Cara Mengatasi Knalpot Bocor, Dampak, & Penyebabnya

cara mengatasi knalpot bocor

Cara Mengatasi Knalpot Bocor – Knalpot sebagai elemen yang dipakai sebagai pembuangan gas. Penggunaan yang lama pada motor bisa mengakibatkan knalpot jadi keropos, penyok, gepeng dan lain-lain. Keadaan itu sebagai penyebab dari knalpot bocor. Lalu bagaimana cara mengatasi knalpot bocor?

Rusaknya mekanisme pembuangan gas tersisa pembakaran yang terjadi pada knalpot tidak cuma membuat suara berisik, tapi dapat membuat perform mesin turun mencolok. Akibatnya saluran gas pembuangan tidak bisa berjalan dengan prima. Kadang keadaan knalpot yang bocor memunculkan bunyi yang bising dan pencemaran dari gas buangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan gampang tak perlu bawa motor anda ke bengkel.

Pasalnya saat knalpot mulai menglami kebocoran, ada beberapa hal yang akan dirasakan pengendara motor atau mobil kecuali dua hal yang kami sebut di atas. Bocornya knalpot sendiri biasaya umum terjadi di bagian kepala knalpot yang melekat ke head silinder. Dan umumnya ini di karenakan paking knalpot sudah mulai aus.

Penyebab bocornya knalpot pada kendaraan baik mobil atau motor sering dikarenakan oleh banyak hal lain yang kemungkinan dapat karena kita lupa dalam soal perawatan. Apabil telah semacam itu, kemungkinan hal pertama yang akan kalian kerjakan ialah mengantarnya ke bengkel untuk diperbarui.

Tetapi nantikan dahulu nih, karena ada cara mengatasi knalpot bocor yang dapat disebut lumayan gampang dan sederhana. Bahkan juga kita dapat melakukan sendiri di rumah dengan memakai beberapa bahan yang gampang kita dapatkan. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan terkait dampak, penyebab, dan cara mengatasi knalpot bocor.

cara mengatasi knalpot bocor

Dampak Knalpot Bocor

Seperti yang kami berikan di atas, bocornya mekanisme pembuangan gas tersisa pembakaran atau knalpot akan memberi efek yang buruk pada perform kendaraan, salah satunya ialah :

1. Perform Turun

Saat kita ketahui ada kebocoran pada knalpot kendaraan tetapi kita diamkan, umumnya akan memunculkan pengurangan pada mekanisme kompresi mesin. Yang di mana ini bisa kita alami pada tenaga mesin yang menyusut atau nemgpos di saat kita ambil atau pijak tuas gas.

2. Suara Berisik

Kebocoran knalpot pada suatu kendaraan akan memberi dampak pada suara kendaraan yang cukup berisik atau mesin berasa kasar saat kita pakai. Ini pasti benar-benar mengusik perjalanan kita jika knalpot bocor terus kalian diamkan.

3. Kerusakan Mesin

Tidak main-main rusak atau bocornya knalpot pada suatu kendaraan dapat membuat mesin alami kerusakan yang membuat kalian wajib melakukan tune up atau servis. Mengapa harus tune up? karena bocornya knalpot bukan mustahil akan menjalar sampai ke piston dan linier silinder.

4. Overheat Mesin

Disamping itu. hal yang sering terjadi atau dirasakan beberapa pemilik kendaraan beroda 2 atau beroda 4 yang alami kebocoran pada knalpot ialah mesin kendaraan gampang panas atau overheat yang menyebabkan kendaraan lemah. Atau untuk memperjelasnya mengenai overheat, silakan kalian baca penyebab dan cara mengatasi overheat pada mesin bermotor.

5. Penyebab Penyakit Untuk Manusia

Hal yang lebih menakutkannya kembali dari bocornya knalpot pada suatu kendaraan ialah mejadi penghancur organ-organ badan manusia seperti jantung dan paru-paru. Bahkan juga yang lebih garangnya kembali membuat kanker. Hal itu karena gas buang hasil pembakaran memliki molekul beresiko seperti benzene, ozone, karbon monoksida dan formaldehyde.

Baca Juga  AC Mobil Tidak Mau Cut Off: 11 Cara Dan Ulasan

Penyebab Knalpot Bocor

Ada beberapa hal yang membuat dan mengakibatkan knalpot pada kendaraan itu dapat bocor dan keluarkan gas beresiko tersisa pembakaran yaitu

1. Ada Karat Pada Knalpot

Salah satu perihal yang membuat knalpot dapat bocor yakni karena ada karat yang melekat. Yang di mana hadirnya karat pada knalpot sendiri umumnya karena ada kotoran yang bersatu sama air dan melekat tertalalu lama hingga mengakibatkan korosi.

Resikonya tidak cuma membuat knalpot bocor, tetapi akan membuat wujud fisik dari knalpot akan berlubang yang menyebabkan beberapa hal yang kami sebut di atas. Untuk mengatasi karat pada knalpot kalian dapat memerhatikan artikel mengenai cara hilangkan karat pada knalpot.

2. Adanya Pengendapan Air

Selain ada karat yang ada di bagian knalpot, bocornya knalpot kendaraan bisa juga dikarenakan oleh adanya edanpat air di dalam elemen exhaust pipe. Yang di mana umumnya pengendapan air itu dapat berawal dari air hujan atuapun air yang masuk di saat kita membersihkan motor.

3. Mekanisme Kondensasi

Selanjutnya ketidaksamaan temperatur luar knalpot dan temperatur di dalam knalpot atau yang kerap disebutkan kondensasi juga sering jadi salah satunya penyebab timbulnya karat yang membuat knalpot bisa bocor atau bahkan juga berlubang.

4. Modifikasi Kendaraan

Penyebab knalpot bocor yang berikut kemungkinan jadi satu dari jumlahnya penyebab yang lain. Di mana bocornya knalpot ini dapat kalian peroleh karena kalian memodifikasi motor atau modifikasi mobil kalian dengan menukar mekanisme exhaust.

5. Udara dan Garam

Jika kalian tinggal didaerah yang mempunyai udara dan kandungan garam yang tinggi seperti pada pesisir pantai, umumnya perihal ini pula yang membuat knalpot kendaraan kalian cepat bocor.

Oya sebagai tambahan info saja, umumnya pengendapan air pada mekanisme pembuangan gas pembakaran ini akan sering terjadi jika kita selalu memakai motor dengan kecepatan rendah. Atau bisa juga karena kita sering lakukan idling (stationer).

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Pada Kendaraan

Bagaimana apa kalian mulai memahami dengan bahaya dan penyebab knalpot kendaraan bocor? kalau sudah seperti janji kami di atas, berikut ialah beberapa panduan cara mengatasi knalpot bocor pada mobil atau motor yang gampang di lakuikan bahkan juga dapat diprakekan sendiri tak perlu mengantarnya ke bengkel. Berikut beberapa cara mengatasi knalpot bocor :

1. Direkatkan dengan lem besi

Lem besi bisa dipakai untuk menambal sisi knalpot yang bocor. Lem besi gampang dijumpai, anda dapat membeli di toko bangunan paling dekat.

Step pertama yaitu memastikan permukaan knalpot sudah bersih dari kotoran selanjutnya dilap kering. Setelah itu menambahkan lem hitam dan lem putih, selanjutnya berikan ke atas knalpot yang bocor. Lantas ratakan lem, nantikan sampai mongering.

Baca Juga  Cara Registrasi Kunci Immobilizer: 3 Cara & Ulasan

2. Menempelkan dengan aluminium foil

Aluminium sebagai bahan yang tahan panas dan bisa dipakai untuk menambal knalpot yang bocor. Yakinkan permukaan knalpot sudah bersih dan kering.

Selanjutnya lipat dan pilin aluminium foil sampai seperti tali. Aluminium yang telah berupa tali itu selanjutnya dibuat jadi lingkaran. Pasang dengan rapi antara pipa knalpot dan sisi paking.

3. Ditambal dengan seal tape aluminium

Umumnya seal tape aluminium dipakai untuk menambal panci dan wajan. Namun karena tahan dengan panas maka dapat digunakan untuk menambal knalpot. Triknya yakinkan permukaan knalpot dan kering. Bebaskan kertas penutup lekatan ada di belakang seal tape aluminium.

Lalu, lekatkan seal tape di bagian knalpot yang bocor. Hidupkan motor supaya seal tape aluminium terserang panas dan pada akhirnya bisa merekan tetap. Sebenarnya ada bahan khusus yang dibikin untuk menambal knalpot yang bocor yakni aluminium muffler tape.

4. Ditambal memakai plastic steel

Plastik steel bisa digunakan untuk menambal kebocoran knalpot. Dengan cukup terapkan plastik steel di bagian permukaan knalpot yang bocor dengan rapi.

5. Memakai Lem Semen

Memakai lem untuk mengatasi knalpot bocor pasti bukan sembarangan lem yang dapat kita pakai. Tapi lem yang sanggup tahan panas tinggi sehingga dapat digunakan untuk menambal sisi knalpot yang bocor itu.

6. Menukar Paking Knalpot

Selain itu untuk mengatasi bocornya knalpot pada kendaraan dengan cara menukar paking knalpot. Jika kalian ingin merasakan paking yang lumayan kuat sebaiknya pakai ganda paking dengan memilik paking yang dibuat berbahan alumunium.

7. Memakai Buntel Rokok

Siapa kira buntel rokok bisa juga jadi alternative untuk cara mengatasi knalpot bocor pada kendaraan. Yang di mana buntel rokok di sini sebagai sisi dalam paket rokok atau (grenjeng).

8. Memakai Lem Sealer

Ada beberapa lem sealer yang dapat kita pakai, tapi untuk masalah knalpot tidak seluruhnya tipe lem itu dapat digunakan. Tetapi kembali lagi kalian harus pilih lem yang sanggup tahan pada panas tinggi, kecuali dua lem di atas. Kalian bisa memakai lem sealer yang bisa kalian dapatkan dengan gampang.

9. Memakai Aluminium Muffler

Bila kalian tidak mendapati alumunium foil, kalian dapat memakai alumunium muffler. Yang di mana ini sebagai salah satunya bahan khusus untuk menambal knalpot bocor. Kalian tak perlu repot karena pada alumunium muffler telah diperlengkapi dengan perkeat, hingga kalian perlu melepaskannya dan melekatkannya pada knalpot yang bocor.

10. Memakai Seal Tape Aluminium

Seal Tape Alumunium atau yang kerap dipakai untuk menambal panci dan wajan di rumah bisa juga digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Karena bahan ini sanggup meredam panas yang tinggi.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi knalpot bocor, dan penyebab dan bahanya knalpot kendaraan bocor. Semoga menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -