Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

Indikator Bensin Motor Tidak Akurat – Terkadang indikator pada motor tidak akurat, salah satunya indikator bensin. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Lalu apa saja penyebab indikator bensin motor tidak akurat? Dan bagaimana cara memperbaikinya?

Indikator bensin sebagai elemen yang perlu untuk kendaraan motor. Elemen indikator bensin mempunyai fungsi sebagai pertanda jumlahnya bahan bakar sisa di bak bensin.

Dengan begitu, indikator bensin dapat mempermudah Anda untuk putuskan kapan sekiranya isi bahan bakar. Anda dengan ada indikator bensin ini bisa memprediksi seberapa jauh kendaraan motor dapat meluncur dengan tersisa bahan bakar.

Tetapi rupanya sisi ini dapat hancur, karena jarum masih tetap dalam status kosong dan bahan bakar masih tetap ada. Kerusakan pada lampu indikator bak bahan bakar bisa disebabkan karena beragam faktor. Untuk lebih jelasnya terkait indikator bensin motor tidak akurat baik penyebab maupun cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

indikator bensin motor tidak akurat

Indikator Bensin Motor Tidak Akurat

Terdapat beberapa penyebab indikator bensin motor tidak akurat diantaranya yaitu:

1. Accu Mengalami Kerusakan

Penyebab pengukuran bahan bakar mendadak tidak berfungsi, satu diantaranya adalah Accu yang hancur.

Ini karena kerusakan elemen itu bisa memengaruhi akurasi pengukuran bahan bakar pada mesin. Bila battery hancur atau aus, lampu indikator nyaris tidak berpijar.

2. Elemen sensor bahan bakar hancur

Penyebab permasalahan pengukuran bahan bakar mesin berikut kemungkinan disebabkan karena kerusakan elemen sensor bahan bakar. Ini benar-benar umum terjadi. Bila ini terjadi, elemen yang hancur harus selekasnya ditukar.

3. Pelampung bahan bakar yang hancur

Pelampung bahan bakar dapat menjadi barang yang penting jadi perhatian saat pengukuran bahan bakar sepeda motor tidak berfungsi.

Karena di bagian ini volume bahan bakar diukur, data yang didapat dikirimkan ke jarum pengukuran bahan bakar. Untuk memeriksanya, coba cabut dahulu kabelnya, lalu hubungkan kabel ke pelampung bak bensin.

Baca Juga  Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, & Perbaikan

Bila pengukuran bahan bakar masih bergerak, Anda bisa mengonfirmasi jika pelampung bak bahan bakar pada keadaan baik.

4. Kabel terputus

Kabel dalam mesin mempunyai fungsi yang penting, yaitu untuk mengirim signal dan arus ke sensor bahan bakar.

Bila kabel putus, listrik tentu tidak akan tersalurkan, hingga pengukuran bahan bakar tidak berfungsi secara baik, atau bahkan juga mati.

5. Bak bensin penyok

Bak bensin penyok kemungkinan untuk Anda sebagai permasalahan yang remeh. Rupanya bak bensin yang penyok menjadi penyebab indikator bensin jadi tidak berfungsi dengan optimal.

Terlebih bila bak bensin alami penyok yang paling kronis, sampai sentuh sisi pelampung bensin yang ada di bak bensin.

Keadaan bak bensin yang penyok kronis sampai capai sisi pelampung ini bisa membuat pelampung pada indikator bensin tidak dapat bergerak secara prima.

Bahkan juga pelampung bensin bisa jadi tertekuk, dengan keadaan semacam ini tentunya pelampung bensin tidak bisa memberikan info volume bahan bakar yang sebenarnya.

6. Speedometer error

Penyebab fuel gauge tidak berfungsi, dituruti dengan permasalahan pada speedometer yang mengakibatkan error. Bila semua pengecekan di atas telah dilaksanakan dengan benar dan baik, seharusnya check kembali elemen speedometer.

Speedometer berisikan banyak elemen electronic. Maka dari itu, saat pengukuran bahan bakar sepeda motor tidak berpijar, beberapa elemen electronic di speedometer kemungkinan memiliki masalah, terputus, atau korsleting.

Walau permasalahan ini jarang terjadi, kerusakan pada speedometer benar-benar susah untuk diperbarui, hingga dibutuhkan interferensi professional.

Cara Mengatasi Indikator Motor Tidak Berfungsi

Untuk memperbaiki indikator bensin yang telah tidak bisa berfungsi, ada banyak cara yang dapat Anda kerjakan. Bila pengukuran bensin atau pelampung hancur, Anda bisa secara mudah melakukan perbaikan.

1. Perbaikan Pelampung

Selain itu perlu penggantian alat ukur bensin (pelampung) itu di bengkel sah, lalu aplikasikan beberapa langkah ini.

  • Pertama, membuka pelampung sebagai indikator tingkat bahan bakar (bensin).
  • Sesudah terbuka, bebaskan spi atau pengunci saringan bensin yang menggenggam kawat pelampung, lalu cabut kabel pelampungnya.
  • Apabila sudah, Anda akan menyaksikan tab kabel tembaga yang terkait dengan pelampung. Umumnya tembaga ini aus, hingga tidak melekat.
  • Untuk melakukan perbaikan, Anda dapat membengkokkan kembali agar melekat, atau tambah timah yang disolder. Cuma ada satu tembaga, jadi Anda tidak perlu kebingungan, itu saja yang penting dibengkokkan kembali.
  • Kemudian, pasang lagi kabel/kawat tembaga pelampung dengan socketnya.
  • Untuk mengujinya, kerjakan pergerakan ke atas dan ke bawah. Bila indikator bisa bergerak, maknanya Anda sukses memperbaiki pelampung itu.
  • Sesudah sukses memperbaiki, masukan kembali indikator pelampung ini ke bak.
  • Bila bukan lantaran pelampungnya yang hancur, bisa saja akinya yang perlu di check. Bila tegangan accu alami pengurangan s/d tembus angka 10 volt, telah ditegaskan accu sudah rusak. Selekasnya tukar accu supaya tidak memengaruhi performa elemen yang lain.
Baca Juga  Pipa AC Berembun: Penyebab Dan Cara Mengatasi

2. Perbaikan kabel

Seterusnya, bila bukan ke-2 permasalahan itu, Anda dapat memeriksa dan menukar kabel yang memiliki masalah. Berikut cara check keadaan kabel yang memiliki masalah:

  • Check keadaan kabel pada indikator, yakinkan kabel masih juga dalam keadaan baik dan menyambungkan indikator pada pelampung bensin langsung.
  • Bila kabel tidak tersambung, selekasnya kerjakan pembaruan dengan menghubungkan kembali kabel yang putus, dengan kontribusi tembaga untuk mengapit.
  • Paling akhir jika ada kerusakan yang kronis, seperti kabel terbakar selekasnya tukar kabel itu dengan kabel yang baru, triknya dengan menggunting sisi yang terbakar, lalu ikat dengan kabel yang baru.
  • Seterusnya Anda harus memeriksa PCB. Bila ada karat pada PCB, indikator bensin motor tidak akan berfungsi secara baik. Bila ada karatnya, selekasnya tukar PCB sama yang baru.

Diatas adalah ulasan terkait indikator bensin motor tidak akurat baik penyebab maupun cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion