Fungsi Overrunning Clutch Motor Starter: 2 Peran & Ulasan

Fungsi Overrunning Clutch – Fungsi Overrunning Clutch pada motor starter sangat penting. Tanpa adanya bagian ini maka kemungkinan besar motor starter akan cepat mengalami kerusakan. Lalu apa saja fungsi overrunning clutch?

Ini berlaku karena Overrunning clutch sebagai salah satunya elemen motor starter langsung bertemu dengan ring gear flywheel. Disamping itu, Overrunning clutch pada motor starter mempunyai konstruksi sebagai satu sama pinion gear.

Walau overrunning clucth jadi satu sama pinion gear tetapi dia tidak terlilit langsung, tetapi mempunyai proses kopling yang bisa memutuskan dan melepaskan hubungan perputaran di antara ring gear degan pinion gear. Untuk lebih jelasnya terkait peran overrunning clutch akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi overrunning clutch

Fungsi Overrunning Clutch

Nama overrunning clutch sedikit asing dan susah untuk disampaikan. Peran overrunning clutch adalah untuk melanjutkan perputaran yang dibuat oleh motor starter agar gerakkan flywheel dengan memakai roda gigi pinion.

Peran lain dari overrunning clutch adalah menarik sisi gigi pinion bila putarannya lebih rendah dibandingkan dengan perputaran flywheel. Bagian roda pinion memiliki wujud seperti roda dan lokasinya ada di ujung pinion shaft.

Berikut dua fungsi utama dari overrunning clutch pada motor starter yaitu:

1. Melanjutkan putaran dari Armature Ke bagian Ring Gear Flywheel

Fungsi Overrunning Clutch pada motor starter yang pertama adalah untuk melanjutkan perputaran armature ke ring gear flywheel.

Baca Juga  Suspensi Rigid : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Armature pada motor starter akan berputar dengan kuat saat proses starter dilakukan. Perputaran ini di lanjutkan oleh overrunning clutch ke arah ring gear flywheel lewat pinion gear. Akibatnya pada bagian flywheel akan turut berputar bersamaan dengan gerakan dari armature motor starter.

Dengan demikian, karena itu mesin mobil bisa lakukan proses transisi kerja mesin seperti cara hirup, cara kompresi , cara pembakaran dan cara buang sampai mesin bisa betul-betul hidup dan berputar-putar memakai tenaganya sendiri.

2. Menahan Peralihan putaran Dari Mesin Ke bagian Armature

Peran Overrunning Clutch pada motor starter yang selanjutnya adalah untuk menahan peralihan perputaran dari mesin ke armature. Overrunning clutch pada motor starter terpasang untuk menahan berlangsungnya peralihan perputaran dari mesin ke armature yang dapat berpengaruh rusaknya elemen pemutar dalam motor starter.

Bisa terjadi peralihan tenaga putar dari motor starter (armature) ke mesin hingga mesin bisa hidup dan berputar ketika proses starter dilakukan. Sesudah mesin hidup dan berputar-putar, di mesin akan ada tenaga putar yang bisa lebih cepat dan semakin kuat dibandingkan perputaran motor starter.

Tenaga putar mesin yang terbentuk ini dapat kembali memutar pinion gear dengan perputaran yang bisa lebih cepat (karena perbedaan gigi yang besar sekali di antara pinion gear dan flywheel). Adanya peralihan putaran ini bisa membuat kerusakan pada elemen motor starter yang lain. Hal ini seperti komutator, armature, carbon brush, sampai bearing motor starter.

Baca Juga  Steering Wheel : Fungsi Dan Macamnya

Diatas adalah ulasan terkait fungsi overrunning clutch pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.