macam sensor mobil

Jenis Sensor Mobil EFI : 20 Macam Dan Ulasannya

Jenis Sensor Mobil – Mobil keluaran baru yang didesain dengan beberapa sensor mobil. Setiap sensor memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Lalu apa saja jenis sensor mobil EFI?

Di mana sensor-sensor itu dipasang demikian rapi yang bakal memberinya info ke tiap pemakai mengenai keadaan mobil yang mereka pakai. Bahkan juga pada sebuah skema elektronik yang ada pada suatu mobil kekinian, terdaftar ada banyak sekali jenis sensor yang dipakai. Yang sudah pasti sama-sama terkait keduanya.

Bukan hanya akan memberinya info penting ke beberapa pengendara, ada sensor pada mobil akan menambahkan keamanan dan kenyamaan saat berkendaraan. Dengan demikian dapat ditegaskan keadaan sensor mobil yang bagus pasti membuat semua peranan skema elektronik yang ada di dalamnya dapat bekerja dengan prima.

Apabila terjadi kerusakan pada salah satunya sensor itu umumnya akan membuat beberapa skema elektronik alami permasalahan. Bahkan juga bila kerusakan sensor terjadi pada sensor penting segera dapat membuat performa mobil tidak optimal. Berbicara berkenaan jenis sensor mobil, seperti kami berikan ada lumayan banyak macamnya.

Jenis Sensor Mobil Dan Perannya

Tentu saja untuk membikin beberapa pemakai semakin dapat mengingat apa sensor yang ada pada suatu mobil kekinian saat ini. Tidak ada kelirunya ini kali otoflik.com rangkumkan dengan detail macam dan jenis sensor pada mobil yang perlu kalian ketahui. Tentu saja komplet dengan perannya.

jenis sensor mobil

Sensor Mobil EFI

Pada umumnya, sensor mesin ialah alat electronic mekanis yang bakal mengawasi beragam macam patokan mesin mobil. Dan pada beberapa jenis mobil, mesin memakai beragam jenis sensor.

Walau ada banyak sekali jenis sensor pada mobil, tetapi pada umumnya satu serangkaian mobil terbagi dalam Thermocouple, Resistance Temperature Detectore (RTDs) dan sensor Hall Efek.

Selainnya dari ke-3 type sensor itu, sebetulnya masih tetap ada lumayan banyak jenis sensor pada mobil yang perlu kalian kenali. Oleh karena itu berikut akan kami rangkumkan beberapa jenis sensor yang ada pada suatu mobil

Jenis Sensor Pada Mobil

1. Intake Air Temperature (IAT)

Jenis yang pertama ialah IAT atau Intake Air Temperature, peranan dari sensor yang ini untuk menghitung temperatur udara yang nanti akan masuk ke intak manifold. Dan umumnya sensor ini berada bersisihan dengan elemen penyaring udara.

jenis sensor mobil

2. Throtle Position Sensor (TPS)

Selanjutnya sensor TPS atau Throtle Position Sensor. Yang di mana sensor ini sebagai sensor untuk menghitung pojok membuka katup gas. Saat sensor ini bekerja, karena itu secara automatis sedikit jumlahnya bahan bakar yang bakal masuk ke ruangan bakar sudah di tetapkan oleh sensor ini. Umumnya sensor ini dapat kita temui pada mobil kekinian yang telah memakai mekanisme EFI.

jenis sensor mobil

3. Mass Air Flow (MAF)

Mass Air Flow atau kerap disebut sensor MAF menjadi satu diantara sensor penting pada suatu mobil. Pasalnya sensor ini berperan untuk hitung periode udara yang bakal masuk ke intake lewat alira udara hingga dapat ditegaskan konsumsi udara pada ruangan bakar betul-betul akan cocok dan tepat.

Baca Juga  Jacking Blocking Lifting : Pengertian Dan Macamnya

jenis sensor mobil

4. Manifold Air Pressure (MAP)

MAP atau Manifold Air Pressure ini sebuah sensor yang dipakai untuk menghitung penekanan udara di dalam intake manifold. Secara perannya, sudah pasti sensor ini gantikan vacum advancer yang ada di bagian pengapian konservatif untuk atur timin pengapian sesuai beban mesin saat bekerja.

jenis sensor mobil

5. Crankshaft Position Sensor (CKPs)

Pada mobil kekinian untuk tentukan mekanisme pengapian dan mekanisme pengisian juga dilaksanakan secara electronic dengan manfaatkan sensor CKPs atau Crankshaft Position Sensor yang umumnya berada di bagian block mesin. Sensor ini pada umumnya mempunyai peranan untuk ketahui kecepatan mesin atau RPM mesin saat mesih pada keadaan hidup.

macam sensor mobil

6. Camshaft Position Sensor (CMPs)

Hampir serupa seperti sensor CKPs, sensor CMPs atau Camshaft Position Sensor dipakai di bagian camshaft tetapi sensor ini berada di bagian kepala silinder. Peranan khusus dari sensor yang ini untuk ketahui status hebat pada salah satunya silinder yang ada di mesin mobil itu.

macam sensor mobil

7. Vehicle Speed Sensor (VSS)

Untuk kalian peengguna mobil yang selalu memerhatikan kecepatan mobil saat jalan. Karena itu salah satunya elemen sensor pada mobil yang ini selalu harus terbangun keadaannya. Sensor namanya Vehicke Speed Sensor (VSS) sebagai sensor yang cukup penting kehadirannya pada unit mobil.

macam sensor mobil

9. Oxygen Sensor

Ketahui emisi yang dikeluarkan oleh mesin mobil tentu saja jadi poin utama yang jangan kita diamkan. Oleh karena itu beberapa mobil kekinian atau mobil keluaran terkini sekarang ini telah di melengkapi dengan Oxygen Sensor untuk mengetahui kandungan oksigen di dalam gas buang.

macam sensor mobil

10. Oil Pressure Sensor

Oil Pressure Sensor menjadi satu diantara elemen sensor yang cukup penting kehadiranya pada suatu mobil. Di mana sensor ini akan mendetekni penekanan oli di dalam mesin . Maka saat mesin sedang berpijar dan penekanan oli di dalam mesin menyusut, karena itu sensor ini akan mengirim peringatan melalui lampu tanda mobil.

macam sensor mobil

11. Water Temperature Sensor (WTS)

Disamping itu ada pula sensor WTS atau Water Temperature Sensor. Sensor ini berperan untuk mengetahui temperatur air pendingin yang menerapkan temperatur mesin. Signal dari sensor ini akan dipakai untuk hidupkan cooling fan buat mendinginkan radiator. Dan pada sebuah unit mobil umumnya ada dua sensor WTS yang berada saat sebelum radiator dan sesudah radiator.

sensor sensor efi

12. Fuel Sensor

Walau berada jauh dari mesin, tetapi sensor pada mobil ini masih terkait dengan performa mesin. Yang di mana Fuel level Sensor ini akan mengetahui sedikit banyaknya bahan bakar yang ada di dalam bak bahan bakar yang selanjutnya signal dari sensor itu langsung akan di kirimkan ke MID dengan fuel bar.

sensor sensor efi

13. Fuel Tank Pressure Sensor

Tidak berbeda jauh dengan Fuel Tingkat Sensor, sensor yang ini berada lumayan jauh dari mesin. Tetapi sensor ini bekerja cukup penting untuk pengendara, karen sensor ini akan mengetahui penekanan bahan bakar yang ada di dalam bak bahan bakar.

Baca Juga  Sistem Pengapian DLI: Pengertian, Komponen, Cara Kerja

sensor sensor efi

14. Brake Pedal Sensor

Lepas dari perform mesin, sensor pada mobil yang selanjutnya ialah sensor Brake Pedal. Yang di mana sensor ini akan mengetahui apa pedal rem ada pada status terinjak atua bahkan juga tidak. Yang di mana elemen ini umumnya demikian utama pada beberapa mobil matic. Pasalnya saat pedal rem tidak terinjak karena itu mobil tidak bisa start.

sensor sensor efi

15. Fuel Rail Pressure Sensor

Seterusnya ada yang bernama Fuel rail Pressure Sensor. Peranan khusus dari sensor ini untuk tentukan pompa penekanan tinggi yang nanti akan dipakai untuk memompa supaya tidak ada over pressure di bagian fuel rail. Karena ada sensor ini sudah pasti tidak ada yang bernama kelebihan bahan bakar dalam ruangan pembakaran.

sensor sensor efi

16. Fuel Temperature Sensor

Fuel Suhu ialah temperatur yang ada di bahan bakar yang bakal melalui fuel line. Untuk selalu jaga keadaan temperatur bahan bakar terseut, diikutkanlah sebuah sensor Fuel Temperature supaya keadaan temperatur masih tetap terlihat. Pasalnya bila tidak ada sensor ini karena itu terutamanya mesin diesel akan dipengaruhi performanya.

sensor sensor efi

17. Fuel Line Pressure Sensor

Selanjutnya ada pula sensor Line Pressure, sesuai namanya, sensor ini berperan untuk mengetahui penekanan bahan bakar di dalam mekanisme bahan bakar. Mudah-mudahan ini mempunyai tujuan untuk atur performa fuel pump yang ada di serangkaian mobil agr penekanan dari darlam mekanisme bahan bakar tidak menurun atau turun atau mungkin tidak berlebihan.

sensor sensor efi

18. Refrigerant Pressure Sensor

Bila berbicara berkenaan mekanisme AC mobil, kita mengetahui jika ada banyak elemen AC mobil yang ada di dalam serangkaian itu. Salah satunya salah satunya ialah Refrigerant Pressure Sensor. Yang di mana sensor ini berupa cairan yang bakal berperan untuk mempernyerap panas latent di dalam mekanisme AC mobil.

sensor efi

19. Turbo Boost Sensor

Selanjutnya ada pula yang bernama sensor Turbo Bost. Sama sesuai namanya, sensor ini umumnya cuman bisa kita dapatkan di mobil kekinian yang telah diperlengkapi turbo dengan variable noozle. Peranan khusus dari sensor ini untuk mengetahui penekanan udara yang disemburkan oleh turbocharger karena saat penekanan itu kurang ataupun lebih akan punya pengaruh pada perform mesin.

sensor efi

20. Knock Sensor

Dan sensor pada mobil yang paling akhir ialah Knock Sensor. Peranan khusus dari sensor ini untuk mendeteknsi ketukan atau knocking pada mesin mobil. Di mana ketukan atau knocking itu akan terjadi karena pembakaran yang kemungkinan tidak prima. Akhirnya akan membuat mesin keluarkan suara ketukan saat mesin itu hidup.

sensor efi

Itu beberapa jenis sensor yang ada pada satu unit mesin mobil EFI. Sama seperti yang telah kami terangkan di atas, dari beberapa sensor yang ada nyaris semua tidak mempunyai fungi dan langkah kerja yang serupa. Tetapi keseluruhnya sensor itu akan berperan untuk memberinya signal atau info keadaan mobil yang kalian pakai.

Join the discussion