Fungsi Komutator Pada Motor Starter: Peran Dan Ulasannya

Pengertian Dan Fungsi Komutator – Didalam motor starter terdapat berbagai komponen salah satunya adalah komutator. Lalu apa fungsi dari komutator pada motor starter?

Komutator sendiri sebagai sisi dari Armature sebagai penyambung di antara ujung kumparan yang satu sama ujung kumparan yang lain hingga arus listrik dapat mengalir dalam kumparan armature.

Kumparan armature disolder pada plat-plat komutator yang kerap disebutkan fragmen. Setiap fragmen pada komutator ini dibikin dari pelat tembaga yang diatur berbentuk melingkar. Untuk lebih jelasnya terkait pengertian dan fungsi komutator pada motor starter akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi komutator pada motor starter

Pengertian Komutator

Pengertian komutator adalah sebagai elemen konventer teknisi dari motor dan generator yang berperan untuk menyearahkan arus listrik AC jadi DC. Hingga, masih tetap mengalir pada arah yang masih tetap walau belitan medan pada kondisi berputar-putar.

Tegangan listrik yang dibuat oleh sebuah motor atau generator DC sebagai gelombang arus bolak-balik. Selanjutnya, komutator berikut yang hendak menggantinya jadi arus sama arah.

Proses penyearah arus itu, sebagai satu bentuk kerja sama di antara komutator dan carbon brush. Komutator yang berputar-putar dan bersinggungan dengan carbon brush itu kerap disebutkan dengan istilah komutasi.

Pada motor atau generator DC, mempunyai jangkar (armature) berupa silinder yang dikasih jalur pada permukaanya untuk melilitkan kumparannya. Tiap kumparan itu berbuntut pada komutator.

Baca Juga  Komponen Pulley Sekunder: 8 Bagian Dan Ulasan

Disamping itu, jangkar pada motor dan generator DC mempunyai 2 buah magnet tetap. Hingga muncul Medan magnet pada ke-2 magnet itu bila dialiri arus listrik. Hingga, bisa terjadi daya magnet bagus yang menyebabkan armature itu berputar-putar.

Pada saat armature berputar-putar, Komutator akan mengganti belitan yang mendapatkan polaritas medan magnet. Dengan demikian, armature terus akan berputar-putar sepanjang kumparan magnet dialiri aurs listrik.

Komutator ini bisa memberi pertanda jika sebuah motor atau generator alami kerusakan. Maka dari itu, sebagai elemen yang penting, komutator ini harus jadi perhatian secara baik. Agar menahan kerusakan yang kemungkinan terjadi pada motor atau generator.

Fungsi Komutator Pada Motor Starter

Pada motor starter, keadaan komutator dan sikat positif/negatif memiliki peran penting supaya motor starter bisa berputar-putar untuk hidupkan mesin. Lalu apa fu ngsi komutator pada motor starter ?

Fungsi komutator yakni sebagai penyearah arus bolak-balik jadi arus sama arah pada motor dan generator DC. Tetapi, bisa diambil kesimpulan dengan detil beberapa fungsi komutator pada motor starter adalah:

1. Tempat masuk dan keluarnya arus listrik yang mengalir di kumparan armature

Fungsi pertama dari komutator yang paling penting adalah sebagai tempat masuk dan keluarnya arus listrik yang mengalir di kumparan armature. Arus listrik yang masuk datang dari sikat positif, dan arus listrik yang keluar akan ke arah sikat negatif. Lewat komutator, arus listrik dapat mengalir di dalam kumparan armature. Dengan demikian karena itu kumparan armature dapat menghidupkan medan magnet lewat kumparan-kumparan yang tersambung dengan komutator.

Baca Juga  Perawatan Sistem Pelumasan: Pengecekan & Cara Memperbaiki

Medan magnet yang dibangkitkan pada kumparan armature barusan akan bereaksi dengan medan magnet pada kumparan medan hingga sanggup memunculkan gerak berputar-putar pada armature.

2. Sebagai konverter dan penyearah arus listrik mekanis

Fungsi komutator pada motor starter seterusnya adalah sebagai penyearah arus listrik mekanis. Ketika kumparan armature berputar-putar, karena itu sikat (brush) akan bersinggungan dengan fragmen pada komutator secara berganti-gantian.

Kejadian pergeseran dan peralihan sikat dari 1 fragmen ke fragmen selanjutnya biasa disebutkan komutasi. Dengan demikian, karena itu arus listrik yang mengalir akan bergerak di arah yang serupa ke arah sikat negatif.

Dari kejadian komutasi berikut yang pada akhirnya mengakibatkan berlangsungnya penyearahan arus listrik pada komutator.

Diatas adalah ulasan terkait pengertian dan fungsi komutator pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -