perlu dipahami juga terkait cara mencegahnya. Ada beberapa cara yang bisa dilaksanakan untuk memperbaiki dan mencegah timbulnya penyebab starter mobil panjang pada kendaraan.

Aktivitas seperti perawatan teratur dapat menjadi poin utama yang perlu dilaksanakan supaya meminimalkan permasalahan starter yang kemungkinan bisa terjadi saat mobil dioperasionalkan.

Tetapi pada dasarnya, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaiki permasalahan mobil sulit di starter atau panjang, salah satunya adalah:

  1. Pengecekan secara teratur di bagian pompa bensin supaya saluran bahan bakar terus terbagi dengan maksimal.
  2. Menukar busi mobil saat mengalami kerusakan sama yang baru. Tetapi bila cuma terjadi penimbunan kotoran, karena itu cukup membersihkan saja.
  3. Teratur membersihkan bagian karburator supaya tidak alami banjir karena penimbunan kotoran.
  4. Proses pengecekan keadaan accu secara teratur serta bagian alternator dan dinamo starter untuk memastikan mesin mobil bisa bekerja dengan baik dan maksimal.
  5. Melakukan pengujian temperatur pada koil secara periodik untuk memastikan temperaturnya tidak begitu tinggi. Hal ini dapat menjadi penyebab mobil sulit distarter.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab starter mobil panjang dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.