Common Rail Adalah: Fungsi, Komponen, Cara Kerja

Common Rail Adalah – Mesin diesel kekinian memakai common rail. Common rail ini adalah versi canggih teknologi pada mesin diesel. Lalu yang dimaksud common rail adalah?

Istilah dari common rail berasal dari proses pendistribusian bahan bakar ke injektor memakai rail (lajur) yang digunakan bersama. Bahan bakar disalurkan lewat fuel rail dan terbagi ke setiap injektor yang tersambung dengan ruangan bakar di dalam silinder.

Dengan kata lain pengontrolan sudah dilakukan menggunakan EDC. Untuk lebih jelasnya terkait common rail adalah baik fungsi, komponen, dan cara kerja akan diulas pada artikel berikut ini.

common rail adalah

Common Rail Adalah?

Common rail adalah satu proses injeksi atau mekanisme bahan bakar yang dipakai pada mobil diesel. Konsep kerjanya serupa dengan elektronik fuel injection atau EFI pada mobil bensin.

Mekanisme common rail terdiri dari beberapa komponen seperti fuel tank untuk simpan bahan bakar, filter bahan bakar (fuel filter), suplai pump, high pressure pump, high pressure akimulator, injektor, katup pengontrol penekanan, sensor-sensor, dan elektronik driver kontrol (EDC).

Semua komponen itu bekerja dengan kolaborasi supaya common rail bisa penuhi keperluan bahan bakar dan proses kerja mesin diesel. Dengan demikian, pembakaran bahan bakar dapat terus terjadi dan mobil juga dapat berjalan mulus.

Fungsi Common Rail

Fungsi khusus mekanisme cara kerja common rail pada mobil diesel adalah untuk pastikan supaya injeksi bahan bakar dapat terus jalan. Selain itu, ada pula beberapa fungsi lain common rail adalah:

Baca Juga  Ciri Ciri Per Daun Lemah : 4 Tanda & Cara Mengatasinya

1. Memasok Bahan Bakar

Mesin mobil membutuhkan bahan bakar supaya bisa dioperasionalkan. Common rail berikut yang bekerja untuk memasok bahan bakar untuk mesin.

Saat Anda isi bahan bakar, common rail akan menyimpan dalam fuel tank. Saat diperlukan, common rail akan ambil bahan bakar yang disimpan dan memprosesnya lewat proses pembakaran bahan bakar.

2. Memberi Penekanan pada Bahan Bakar

Bahan bakar yang ada dalam fuel tank tidak dapat diinjeksikan demikian saja. Supaya bisa dipakai, bahan bakar membutuhkan penekanan dengan jumlah tertentu.

Common rail lewat high pressure pump memberi penekanan pada bahan bakar agar capai high pressure akimulator. Dengan penekanan dari common rail, bahan bakar juga dapat dipakai di ruangan bakar.

3. Membagikan Bahan Bakar

Tidak hanya fungsi diatas melainkan cara kerja common rail meliputi distribusi bahan bakar. Bahan bakar yang sudah dikasih penekanan harus diteruskan pada silinder-silinder mesin supaya mobil dapat terus jalan. Common rail membagikan bahan bakar bertekanan ini lewat pipa rail.

4. Atur Timing Injeksi Bahan Bakar

Injeksi bahan bakar tidak dapat dilaksanakan secara sembarangan, harus dengan timing dan durasi waktu yang akurat. Supaya hal itu bisa terjadi, karena itu common rail diperlengkapi dengan EDC.

Karena EDC, common rail dapat atur timing injeksi bahan bakar supaya sesuai cara kerja masing-masing silinder mesin mobil.

Baca Juga  Heater Pada Sistem AC Berfungsi Sebagai: Peran & Cara Kerja

Cara kerja common rail pada mobil diesel adalah dengan melakukan proses penekanan pada bahan bakar untuk selanjutnya diteruskan ke ruangan bakar. Semua prosesnya ditata oleh EDC supaya sesuai cara kerja silinder mesin.

Cara Kerja Common Rail

Saat ini masuk pada ulasan khusus berkenaan cara kerja common rail. Bila dibanding, sebetulnya cara kerja common rail dengan EFI pada mobil bensin cukup serupa. Ke-2 nya berperan untuk menginjeksikan bahan bakar diesel secara automatis pada mesin.

Sebelumnya, bahan bakar yang diletakkan dalam fuel tank disedot oleh high pressure pump. Penekanan bahan bakar naik sampai capai high pressure akimulator atau pipa rail saat melewati high pressure pump.

EDC selanjutnya atur supaya timing dan durasi waktu injeksi bahan bakar masih tetap sesuai keperluan mesin, kurang dan tidak kurang

Baru kemudian bahan bakar dibakar di di dalam ruangan bakar. Dengan pembakaran ini, mesin mobil diesel dapat terus meluncur.

Kebalikannya, bila mekanisme injeksi bahan bakar alami masalah, pembakaran juga tidak jalan normal. Mengakibatkan, mobil akan jalan tersendat-sendat atau bahkan juga berhenti.

Diatas terkait ulasan mengenai common rail adalah baik fungsi, komponen, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion