Cara Kerja Dinamo Starter: Prinsip Dan Ulasannya

Cara Kerja Dinamo Starter – Cara kerja dinamo starter adalah sebagai salah satunya elemen mesin kendaraan yang berperan untuk memutar mesin untuk pertama kalinya. Lalu bagaimana mekanisme kerja dinamo starter?

Dinamo starter atau motor stater mengubah energi listrik jadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin atau kutub mesin lewat fly wheel atau roda edan. Prinsip kerja dinamo starter atau cara kerja motor starter mobil, baik itu untuk mobil bensin atau mobil diesel adalah sama.

Supaya mobil tidak langsung lari jika saat stater keadaan gigi persneleng atau transmisi sedang masuk. Sistem di atas di tujukan untuk kita. Hal ini yang miliki kebiasaan parkir kendaraan dengan saran gigi persneleng untuk menolong pengereman, rutinitas yang tak perlu dilakukan, kan telah ada hand rem.

Untuk lebih jelasnya terkait cara kerja dinamo starter pada mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara kerja dinamo starter

Fungsi Dinamo Starter

Sebelum mengetahui prinsip kerja dinamo starter maka perlu dipahami juga terkait fungsi dari bagian ini. Fungsi dinamo starter mobil ini adalah digunakan untuk pemutaran mesin untuk pertamanya kali. Saat hidupkan mesin kendaraan atau starter, karena itu seharusnya Anda lakukan pemijakan pada pedal kopling.

Ini dilaksanakan supaya pengendara tak lupa jika saat sebelum dilaksanakan starter mesin, gigi persneling harus pada keadaan netral. Hal ini dikarenakan mobil akan langsung bergerak saat dilaksanakan starter.

Baca Juga  Fungsi Kondensor Pada Sistem Pengapian, & Cara Kerja

Cara Kerja Dinamo Starter

Prinsip kerja dinamo starter sebenarnya hampir sama dengan dinamo listrik yang lain. Namun dirubah dibeberapa bagian untuk mendapat tenaga putar yang lebih kuat. Berikut mekanisme kerja dinamo starter:

Pull-in-coil akan menarik contact untuk menyambungkan terminal “30” dengan terminal ” C “. Bila arus listrik sampai ke ground. Maknanya tidak ada lajur yang terputus di antara Pull-in-coil sampai ke ground. Akan tetapi bila arus listrik terputus kemungkinan karena karbon brush habis. Karbon brush berada sebelum dan setelah armature”, pull-in-coil tidak bekerja dan motor stater tidak bekerja.

Pertanda untuk mobil dengan relay stater, cuman akan kedengar contact relay stater tersambung. Saat stater tapi dinamo stater atau motor starter tidak bekerja, ini jika karbon brush habis. Saat karbon brush habis karena itu arus listrik tidak mengucur dari pull in coil ke arah ground.

Pada keadaan normal sesudah Pull-in-coil menarik contact sekalian plunger dan shift lever menggerakkan pinion. Hal ini untuk menyambungkan perputaran motor stater dengan roda edan atau flywheel, secara elektrikal.

Sesudah contact selenoid atau terminal “30” dan terminal “C” tersambung, pull-in-coil tidak bekerja kembali karena tegangan atau voltase di antara terminal “50” dengan terminal “C” hampir serupa.

Saat motor stater memutar flywheel, Hold-in-coil memiliki peran khusus untuk meredam contact untuk menyambungkan terminal “30” dan terminal “C” dan meredam gigi pinion yang memutar flywheel atau roda edan, sampai mesin hidup.

Baca Juga  Cara Kerja Rem Tromol Mobil : Pengertian, Komponen, Dan Prinsip Kerja

Diatas adalah ulasan terkait cara kerja dinamo starter dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.