Fungsi S Pada Mobil Matic Jazz Dan 7 Kode Perneling Lain

Fungsi S Pada Mobil Matic Honda Jazz – Didalam mobil matic terdapat berbagai kode angka maupun huruf pada bagian persneling termasuk honda jazz. Lalu apa fungsi S pada mobil matic terutama honda jazz?

Sebenarnya selain kode S masih terdapat berbagai kode lain yang juga harus diketahui. Hal ini terkait fungsional dan proses pemakaian kendaraan terutama mobil matic. Ingat jika langkah untuk berpindah gigi mobil matic ini sebetulnya cukup berlainan dibanding mobil manual.

Maka dari itu, Anda pemilik mobil harusnya tahu sebetulnya apa manfaat dari lambang S pada mobil itu. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi S pada mobil matic terutama honda jazz, serta fungsi kode lain akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi s pada mobil matic jazz

Fungsi S Pada Mobil Matic Jazz

Mobil matik memiliki proses kerja persneling yang lain dengan mobil manual. Huruf dan angka pada persnelingnya memiliki arti dan fungsi yang berbeda juga.

Saat Anda memakai kendaraan beroda 4, pasti tidak asing dengan beberapa tombol dan kode pada mobil itu. Tidak kecuali pada tipe mobil matic, karena mobil ini akan memiliki beberapa kode dengan angka atau huruf yang perlu Anda ketahui.

Nach, arah dari pahami beberapa kode-kode itu adalah agar Anda tidak salah cara saat akan memakainya. Menjadi salah satunya lambang yang terpasang dalam mobil adalah huruf S (2).

Meskipun begitu, bukan hanya ada huruf S saja yang perlu Anda ketahui akan fungsi dan manfaatnya. Tetapi beberapa kode lain dalam mobil penting juga untuk Anda kenali juga.

Fungsi S Atau Second (2)

Salah satu fungsi huruf S pada mobil matic atau honda jazz merupakan gigi paling tinggi pada sisi gigi 2. Kondisi ini bermanfaat saat sedang meluncur di keadaan jalan naik atau pegunungan karena transmisi cuma bekerja pada gigi 1 dan 2. Disamping itu, proses ini dapat juga berfungsi sebagai engine brake.

Baca Juga  Bagian Bagian Motor Matic: 6 Komponen & Ulasan

Selain pada jalanan turun, bisa juga dipakai saat sedang naik tanjakan yang cukup terjal. Pasalnya pada beberapa mobil transmisi matic bakal ada angka 2 pada sisi bawah huruf D dan 3 pada sisi sampingnya.

Angka itu dibaca 3D dengan arti untuk memerintah mesin supaya batasi rasio sampai gigi 3 saja. Sementara S (Second) atau 2 ini bermanfaat saat mobil lewat jalan tanjakan atau turunan.

Beberapa angka itu dibutuhkan pada saat ingin kurangi kecepatan dengan mesin (Engine Brake) saat meluncur di turunan. Pada saat dirasa mobil meluncur terlampau cepat di turunan, karena itu batang persneling tinggal dipindah ke angka 2 (sama dengan gigi persneling 2 pada mobil dengan persneling manual).

Bahkan juga jika perlu alihkan ke angka 1 bila turunan itu benar-benar terjal. Fungsi S atau angka 2 dan 1 pada mobil matic terutama honda jazz dipakai pada saat mobil membutuhkan tenaga besar, tapi masih tetap meluncur perlahan-lahan di jalan tanah atau keadaannya cukup berlumpur.

Kekuatiran mobil dengan persneling otomatik tidak kuat naik tak perlu terjadi. Yang dibutuhkan hanya lakukan kickdown (mencapai pedal gas dalam-dalam) pada saat perputaran mesin turun. Dengan begitu, gigi persneling akan turun hingga perputaran mesin naik kembali dan mobil akan naik secara baik.

Arti Kode Lain Pada Mobil Matic

Bukan hanya fungsi huruf S pada mobil matic terutama honda jazz saja yang penting dimengerti perannya, beberapa kode yang lain harus juga kalian ketahui secara detail. Seperti huruf dan angka yang ada di tuas transmisi, yaitu P, R, N, D, 2, dan L. untuk ketahui lebih dalam, berikut fungsi dari lambang atau kode tuas perneling selain S pada mobil matic terutama honda jazz yaitu:

  1. P, mengisyaratkan untuk Parking atau parkir. Kode ini biasanya dipakai saat status mobil diparkirkan, hingga transmisi pada kondisi terkunci dan mobil akan aman.
  2. R berfungsi sebagai Reverse atau gigi mundur.
  3. N memiliki sifat netral, pada keadaan ini, mesin dan transmisi tidak tersambung.
  4. D sebagai ringkasan dari Drive atau jalan. Sebenarnya, mobil matic bekerja maju dengan transmisi D. pada saat memakai transmisi D, peralihan gigi akan ditata secara automatis.
  5. 2 atau S, berfungsi sebagai penahan gigi paling tinggi di gigi 2. Pada status transmisi automatis, angka 2 bisa dipakai saat engine brake ada pada jalan turun tajam dan bertemu dengan tanjakan terjal.
  6. L bekerja sebagai penahan gigi paling tinggi di gigi 1.
  7. Di sejumlah mobil matic sering dijumpai Shift Lock pada tempat tuas transmisi. Shift Lock ini berfungsi untuk melepaskan pengunci tuas transmisi agar beralih ke status N saat mesin mati. Shift Lock diperlukan ketika parkir paralel hingga mobil matic bergerak atau berjalan.
Baca Juga  Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya : 18 Bagian & Ulasan

Diatas adalah ulasan terkait ungsi S pada mobil matic terutama honda jazz, serta fungsi kode lain pada tuas transmisi mobil matic. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -