cara reset oli nmax

Cara Reset Oli Nmax : 7 Cara, Penyebab, & Waktu Reset

Cara Reset Oli Nmax – Motor Yamaha Nmax adalah salah satu motor matic keluaran terbaru. Namun akhir akhir ini banyak yang mengeluh mengenai indikator oli yang menyala. Lalu bagaimana cara mengatasi indikator oli nmax ini? Bagaimana cara reset tanda oli NMax?

Pada intinya motor matic sendiri dibuat untuk memberi pengalaman terbaik pada pengendaranya, khususnya di saat menjumpai kemacetan di jalanan beberapa kota besar. Dari jumlahnya type motor matic terbaik yang ada sekarang ini, Yamaha sebagai salah satunya produsen otomotif paling besar dan terkenal mempunyai Yamaha NMAX.

Motor yang ini diperlengkapi dengan feature yang hebat. Diantaranya ialah panel instrument digital komplet. Infonya dapat dibaca dengan benar-benar gampang dan terang. Pada panel itu terlihat ada tanda jam, trip, sampai agenda pergantian oli mesin (oil trip).

Tanda pergantian oli akan berkedip di 1.000 km awalnya dan nanti akan berkedip tiap 4.000 km. Terkadang saat service atau menukar oli, teknisi kerap lupa reset oli Nmax. Akhirnya tanda akan masih berkedip walau oli telah ditukar atau motor usai diservis. Ini pasti dapat membuat pengendara bingung.

Bila tidak selekasnya kalian tukar, umumnya tanda oil trip NMAX terus akan berkedip. Untuk menangani hal itu, kalian wajib melakukan reset oil trip NMAX sesudah lakukan pergantian oli. Lantas bagaimana cara reset oil NMAX itu ? Berikut merupakan cara reset oli Nmax yang akan diulas pada artikel berikut ini.

cara reset oli nmax

Fungsi Indikator Oli (Oil Trip) di Yamaha NMAX

Fungsi indikator oli (oil trip) pada Yamaha NMAX adalah sebagai media pengingat pergantian oli motor. Dengan begutu kita pemilik motor matic Yamaha terbaik ini bisa selekasnya lakukan pergantian oli itu untuk jaga keadaan mesin supaya masih sempurna.

Baca Juga  Cara Kerja IC Regulator: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Hal itu dilaksanakan Yamaha supaya beberapa pemilik NMAX tidak lupa untuk lakukan perawatan atau servis motor mereka. Adapun tanda oil trip NMAX itu akan memberitahu ke pemilik dengan cara berkedip di 1000 km pertama dan seterusnya akan berkedip tiap 4000 km.

Penyebab Indikator Oli (Oil Trip) NMAX Berkedip

Sesuai peranan khusus dari panel tanda oil trip Yamaha NMAX yang kami berikan di atas. Sesungguhnya sedikit pemicu yang bakal menyebabkan tanda oil itu berpijar. Tetapi tanda itu akan secara automatis berpijar atau berkedip pertamanya kali pada 1000 km pertama dan akan berkedip lagi di 4000 km.

Selain itu tanda oil trip NMAX akan masih berpijar atau berkedip walau kalian telah lakukan pergantian oli mesin. Lantas bagaimana cara menanganinya? untuk menangani hal itu, karena itu setiap lakukan pergantian oli, teknisi atau bahkan juga kalian sendiri harus mereset oil trip itu supaya bisa balik ke “0”.

Cara Reset Oli NMAX

Lantas bagaimanakah cara reset oil NMAX ? sama seperti yang kami terangkan di atas, untuk lakukan reset oil trip berkedip di motor Yamaha NMAX sesungguhnya lumayan gampang. Tetapi cukup banyak orang yang masih belum memahami dengan triknya. Oleh karena itu, berikut ini merupakan ulasan terkait cara lakukan reset oil trip NMAX:

  1. Cara pertama kali yang harus kalian kerjakan ialah menghidupkan motor dengan cara memutar switch contact ke status ON.
  2. Sesudah panel instrumen berpijar, kalian coba pencet tombol Select yang ada di bagian kiri panel tanda itu.
  3. Tekan tombol itu sampai kalian merasakan tulisan OIL yang berkedip dan tulisan TRIP dengan angka km pas ada di bagian bawahnya.
  4. Kemudian silakan kalian pencet dan tahan tombol reset yang ada di bagian kanan panel instrumen sampai tulisan oil dan angka km berkedip bertepatan.
  5. Bila tulisan oil dan angka km telah berkedip secara bertepatan, silakan pencet tombol reset dan tahan sepanjang 3 – 5 detik.
  6. Tungu tanda oil dan angka di bagian bawah tulisan trip km balik ke “0” dan tak lagi berkedip.
  7. Cara paling akhir silakan kalian coba matikan switch contact dan hidupkan kembali ke status ON.
  8. Mengecek kembali indikator oli pada panel instrumen NMax, apabila tanda oli hilang maka reset oli nmax sukses. Namun apabila masih adalah silahkan ikuti kembali langkah reset dari nomer satu sampai nomor 7.
Baca Juga  Komponen Audio Mobil : 8 Bagian Dan Ulasannya

Waktu Untuk Reset Oil Trip NMAX

Feature indikator oli atau oil trip sudah disiapkan langsung oleh faksi Yamaha di bagian panel instrumen itu. Namun karena mungkin kalian tidak ketahuinya hingga tidak dapat manfaatkan peranan beberapa tombol itu. Untuk cara reset oli nmax dapat melakukan langkah-langkah kerja diatas.

Nah untuk saat yang pas untuk lakukan reset oil tril pada Yamaha NMAX perlu diperhatikan. Waktu terbaik untuk lakukan reset oil NMAX ialah di saat sesudah lakukan pergantian oli motor yamaha NMAX itu. Dengan demikian dengan keadaan oli baru, trip km akan ada pada status awalnya yakni 0 km. Artinya setiap ganti oli harus reset oil trip atau indikator oli pada nmax.

Diatas adalah ulasan terkait cara reset oli NMax beserta fungsi, penyebab, dan waktu untuk reset indikator oli. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion